Kamis, 23 Mei 2019

Waspadai Diare pada Anak

Diare masih menjadi masalah kesehatan Indonesia, penyebab kesakitan dan kematian tertinggi pada anak. Didunia 6 juta anak meninggal setiap tahunnya dikarenakan diare.

Demikian disampaikan Anggra Dieta,S.Farm dari Instalasi Farmasi, kamis (23/05) dengan topik Diare pada Anak, pada penyuluhan di rawat jalan lantai 1 dengan sasaran pasien dan keluarga pasien.

Yang dimaksud diare yaitu BAB lebih dari tiga kali, atau lebih banyak dari pada ampas dan dapat disertai mencret, dan dapat membahayakan karena banyak kekurangan cairan tubuh menjadi lemas

Dijelaskannya, penyebab diare itu sendiri sendiri dari kuman bakteri yang termakan oleh anak yang didapat dari jajanan yang sembarangan, tangan atau kuku yang panjang dan kotor, makanan yang kadaluarsa, dan malabsrobsi usus.

Selanjutnya, untuk mengatasi jika sudah terjadi diare dengan cara yang pertama yaitu menganti cairan tubuh dengan meminun larutan oralit, dapat juga dengan memakan pisang, banyak minum air putih atau air kelapa.

Yang kedua memberikan suplemen zinc, karena terbukti mengurangi lama dan beratnya diare, dan dapat mencegah berulangnya diare selama 2-3 bulan, karena fungsi zinc sebagai antioksidan, menguatkan sistem imum, dan dapat menjaga keutuhan epitel usus.

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan dukungan nutrisi gizi yang seimbang dengan tetap memberikan ASI, dan pemberian Antibiotik yang selektif yang hanya diberikan pada disentri dan kolera.

Untuk mencegahan diare dengan jangan jajan sembarangan, mejaga kebersihan tangan dengan cara cuci tangan sebelum makan, dan lihat lebel kadaluarsa, bila kondisi anak yang terkena diare tidak membaik selama tiga hari setelah pemberian obat, segerah hubungi petugas kesehatan. tutupnya

Salam
Ip3Humas (leni/pkrs)

1 komentar:

  1. cuma di sini agen jud! online dengan proses yang sangat cepat :)
    ayo segera daftarkan diri anda di agen365 :)
    WA : +85587781483

    BalasHapus