Kamis, 24 Januari 2019

Gizi seimbang Prestasi Gemilang



Pembangunan kesehatan menjadi investasi utama dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia, karenanya pemenuhan gizi menjadi salah satu upaya penting untuk menciptakan generasi yang sehat di masa depan. 

Saat ini masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan zat gizi masih menjadi tantangan bagi profesi gizi dan pemerintah selain masalah stunting pada balita. Oleh karena itulah, pencanangan upaya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) harus menjadi perhatian kita bersama dan merupakan prioritas bagi tumbuh kembang, kecerdasan dan produktifitas generasi bangsa selanjutnya.

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) Ke-59 yang diperingati setiap tanggal 25 januari mengangkat tema “Sehat dan produktif Bersama Civitas RSMH Palembang Melalui Keluarga Sadar Gizi dengan Pola Hidup Sehat dan Seimbang“, Instalasi Pelayanan Pelanggan, PKRS dan Humas bekerjasama dengan Instalasi Gizi mengadakan acara edukasi gizi, senam dan makan 200 porsi sayur dan buah bersama dengan pengunjung di Taman Edukasi Publik, Jum'at (25/1).

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Utama RSMH Dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH dengan melakukan pemotongan tumpeng dan dihadiri juga oleh Direktur SDM, Umum dan Pendidikan Dr. Masayu Rita Dewi, Sp.A, MARS yang juga disaksikan oleh Kepala Instalasi Gizi Maya Ijah ,SST.

Pada kegiatan edukasi,menghadirkan dr. Yulius Anzar, Sp.A(K) yang membahas gizi dan tumbuh kembang anak. Dr. Yulius mengatakan bahwa saat ini sedang digalakkan program 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sebagai upaya mencegah tingginya angka stunting di masa yang akan datang. 

Selanjutnya Dr .Ane Rivaida, M.Gizi, Sp.GK membahas metabolisme zat gizi dalam tubuh dengan memberikan tips pola makan sehat diantaranya  membiasakan sarapan, minum air putih yang cukup, cuci tangan dan beraktivitas fisik. Sedangkan Ibu Maya Ijah, SST, MPH. RD menjelaskan mengenai gizi seimbang yakni mengkonsumsi beraneka ragam makanan, membiasakan perilaku hidup bersih, memantau berat badan, dan sering makan sayur dan buah.

Dalam acara peringatan Hari Gizi Nasional ini juga dilakukan senam sehat dan makan 200 porsi sayur dan buah bersama. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, masyarakat semakin sadar untuk mengkonsumsi beraneka ragam makanan, sering makan sayur dan buah, membiasakan perilaku hidup bersih dan beraktivitas fisik agar memiliki pola hidup sehat dengan gizi seimbang

Salam
Noya -IP3Humas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar