Kamis, 27 April 2017

TRANSKATETER CLOSURE , RSMH SEBAGAI RS RUJUKAN NASIONAL




TRANSKATETER CLOSURE , RSMH SEBAGAI RS RUJUKAN NASIONAL

RSMH Palembang sebagai rumah sakit rujukan nasional mempunyai lima layanan unggulan salah satunya Kardiocerebrovaskuler. Pada hari  Jumat (28/04) dilakukan tindakan Transkateter Closure oleh dr.Rianova beserta tim. Tindakan ini dilakukan di Ruang Cathlab RSMH Palembang melibatkan tim yang terdiri dari dokter spesialis jantung anak, dokter  anestesi beserta perawat Cateterisasi jantung.
Pasien yang dilakukan tindakan pada hari ini sebanyak 5 orang anak dengan diagnosa PDA ,VSD dan ASD. Pasien pertama yang dilakukan tindakan adalah dengan kasus PDA. Patent ductus arteriosus (PDA) adalah kondisi ketika ductus arteriosus tetap terbuka setelah bayi lahir. Ductus arteriosus merupakan pembuluh darah yang dibutuhkan bayi sebagai sistem pernapasan semasa di dalam kandungan. Melalui ductus arteriosus, darah bayi dari bilik jantung kanan mengalir ke sekitar paru-paru. Ductus arteroisus akan tertutup secara otomatis setelah bayi lahir karena paru-paru mereka sudah bisa terisi oleh udara yang dihirup. Penutupan biasanya terjadi kurang dari beberapa hari. Pada bayi penderita patent ductus arteriosus, penutupan tersebut tidak terjadi.
Pengobatan Patent Ductus Arteriosus
Jika pembukaan pada ductus arteriosus tergolong sangat kecil, biasanya dokter tidak akan merekomendasikan pengobatan apa pun karena dapat menutup dengan sendirinya seiring pertambahan usia bayi. Dokter hanya akan menyarankan orang tua datang kembali dengan bayi mereka sesuai dengan jadwal-jadwal yang ditentukan untuk memonitor perkembangan.
Pengobatan akan disarankan jika pembukaan ductus arteriosus tidak bisa menutup dengan sendirinya, jika pembukaan tersebut besar, atau jika bayi patent ductus arteriosus lahir prematur. Contoh-contoh metode pengobatan yang tersedia adalah pemasangan alat penyumbat melalui kateter, tindakan bedah, dan pemberian obat.
Pemasangan alat penyumbat cocok untuk kasus patent ductus arteriosus kecil yang tidak bisa menutup dengan sendirinya. Di sini dokter akan terlebih dahulu memasukkan sebuah kateter (selang khusus berukuran kecil dan fleksibel) ke pembuluh darah jantung dari pangkal paha. Setelah kateter mencapai ductus arteriosus, alat penyumbat akan disalurkan untuk menyumbat bagian yang terbuka. Melalui tindakan penyumbatan ini diharapkan aliran darah akan kembali normal.
Dengan ditetapkannya RSMH sebagai RS rujukan nasional bertujuan untuk  meningkatkan pemerataan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan sistem rujukan berjenjang sejalan dengan cita-cita Universal Coverage dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).@yeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar