Jumat, 21 April 2017

SARASEHAN PERINGATAN HARI KARTINI DI RSMH PALEMBANG



SARASEHAN PERINGATAN HARI KARTINI DI RSMH PALEMBANG

Dalam rangka peringatan hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 07 April 2017 dan memperingati hari Kartini 21 April 2017, RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan 2 hari besar tersebut.
Hari ini tanggal 21 April adalah Hari Kartini. Mengapa disebut sebagai Hari Kartini ?, karena pada tanggal 21 April bertepatan dengan tanggal kelahiran RA Kartini. Sejarah diperingatinya Hari Kartini pada tanggal 21 April adalah setelah ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964 dimana Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan sekaligus menetapkan hari lahirnya yaitu tanggal 21 April diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. Pada  jamannya , emansipasi para kaum wanita cukup terbelenggu dengan aturan norma dan budaya yang tidak mengizinkan untuk keluar rumah “di pingit” dan juga mengenyam pendidikan tinggi. Namun Kartini tidak putus asa ,masih  begitu semangat untuk terus menimba dan belajar ilmu tak pernah surut meski hanya lewat bantuan surat yang ia kirimkan pada teman temannya yang kebanyakan saat itu dari Belanda untuk saling berbagi dan bertukar ilmu..Namun sayang, saat perjuangannya mulai maju. Takdir menghendaki lain, Kartini meninggal dunia saat baru berusia 25 tahun pada 17 september 1904 ketika selang beberapa hari melahirkan anak pertamanya Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904. Dan surat surat yang sempat di tulisnya kemudian di kumpulkan menjadi satu buku dan di beri judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.
Dengan tema “ Peran Perempuan Dalam Membangun Keluarga Sehat, Bebas Dari Depresi “ pada hari Jumat 21 April 2017 bertempat di Ruang Aula Utama Lt.2 RSMH Palembang. Acara sarasehan  dibuka oleh Direktur Utama RSMH dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dihadiri oleh Ibu Sekda Provinsi Sumatera Selatan, Dharma Wanita Persatuan RSMH Palembang, Dharma Wanita Persatuan Kota Palembang,  Provinsi Sumatera Selatan,  Dinkes Provinsi  dan Bhayangkari Provinsi Sumatera Selatan serta kartini-kartini perwakilan setiap unit yang ada dilingkungan RSMH.
3 orang narasumber yang dihadirkan yaitu ; Dr.Abdullah Shahab,Sp.KJ dengan tema Peran Perempuan dalam menyiapkan keluarga terhindar dari depresi,  dr.Abla Ghani,Sp.THT-KL (K) tema : Perempuan ,Karir dan Keluarga dan H.Iskandar Zulkarnain,Lc,MH dengan tema : Peran Perempuan di Era Globalisasi, dengan moderator Pasmawiyah,SP.d,MM.
Tujuan diadakan sarasehan ini adalah untuk meningkatkan tali silahturahmi antar karyawan/ti dan Dharma Wanita dilingkungan RSMH, kartini-kartini dapat menyadari tentang pentingnya keseimbangan antara karier dan keluarga dan memahami tentang peran perempuan dalam menyiapkan keluarga agar terhindar dari depresi.@yeri/rita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar