Rabu, 23 Januari 2019

PELAYANAN PRIMA (Service Excellent)


PELAYANAN PRIMA (Service Excellent)

Membangun budaya pelayanan dalam suatu organisasi adalah pekerjaan besar. Pekerjaan ini melibatkan setiap orang dalam organisasi dimana diharapkan mereka bukan sekedar bekerja,akan tetapi juga mau melibatkan perasaan,pikiran serta mengembangan prilaku. Tanpa hal tersebut sulit dikembangkan adanya budaya pelayanan prima (service excellent).

Peningkatan terus menerus (continuous improvement) harus selalu diasah agar pelayanan terhadap pelanggan pun meningkat dari waktu ke waktu. Peran anggota/karyawan dalam  suatu organisasi menentukan kelangsungan organisasi itu sendiri. Apabila mutu pelayanan meningkat, dampak pada organisasi secara menyeluruh akan dapat dirasakan pula oleh para anggotanya.

Pelayanan prima (service excellent) pada dasarnya adalah suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi keinginan atau hasrat menusia seperti tersebut di atas, baik berhubungan dengan sisi customer maupun sebagai pemberi layanan. Maka layanan prima bukan hanya memberikan kepuasan kepada customer saja melainkan juga usaha mengenakan dan memberikan layanan.

Customer yang dimaksud ada dua bagian, customer external dan customer internal. Etika pelayanan merupakan prilaku dalam memberikan pelayanan yang etis sesuai janji dan komiment. Perilaku pelayanan yang baik dipengaruhi oleh kejujuran, emosi baik kepercayaan diri, tanggung jawab, kepatuhan pada kode etik pelayanan dan integritas diri untuk pelayanan berkualitas, akan menghasilkan kualitas etika pelayanan yang sempurna.

Mengembangkan lingkungan kerja yang berorientasi kepada pelayanan yang etis, untuk pelanggan eksternal dan internal, merukan keunggulan yang akan membuat perusahaan selalu sukses di frontline.

Pelayanan prima (service excellent) senantiasa memenuhi kebutuhan customer, menghadirkan pelayanan yang berkualitas dengan kenyamanan yang optimal, mengutamakan keramahan, sopan santun,selalu menerapkan 3 S (senyum,sopan,salam), helpful dan memiliki product knowledge pengerjaan tepat waktu, tingkat kesalahan yang hampir tiada, kecepatan pelayanan, tenaga terampil, pengiriman yang rapi dan terjaga, penangganan complain yang baik, perhatian yang serius terhadap customer,serta mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi yang baik.

( Liputan Suhaimi/ Humas RSMH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar