RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN LAYANAN JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH (BHC) RSMH PALEMBANG MENJADI PUSAT LAYANAN JANTUNG TERSIER
Dalam
rangka mewujudkan layanan unggulan kardiocerebrovaskuler dan performa rumah sakit sebagai pusat jantung regional yang tersier maka
dibahas dalam rapat Strategi pengembangan pelayanan jantung dan pembuluh darah
RSMH Palembang menuju pusat layanan jantung regional yang tersier. Dihadiri
oleh Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad
Syahril,Sp.P,MPH, Direktur Keuangan DR.Dr.Welly Refnealdi, M.Kes, SMF
Kardiologi yaitu : Dr.Mangiring PL Toruan,Sp.JK (K), Dr.Adrian Masno,Sp.JP (K),
Dr.Alexander Edo Tondas,Sp.JP, Kepala Instalasi BHC Dr.Erwin Sukandi,Sp.PD (K)
,KKV, FINASIM dengan narasumber Dr.Isman Firdaus, Sp.JP (K), FIHA, FAPSIC, FESC,
FSCAI, FAScc dari PJN Harapan Kita Jakarta.
Saat ini
pelayanan yang diberikan oleh BHC meliputi rawat inap high care dan intensive
care, konsul ruangan dilengkapi Echo Portable GE Vscan, Intervensi coroner,
penanganan aritmia EPSL maupun ablasi, pacu jantung permanen, dan layanan rawat
jalan : EKG, Echocardiography, Doppler vascular, Prosedur Peprogram, PPM, ESMR
dan Holter Monitoring.
Sesuai
dengan visinya yaitu bagian kardiologi FK UNSRI pada tahun 2030 menjadi salah
satu bagian yang terkemuka di lingkungan FK UNSRI maupun regional Sumatera yang
berbudaya ilmiah yang menyelenggarakan pendidikan spesialis Kardiovaskular,
penelitian yang berkualitas tinggi dan pengabdian masyarakat yang berorientasi
kepada kepentingan umum, maka direncanakan untuk mengembangkan pelayanan :
1. Kardiovaskular
Akut dan Intensif (kegawatan kardiovaskuler)
2. Diagnostik
Non Invasif Ekokardiografi
3. Pencitraan
kardiovaskular : Nuklir, multislide CT, MRI, PET
4. Diagnostik
Invasif dan Intervensi non bedah
5. Aritmia
dan Pacu jantung
6. Kardiologi
pediatric dan penyakit jantung bawaan
7. Prevensi
dan rehabilltasi
8. Kedokteran
Vaskular
Untuk menjadikan BHC sebagai layanan jantung regional
yang tersier maka dibutuhkan pengadaaan SDM
SPJP tambahan untuk mengisi
pos pelayanan yang belum ada,
mengadakan inhouse training untuk perawat kardiologi dasar dibawah
diklat serta pelatihan terhadap dokter jaga agar pelayanan berkualitas 24 jam ,
mengirimkan fisiotherapist maupun dokter
umum belajar rehabilitasi jantung ke harapan kita, dan mengadakan kolaborasi
dengan SDM yang ada dari bedah jantung , pediatric dan KKV sedangkan dari
prasarana yang ada diharapkan agar dibangun suatu pusat Jantung terpadu atau
memperluas BHC dimana semua pelayanan Jantung dilakukan dalam satu atap serta
dengan pengadaan berbagai alat kesehatan.
Perlahan namun pasti keberhasilan RSMH terlihat dari
penampilan fisik bangunan yang semakin baik, pelayanan yang professional serta
komunikatif hal ini ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai.Kendali
mutu pelayanan harus terus ditingkatkan karena orientasi kepuasan masyarakat
adalah cermin dari keberhasilan sebuah rumah sakit.
#humasyeri
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus