Sabtu, 20 Mei 2017

RSMH MENGADAKAN PEMERIKSAAN TEKANAN DARAH GRATIS.



RSMH MENGADAKAN PEMERIKSAAN TEKANAN DARAH GRATIS.

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal. Tekanan darah yang tidak normal didalam arteri  dapat menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, gagal jantung dan kerusakan ginjal. Pengukuran tekanan darah secara rutin penting dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyakit ini.  Program May Measurement Month 2017 (MMM 2017) adalah suatu kegiatan dlm rangka memperingati hari hipertensi sedunia (17 Mei), merupakan  kompaye global yang bertujuan untuk menggugah kesadaran akan pentingnya pengukuran tekanan darah, dari Internasional Society of Hypertension (ISH). MMM memprogramkan untuk melakukan pengukuran tekanan darah pada 25 juta orang di dunia pada bulan Mei 2017.

RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang(RSMH) sebagai sarana pelayanan kesehatan dengan salah satu misi menyelenggarakan promosi kesehatan secara komprehensif dan berkelanjutan, turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan  melaksanakan pengukuran tekanan darah gratis yang dilakukan di Ruang Tunggu Inst. Rawat Jalan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang yang diadakan pada tanggal 22 s.d 31 Mei 2017 dan pada hari Sabtu dan minggu tanggal 20 dan 21 Mei 2017 bertempat di Kambang Iwak dan tanggal 21 Mei 2017  di Alun-Alun DPRD Prop. Sumsel.  Sasaran Kegiatan ini adalah  karyawan, pasien, keluarga dan pengunjung RSMH serta masyarakat kota Palembang yang sedang  melakukan senam dan jalan sehat di Kambang Iwak dan Alun-Alun DPRD Prop.Sumsel.

Pada hari ini, Sabtu, 20 Mei 2017 kegiatan dilaksanakan di Kambang Iwak Palembang, menurut Dr. Mangiring, Sp.JP, FIHA, selaku Ketua SMF Kardiologi  RSMH, sekaligus ketua panitia, " kegiatan ini melibatkan berbagai instansi baik kesehatan  maupun non kesehatan, pemerintah dan swasta dengan harapan target 25 000 orang  dapat terukur tekan darahnya di Sumatera Selatan dapat tercapai". Masih menurut dr. Mangiring , kegiatan ini bertujuan sebagai sarana screening dan edukasi dalam rangka memberikan kesadaran kepada masyatakat tentang pentingnya mekakukan pengukuran tekanan darah secara rutin, dan jika terdeteksi mengalami hipertensi maka harus menjalankan pengobatan lebih dini dan tetatur".   Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui tentang pentingnya pengukuran tekanan darah untuk mencegah penyakit hipertensi , serta dapat menjaga pola hidup yang baik, untuk menjaga kesehatan dengan olahraga teratur, makan yang sehat dan bergizi, menghindari stres serta rutin memeriksakan kesehatannya, pungkas dr. Mangiring
.( TKPKRS)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar