Kamis, 16 Mei 2019

KENALI GEJALA HIPERTENSI



Istilah darah tinggi (hipertensi) mungkin sudah tak asing dalam kehidupan kita karena merupakan salah satu dari penyakit yang cukup banyak diderita baik orang dewasa hingga usia lanjut ini dan cukup banyak menyita perhatian. Penderita penyakit ini terus meningkat setiap tahunnya. Hipertensi juga diperkirakan menjadi penyebab kematian sekitar 7,1 juta orang diseluruh dunia yaitu sekitar 13 % dari total kematian.


Demikian disampaikan oleh Dr. Suprapti, Sp.PD,KGH pada penyuluhan kesehatan, Jumat 17 Mei 2019  di ruang tunggu poliklinik rawat jalan bertepatan dengan peringatan Hari Hipertensi Sedunia dimana tema World Hipertension Day 2019 yaitu “ Ketahui Tekanan Darahmu: Cegah Hipertensi Dengan Pendekatan Keluarga”

Dijelaskan oleh Dr. Suprapti, Hipertensi adalah kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu tertentu) yaitu penderita yang mempunyai tekanan darah melebihi 140/90 mmHg saat istirahat. Hipertensi tidak diketahui penyebabnya, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko  seseorang mengalami hipertensi seperti lanjut usia, memiliki keluarga yang menderita hipertensi, memiliki kebiasaan merokok dan jarang berolahraga. Penyakit ini juga dapat menimbulkan gangguan atau kondisi kronis lainnya. Sebut saja seperti gangguan jantung, stroke, gagal ginjal, gangguan penglihatan dan lain-lain.

Beberapa cara (tips) yang diberikan dr. Suprapti untuk dapat mengontrol tekanan darah yaitu Ketahui tekanan darah (apakah diperiksa secara teratur), Ketahui berat badan (apakah proposional), Jangan gunakan garam berlebih pada makanan (Hindari makanan asin), makan makanan yang diet rendah lemak, jangan merokok, minum obat seperti yang sudah diresepkan, sering berkonsultasi dengan dokter, rutin berolahraga, ajak anggota keluarga untuk mengontrol tekanan darah secara teratur dan hiduplah secara normal dan bahagia


Salam
Noya-IP3Humas/PKRS




1 komentar: