Senin, 31 Juli 2017

Wawancara Ekslusif Dirut RSMH Palembang dengan Metro TV



Wawancara Ekslusif Dirut RSMH Palembang dengan Metro TV
 
Wawancara Metro TV dengan Direktur Utama RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH , siang ini (31/7) dilakukan di ruang kerja beliau yaitu Gedung Utama lantai III RSMH Palembang. Wawancara tersebut membahas tema RS – RS di Sumatera Selatan khususnya kota Palembang , yang telah terakreditasi terkait dengan sambutan beliau sebagai Ketua Umum PERSI (Persatuan RS Seluruh Indonesia)  Daerah Sumatera Selatan yang membawahi seluruh RS anggota PERSI dalam RAKERNAS PERSI XIII di Novotel Rabu (26/07) yang lalu.
Sebuah  RS dikatakan terakreditasi bila memenuhi dua unsur yaitu standar mutu pelayanan dan standar keselamatan pasien.  Standar –standar dimaksud dapat meliputi SDM, Fasilitas Penunjang, Peralatan Medis, Bangunan maupun Standar prosedur Operasional. Ada 25 RS di Sumatera Selatan yang telah lulus Akreditasi Nasional atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi KARS.
Undang-undang RS nomor 44 tahun 2009 pasal 40 mensyaratkan kepada seluruh rumah sakit terakreditasi Nasional dan atau Internasional. Pertanyaannya adalah,  Apa dampaknya bila sebuah RS  tidak terakreditasi baik nasional maupun Internasional? Bila sebuah RS belum terakreditasi dapat dipastikan bila RS tersebut belum memiliki standar-standar  yang menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien dan hal ini jelas melanggar ketentuan undang-undang.  Dikatakan  Dr.Syahril,  seorang pasien ketika berkunjung ke sebuah RS yang telah terstandar akreditasi maka dipastikan bahwa mutu dan keselamatan terhadap pasien tersebut telah terjamin. Sebagai contoh yang paling mudah ditemukan adalah kepatuhan terhadap gelang identitas pasien, hal ini mutlak dan paling utama karena untuk menghindari agar tidak tertukar obat atau salah dalam mengidentifikasi pasien.
Keberhasilan akreditasi tidak hanya berbentuk selembar sertifikat, namun lebih dari itu bagaimana komponen-komponen yang ada didalam RS tersebut mengimplementasikannya kedalam tindakan/pelayanan yang diberikan dan  bagaimana kepatuhan terhadap standar yang telah ditentukan. RSMH Palembang sebagai satu-satunya RS di pulau Sumatera yang telah mengantongi  Akreditasi KARS  dan JCI,  mempunyai standar-standar dalam melakukan pelayanan kepada pasien, standar yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. RSMH juga mempunyai program layanan unggulan Yaitu Kardiocerebrovaskuler, Transplantasi Ginjal, Bedah Minimal Invasif, Onkologi Terpadu, dan Bayi tabung , program-program tersebut untuk meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan prima kepada masyarakat.
Peningkatan mutu bukanlah hal yang mudah namun berarti bukan tidak mungkin untuk dicapai, semua komponen RS berperan penting dalam proses implementasi dan mempertahankan mutu pelayanan RSMH #yeri/rita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar