Selasa, 15 Januari 2019

MCU CPNS RSMH 2019



PEMEKRISAAN KESEHATAN
CPNS dan MEDICAL  CHECK UP
GRAHA EKSEKUTIF RSMH PALEMBANG


Saat ini Tim Medical Check Up  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang telah melaksanakan pelayanan pemeriksaan MCU terhadap CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) yang lulus tes penerimaan CPNS tahun 2018 dan pemeriksaan kesehatan CPNS ke PNS ( 80 % ke 100 % ) serta MCU  kepentingan lainnya yang berasal dari 17 Kabupaten kota , kota Palembang dan Sumatera Bagian Selatan umumnya dimulai tanggal 28 Desember 2018 sampai dengan hari ini 15  Januari 2019  berjumlah = 2194 orang.
 
PEMERIKSAAN KESEHATAN  MCU TERDIRI DARI 3 TAHAPAN :
1. Pemeriksaan Fisik ( Jasmani )
Respon time pemeriksaan untuk satu orang peserta sampai ada hasil pemeriksaan plus legalisir   lebih  kurang 4 - 6 jam kerja
2. Pemeriksaan laboratorium/ bebas Narkoba ....dengan respon time 2 - 3 jam kerja
3. Pemeriksaan Rohani atau Psikometri...respon time 2 - 3 hari  jam kerja.

-          Tim Medical Check Up  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang terdiri dari 5 orang Tenaga Medis dan dibantu tenaga administrasi Graha Eksekutif. Saat ini Kepala Instalasi Graha Eksekutif adalah Dr.Julius Anzar,SP.A (K). Graha Eksekutif memiliki peralatan penunjang dignostik dan teraupetik canggih yang dapat menunjang dalam penegakan diagnosis.

-          Graha eksekutif  terdiri dari 3 lantai yang memberikan pelayanan berbeda dan berkesan, dengan system pelayanan one stop service, semua pelayanan akan dilakukan dalam satu gedung dengan SDM /petugas yang kompeten dibidangnya. Salah satu pelayanannya adalah pelayanan pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU ) untuk CPNS, PNS, calon legislatif, dan swasta yang memerlukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

-          Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan ini diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini. Tes ini sekaligus berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang.

-          Saat medical check up, pasien akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan menyeluruh, berupa konsultasi mengenai keluhan yang sedang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum.

INDIKASI MEDICAL CHECK UP 
Walau tidak diwajibkan, medical check up telah menjadi pemeriksaan kesehatan rutin. Pasien dapat berkonsultasi kepada dokter kapan saja dan tidak perlu menunggu sampai timbulnya penyakit atau menurunnya kondisi kesehatan. Medical check up secara rutin dapat meningkatkan peluang untuk tetap sehat dan memiliki usia yang lebih panjang.
TUJUAN MEDICAL CHECK UP SECARA RUTIN :

Mengetahui kondisi kesehatan terkini guna mempersiapkan bentuk penanganan secara dini jika ditemukan adanya penyakit atau gangguan kesehatan.Mengetahui risiko-risiko penyakit yang mungkin bisa muncul di kemudian hari.Mendorong pasien untuk beralih ke gaya hidup sehat.
Sejak didirikan Graha Eksekutif hingga saat ini kebutuhan pelayanan kesehatan terus meningkat, meningkatnya jumlah pasien berdampak pada panjangnya antrian pasien yang membutuhkan pelayanan dan perawatan.
Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah mencanangkan masterplan pembangunan gedung dan fasilitas baru yang diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.
Graha eksekutif yang terdiri dari 3 lantai memberikan pelayanan yang berbeda dan berkesan dengan system pelayanan one stop service, semua pelayanan akan dilakukan dalam satu gedung dengan SDM yang bekompeten dibidangnya. Graha Eksekutif sat ini dipimpin oleh Dr.Julius Anzar,SP.A (K) , memiliki peralatan penunjang dignostik dan teraupetik canggih yang dapat menunjang dalam penegakan diagnosis. Peralatan canggih dan menjadi unggulan diantaranya Endoscopy/Colonoscopy, Fibroscan, ERCP, Bronchoscopy, BMD (Bone Mineral Density), USG Musculoskeletal, USG Transvaginal dll.
ALUR MCU GRAHA EKSEKUTIF :
1. Pendaftaran
2. Pembayaran
3. Pemeriksaan Vital Sign ( dilakukan oleh tenaga para medis/perawat )
4. Pmeriksaan Fisik/Jasmani ( dilakukan oleh tenaga medis/dokter)
5. Pengambilan sample darah ( darah, Urine )
6. Tes MMPI ( Psikometri atau pemeriksaan rohani )
7. Hasil tes MMPI di entri petugas ke software
8. Entri selesai , hasil MMPI di frint out berupa grafik untuk dianalisa dokter
9. Hasil Fisik selesai dilegalisir untuk diberikan ke pasien/peserta MCU

Semua berkas nomor 3 ,4, 5, dikumpulkan kembali untuk dibuatkan KETERANGAN SEHAT JASMANI  DAN BEBAS NARKOBA .dan berkas nomor 6, 7, 8, dibuatkan KETERANGAN ROHANI.

Berikut ini adalah sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan medical check up.
Di antaranya adalah:

- Informasikan kepada dokter apabila sedang menjalani pola makan atau diet tertentu.Informasikan kepada dokter mengenai obat-obatan, termasuk suplemen dan produk herba, yang sedang dikonsumsi.Informasikan kepada dokter mengenai perubahan yang terjadi pada tubuh, misalnya munculnya benjolan.Beri tahu dokter apabila sedang mengalami pusing, kelelahan, gangguan buang air kecil atau besar, perubahan siklus menstruasi, depresi, atau kecemasan.
SEBELUM MEDICAL CHECK UP
-          Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum medical check up. Pasien disarankan untuk membawa data medis penting, seperti foto Rontgen atau hasil dari pemeriksaan kesehatan yang sebelumnya pernah dilakukan. Tanyakan juga kepada dokter atau paramedis mengenai perlunya puasa sebelum melakukan pemeriksaan.
-          Sebelum rangkaian pemeriksaan dilakukan, akan diberikan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada kondisi kesehatan saat ini dan yang terdahulu. Berikan daftar obat, suplemen, atau herba yang sedang dikonsumsi. Tiap melakukan medical check up, usahakan untuk selalu didampingi oleh keluarga atau kerabat dekat.
PROSEDUR MEDICAL CHECK UP
-          Bentuk-bentuk tes dalam medical check up sangat bervariasi.
-          Tes akan disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan pasien. :

PEMERIKSAAN RIWAYAT KESEHATAN
-          Pada tahap awal medical check up, pasien akan ditanyakan mengenai sejumlah keluhan  
-          kesehatan yang dialami.
-          Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai gaya hidup, seperti pola makan,
-          intensitas  olahraga, kebiasaan merokok, atau konsumsi minuman beralkohol.

PEMERIKSAAN TANDA VITAL
Tanda-tanda vital yang diperiksa, di antaranya meliputi:
-          Frekuensi denyut jantung. Denyut jantung normal adalah 60-100 kali per menit.
-          Frekuensi pernapasan. Pernapasan normal berkisar antara 12-20 kali per menit.
-          Suhu tubuh.  Suhu badan normal rata-rata berkisar antara 36-37 derajat Celcius.
-          Tekanan darah. Tekanan darah yang dikatakan normal adalah 90/60 mmHg sampai di bawah
-          120/80 mmHg.

PEMERIKSAAN FISIK
-          Sebelum pemeriksaan fisik, dokter akan meminta untuk melepaskan pakaian dan aksesoris yang menempel pada tubuh, termasuk rias wajah yang digunakan. Beri tahu dokter bila merasa tidak nyaman untuk melepas pakaian. Pemeriksaan fisik akan dimulai dari mengukur berat badan dan tinggi badan, untuk mengetahui bila terdapat kekurangan atau kelebihan berat badan.

-          Selanjutnya dokter akan memeriksa secara teliti seluruh bagian tubuh mulai dari kepala sampai dengan kaki. Orang yang diperiksa dapat diminta berdiri, duduk, atau tidur terlentang sesuai area yang akan diperiksa. Mulai dari melihat apakah ada kelainan pada kulit, menekan dan mengetuk bagian tubuh tertentu. Bila terdapat rasa nyeri saat penekanan atau pengetukan, informasikan kepada dokter. Pada wanita, pemeriksaan payudara akan dilakukan dengan melihat dan menekan area payudara, dengan sebelumnya meminta ijin. Dokter juga akan memeriksa daerah lipatan seperti ketiak atau lipat paha untuk mendeteksi kemungkinan benjolan yang timbul di daerah tersebut.

-          Dokter menggunakan alat bantu seperti stetoskop untuk memeriksa keadaan telinga dan stetoskop untuk mendengar bunyi jantung, paru-paru, dan saluran pencernaan.

-          Pada pemeriksaan fisik, termasuk juga pemeriksaan kelamin. Pada laki-laki akan diperiksa penis dan testis, untuk melihat adanya infeksi, peradangan, perubahan ukuran, dan benjolan yang mungkin timbul. Untuk memeriksa prostat, dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur untuk meraba ada tidaknya pembesaran ukuran dari kelenjar prostat. Sedangkan pada wanita, akan diperiksa area vagina, vulva, dan serviks.
PEMERIKSAAN PENUNJANG
1. Pemeriksaan laboratorium
    Pemeriksaan laboratorium dapat dilakukan dengan sampel :
-          Darah, urin, dan tinja untuk melihat jumlah sel darah, zat kimia yang menjadi penanda fungsi organ,  kolesterol, gula darah, serta kelainan pada urine dan tinja, baik secara penampilan fisik, kimia yang terkandung, maupun secara mikroskopik menggunakan bantuan mikroskop. 

-          Tergantung dari tujuan medical check up, terkadang juga dilakukan pemeriksaan terhadap penanda   tumor dalam tubuh.
2. Pemeriksaan Pencitraan
    Pemeriksaan pencitraan antara lain :

-          USG dan foto Rontgen digunakan untuk melihat kondisi organ seperti paru-paru, hati, pankreas,
  ginjal, limpa, dan kandung kemih, serta prostat pada pria dan rahim pada wanita.      Pada wanita, pemeriksaan foto Rontgen payudara (mammografi) atau USG mammae (payudara)    akan dilakukan untuk mendeteksi adanya tumor payudara.

3. Pemeriksaan rekam jantung
-          Pemeriksaan rekam jantung atau elektrokardiografi (EKG) merupakan tes untuk merekam aktivitas listrik jantung dengan menggunakan elektroda-elektroda kecil yang ditempelkan di kulit dada, lengan, dan tungkai. Pemeriksaan EKG dapat dilakukan dalam posisi tiduran atau saat melakukan aktivitas, seperti berlari di atas mesin treadmill.

4. Paps smear
-          Paps smear disarankan untuk wanita yang memasuki usia 21 tahun dan sudah pernah berhubungan seksual, setiap 3 tahun sekali guna mendeteksi kanker serviks. Setelah usia 30 tahun, wanita dianjurkan untuk melakukan paps smear setiap 5 tahun sekali, sedangkan setelah usia 65 tahun, tidak perlu melakukan pemeriksaan paps smear, bila tidak timbul keluhan.

SETELAH MEDICAL CHECK UP

-          Bila ditemukan kelainan pada hasil medical check up, akan dianjurkan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap kelainan tersebut. Dokter juga akan menyarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, baik ditemukan kelainan atau tidak, seperti:

-    Mengonsumsi makanan sehat.Perbanyak porsi sayuran dan buah-buahan, serta batasi konsumsi makanan berlemak.Rutin berolahraga. Sediakan waktu untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu, misalnya dengan berjalan kaki, untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.Berhenti merokok.

-     Seiring bertambahnya usia seseorang, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna mencegah potensi berbagai penyakit atau gangguan kesehatan. Medical check up disarankan bagi orang dewasa (di atas 18 tahun) dengan frekuensi 5 tahun sekali sampai usia 40 tahun. Bagi yang berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk melakukan medical check up dengan frekuensi setiap 1-3 tahun sekali.

RESIKO MEDICAL CHECK UP
-        Tiap pemeriksaan dalam medical check up memiliki kegunaan dan manfaat, sekaligus efek samping. Salah satunya adalah pemeriksaan foto Rontgen yang dapat membuat tubuh terpapar radiasi, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Oleh karena itu, dokter akan menilai keuntungan dan kerugian dari tiap bentuk pemeriksaan medical check up yang akan dilakukan.

Banyak kemajuan yang telah dicapai yang membuktikan bahwa RSMH Palembang mampu bersaing di tengah kemajuan dunia kesehatan.Untuk itu RSMH Palembang selalu berbenah dalam pelayanan kepada pasien maupun pengembangan sarana dan prasarana serta meningkatkan kapasitas kompetensi terhadap tenaga SDM dilingkungannya.

Demikian melaporkan IP3 Humas ( Anie Gumay  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar