Selasa, 11 April 2017

UNIKNYA , TANAMAN HIDROPONIK DI DEP.PA RSMH PALEMBANG

UNIKNYA , TANAMAN HIDROPONIK DI DEP.PA RSMH PALEMBANG

Hidroponik adalah sebuah metode budidaya tanaman yang memanfaatkan air,nutrisi dan oksigen serta menghilangkan tanah sebagai media tanamnya. Banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini, namun apa jadinya bila tanaman hidroponik ini ditanam di lingkungan rumah sakit…? Menarik bukan…hal yang langka namun Departemen dan Instalasi Patologi Anatomi menjadikan hal ini bukan tidak mungkin untuk dibudidayakan. Adalah Dr.Suly Auline Rusminan,Sp.PA yang pertama kali mempunyai ide untuk menanam tanaman hidroponik ini berkoordinasi dengan Kepala Departemen PA dr.Ika Kartika,Sp.PA (K) dan Kepala Instalasi PA dr.Aspitriani,Sp.PA dengan dibantu oleh seluruh konsulen dan karyawan PA untuk mewujudkan idenya tersebut. Berawal dari hobbynya menanam tanaman hidroponik dirumah  ,dengan alasan ingin melakukan penghijauan namun juga bermanfaat untuk banyak orang  maka dimulailah menanam tanaman hidroponik ini di lingkungan RSMH tempatnya bekerja. Kira-kira 2 bulan yang lalu tanaman hidroponik ini mulai ditanam dengan boks steorofom hasilnya pun bisa dilihat sekarang ,teras belakang lantai II, Dep PA ini hijau dengan tanaman hidroponik yang tumbuh dengan subur. Hasil yang didapat dari tanaman system Hidroponik ini tentunya dinikmati bersama namun seiring berjalannya waktu banyak karyawan lain  yang menginginkan, alhasil tanaman yang didapat pun dijual dan penghasilannya dimanfaatkan untuk mengganti biaya produksi karena nutrisi dan bibitnya cukup mahal, tidak itu saja semangat untuk bekerjasama,kekeluargaan dan persaudaraan  pun terus terjaga hingga saat ini banyak karyawan/ti sebelum pulang membantu mengurus tanaman ini.
 Yang ditanam tentu beragam, dari mulai macam-macam selada green rapid, red rapid, Kayla red, L90, Chris  Green, ada juga sawi Pagoda, Sawi Pakcoy Nauli 1, sawi Samhong Fun Jen, ada pula Kangkung dan Bayam dua warna.
Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dengan membudidayakan tanaman dengan system hidroponik ini, diantaranya penggunaan lahan lebih efisien, tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah, penggunaan pupuk dan air lebih efisien, kuantitas dan kualitas tanaman lebih tinggi dan lebih bersih dan pengendalian hama penyakit lebih mudah namun dibalik kelebihan tanaman system hidroponik ini ada pula kekurangannya antara lain tanaman ini membutuhkan biaya yang besar dan pelayuan tanaman yang cepat dan stress yang serius.
Di Indonesia tanaman-tanaman yang sering dibudidayakan dengan teknik hidroponik adalah tanaman-tanaman yang memiliki nilai jual tinggi seperti :paprika,tomat,timun,terong jepang,melon dan selada. Meski begitu masih banyak masyarakat negara Indonesia yang belum mengetahui metode ini sehingga peluang usaha untuk bidang ini masih sangat terbuka.
Bagaimana, anda tertarik dengan tanaman system hidroponik ini..? Mari kita maksimalkan tempat atau pekarangan rumah untuk membudidayakan tanaman dengan menggunakan system hidroponik selain hasilnya bermanfaat untuk diri sendiri namun juga membuka peluang usaha untuk  menambah penghasilan.
@yeri.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar