Kamis, 24 Januari 2019

MANFAAT ASI BAGI IBU DAN BAYI


ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia enam bulan. Selama periode tersebut, disarankan hanya memberi si kecil ASI, tanpa tambahan asupan apa pun karena banyak kandungan zat gizi yang di dapat dari ASI.

Demikian disampaikan oleh Yuniawati, SST.MKes pada saat penyuluhan di ruangan rawat inap kebidanan lantai 2, kamis 24 Januari yang diikuti oleh pasien dan kelurga pasien

Lanjutnya, tidak ada asupan gizi yang sebaik ASI karena air susu ibu (ASI) mengandung nutrisi yang penting  bagi tumbuh kembang bayi, Tak hanya bagi si bayi, proses menyusui ini ternyata juga memiliki manfaat bagi Ibu.

Dengan menyusui bayi akan adanya ikatan batin antara ibu dan anak akan lebih terjaga karena ibu dapat dengan mudah mengekspresikan sayang kepada anaknya. Begitupula dengan pemulihan kesehatan ibu yang semakin cepat ketika ibu memberikan ASI ekslusif pada bayi, dan dapat mengurangi risiko kanker payudara juga kanker ovarium, ujarnya.

Diketahui kandungan nutrisi  pada ASI telah terbukti dapat membantu bayi tumbuh lebih sehat dan mengurangi risiko sakit, karena kandungan nutrisi pada asi sangat lengkap seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Komposisinya pun lebih mudah dicerna ketimbang susu formula

WHO merekomendasikan agar proses menyusui dimulai sedini mungkin hingga bayi berusia 6 bulan. Selama masa ini, bayi hanya diperbolehkan minum ASI saja. Setelah 6 bulan, barulah Si Kecil boleh dikenalkan dengan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) ujarnya


Dijelaskan juga, ada 6 manfaat ASI Ekslusif bagi bayi yaitu:

1. ASI Merupakan Sumber Nutrisi
ASI berperan penting sebagai asupan nuttisi bagi si kecil karena sebagai sumber energi terbaik, dan dapat mengurangi kekurangan gizi.

2. Melindungi Si Kecil dari Infeksi
Didalam ASI juga mengandung antioksidan dan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit infeksi
3. Mendukung Kecerdasan Si Kecil
Anak yang mendapatkan ASI Eksklusif cenderung lebih cerdas dan memiliki IQ yg lebih tinggi

4. Sistem Kekebalan Tubuh Pertama Si Kecil
Air Susu Ibu merupakan antibodi yang dapat menjadi sistem imun pada saluran cerna Si Kecil setelah lahir. Di dalam kandungan ASI, peneliti menemukan sel-sel yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh bagi Si Kecil, di antaranya makrofag, limfosit, dan kolostrum.

5. Mengurangi Risiko Obesitas pada Si Kecil
Salah satu cara untuk mencegah obesitas pada Si Kecil adalah dengan memberikannya ASI.

6. Menyusui Bisa Membantu Ibu Lebih Sehat
Menyusui juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan Ibu, karena dapat mengurangi risiko kanker ovarium dan juga payudara.

pemberian ASI Eksklusif tanpa makanan lainnya selama enam bulan pertama dapat bermanfaat dan menguntungkan  bagi ibu dan bayi, ayo kita beri ASI Ekslusif pada bayi kita dan raih masa pertumbuhan yg gemilang untuk bayi kita, tutupnya.

Salam
IP3H (Leni)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar