Kamis, 20 Juli 2017

Pelatihan dan Workshop "Safe Handling Of Cytotoxic Drugs"



“Safe Handling Of Cytotoxic Drugs”  

Sitostatika merupakan golongan obat yang digunakan dalam pengobatan kanker paling banyak menunjukan kemajuan dalam pengobatan penderita kanker. Karena itu pula harapan dan tumpuan dunia media terhadap efek pengobatan dengan sitostatika terus meningkat. Dalam paparan saat kerja,obat sitostatika berbahaya karena toksisitasnya dapat membahayakan tenaga kesehatan salah satunya tenaga kefarmasian. 
Prosedur penanganan obat sitostatika yang aman perlu dilaksanakan untuk mencegah risiko kontaminasi pada petugas yang terlibat dalam preparasi, transportasi, penyimpanan dan pemberian obat sitostatika. Petugas perlu diberikan orientasi dan pelatihan sehingga petugas mendapatkan informasi yang benar tentang pengetahuan dan akibat yang dapat timbul pada penanganan obat serta mengetahui tindakan apa yang dilakukan jika terjadi kontak dengan obat sitostatika.
Menyadari hal tersebut , Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI) Sumatera Selatan sebagai  bagian dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) bekerja sama dengan Instalasi Farmasi RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang menyelenggarakan Pelatihan dan Workshop dengan tema “Safe Handling Of Cytotoxic Drugs”  pada tanggal 20-23 Juli 2017 bertempat di Instalasi Diklat RSMH Palembang. 

Acara dibuka oleh Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang DR.dr.H.M.Alsen Arlan, Sp.B (KBD),MARS yang juga memberikan sambutan dan arahan kepada peserta seminar. Hadir pula dalam acara seminar ketua Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI) Sumatera Selatan Drs.Yasmin Hamdani,Apt yang juga memberikan sambutannya.
 
Dari pelatihan dan workshop ini diharapkan peserta mampu melakukan penanganan obat sitostatika yang aman, peserta juga memahami pharmaceutical care dan patofisiologi pasien kanker,peserta mampu memahami bahaya terkait penanganan obat dan tentunya dapat meningkatkan keselamatan bagi petugas dan pasien kita.(rita@humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar