Jumat, 13 Maret 2020

Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2020 di RSMH

 Hari Ginjal Sedunia 2020 
 Mencegah Lebih Baik dan Deteksi Dini
 
Hari ginjal atau World Kidney Day (WKD) diperingati kembali pada tanggal 12 Maret 2020. Indonesia pun ikut merayakan. Tahun ini tema yang diambil "Kesehatan ginjal untuk semua, dimanapun, mencegah hingga deteksi dan kemudahan akses perawatan". RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang mengadakan kegiatan berupa seminar awam dan gathering bagi anak-anak dan orangtua penderita penyakit ginjal pada Sabtu, 14 Maret 2020 di ruang Aula Utama Lt.2 , 
 
Acara dihadiri oleh Kadinkes Prov.Sumsel dan Kadinkes Kota, yg diwakili oleh Kasie P2PTM, beberapa perwakilan  dari RS di kota Palembang,  pejabat truktural dan fungsional RSMH , Perwakilan  Pernefri Palembang sekaligus Kepala  KSM PDL RSMH  Dr. Zul Khair  Ali, Sp.PD, KGEH  , Ketua KSM Anak  Dr. Ria Nova, Sp.A (K) serta tamu undangan lainnya.
 
 
Pembukaan acara seminar awam oleh Plh. Direktur Utama Dr. Hj. Zubaedah, Sp.P, MARS,  yang mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan ginjal dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih dan aktifitas fisik secara teratur. Hindari makan makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji yang mengandung pengawet sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama ginjal.
 
Narasumber seminar adalah dokter dari RSMH yaitu  Dr. Hertanti Indah Lestari, Sp.A (K), Dr. Eka Intan Fitriana, Sp.A (K), M.Kes, dan Dr. Julius Anzar, Sp.A (K), M.Kes.


Dalam kegiatan seminar  dihadiri oleh puluhan anak dengan penyakit ginjal kronik  beserta orangtuanya, selain memberikan edukasi kegiatan ini juga diisi dengan berbgai kisah pengalaman anak dengan penyakit ginjal, juga ada acara hiburan dan berbagi bingkisan.
 
( Liputan- Suhaimi Humas RSMH )








Tidak ada komentar:

Posting Komentar