Minggu, 15 Maret 2020

Pencegahan Penyakit Ginjal

Sebagai salah satu organ vital pada manusia, ginjal harus dijaga kesehatannya agar senantiasa berfungsi baik. Tidak optimalnya fungsi ginjal akan berdampak pada sejumlah komplikasi. Para orang tua merupakan kelompok usia yang umumnya rentan mengalami penurunan fungsi ginjal.

Dalam rangka hari ginjal sedunia, RSMH mengadakan serangkaian kegiatan berupa senam lansia dilanjukan penyuluhan kepada para lansia yang di sampaiakan oleh Dr.dr. H. Zulkhair Ali, Sp.PD, KGH dan  penyuluhan di rawat jalan oleh dr Suprapti, Sp.PD

Diketahui, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal. Berikut 8 cara yang dapat dilakukan sejak dini dalam kegiatan sehari-hari.

Pertama, kita harus menjaga kondisi tubuh agar senantiasa fit. Caranya dengan rutin berolahraga serta istirahat yang cukup.

Kedua menjaga kadar gula dalam darah agar senantiasa normal. Cara ketiga yaitu menjaga agar tensi darah juga dalam keadaan normal. Bagi mereka yang mengidap penyakit darah tinggi harus rutin mengkonsumsi obat untuk menjaga tekanan darah agar senantiasa normal.

Langkah keempat adalah menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan sehat. Cara kelima yaitu dengan minum air yang cukup minimal 2 hingga 3 liter perhari.

Cara keenam adalah mampu mengendalikan stress. Ketujuh, tidak boleh merokok. Dan cara terakhir yaitu dengan tidak mengkonsumsi obat sembarangan yang dapat menganggu fungsi ginjal.

Selain 8 cara mencegah penyakit ginjal, seseornag juga harus rutin melakukan medical check up. Tahapan medical check up ini dengan melakukan tes urine, memeriksa darah, dan bila diperlukan dilengkapi dengan USG,

"Bila kratinin tinggi dan urine tinggi maka seseorang dapat diperkirakan mengalami gangguan ginjal," Ujar dokter....

( Liputan Suhaimi/ Humas RSMH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar