Jumat, 05 Mei 2017

Dr. Syahril : RSMH PALEMBANG DUKUNG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

Dr. Syahril : RSMH PALEMBANG DUKUNG GERAKAN MASYARAKAT  HIDUP SEHAT (GERMAS)
Selamat Pagi dan Salam Sehat,
Sebagai implementasi  Germas hidup sehat KemKes RI telah memberikan contoh dan seruan agar seluruh UPT KemKes melakukan olahraga bersama rutin setiap hari Jumat mulai pukul 06.30 – 08.00 Wib.
Seperti yang terlihat pada hari Jumat (5/5) di KemKes RI Gedung Sujudi , kegiatan Germas Hidup Sehat yaitu senam sehat  diikuti oleh Menteri Kesehatan  Nila Farid Moeloek, sejumlah pejabat dan pegawai KemKes.
Direktur Utama RSMH Palembang dr.Mohammad Syahril  yang sedianya menghadiri  Rakorpim Paripurna yang diagendakan pada Jumat (5/5) bertempat di ruang Siwabessy Gd.DR.Suyudi KemenKes RI berkesempatan mengikuti kegiatan senam sehat tersebut.
Gerakan Masyarakat Hidup sehat (GERMAS) di RSMH sendiri telah dicanangkan , dengan adanya kegiatan olahraga senam sehat dan tenis meja setiap hari Jumat pagi.
Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.
GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:
1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,                                                          
2) Mengonsumsi buah dan sayur
3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,  GERMAS diharapkan dapat membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

So, tunggu apa lagi ….Mari kita  budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat..setuju yahh…(yr)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar