Selasa, 29 Januari 2019

Jadikan Sholat Sebagai Prioritas Hidupmu....


"Hai orang orang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, sapulah kepalamu dan basuh kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan, menyentuh perempuan dan lainnya, lalu kamu tidak menemukan air maka bertayamumlah dengan tanah yg bersih dan sapulah muka dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkanmu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatnya bagimu supaya kamu bersyukur"(QS.Al Maidah 5:6)

Demikian yang disampaikan oleh Agnaz sugiar,M.Pd.I dan H. Aminuddin, SH,SKM,MKes pada penyuluhan Promosi Kesehatan RS di ruang rawat inap E, rabu (30/1) yang diikuti keluarga pasien RSMH .

Dijelaskan tayamun pengganti dari wudhu, jadi tidak ada halangan bagi umat islam melakukan sholat walaupun tidak bisa berwudhu dengan air tapi bisa menggunakan tanah, jadi islam tidak akan memberatkan umatnya untuk melakukan ibadah

Selanjutnya ia menjelaskan tata cara tayummum yaitu yang pertama dengan memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan, kemudian meniupnya. " Menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya dan dilanjutkan menyapu wajah dengan dua telapak tangan". Semua usapan, baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah, dilakukan sekali usapan saja.

Setelah menjelaskan adab bertayamum, dilanjutkan dengan putaran video tatacara sholat bagi penderita sakit dan tehnik bertayamum.

"Sakit banyak hikmahnya, karena sakit dapat mengangkat derajatnya, menggugurkan dosanya. Dengan sakit kita akan dekat dengan sang pencipta," ujarnya. 

Sebelum menutup penyuluhan ini, ia mengatakan   "Ketika masalah datang, Allah tidak meminta kita memikirkan jalan keluar sehingga penat, Allah hanya meminta kita sabar dan sholat".

Salam
IP3Humas (Leni-PKRS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar