KUNJUNGAN DPRD
SUMATERA SELATAN KE RSMH PALEMBANG
Kunjungan kerja anggota DPRD Provinsi Sumatera
Selatan ke RSMH Palembang pada hari Senin (14/08) diterima dengan tangan
terbuka oleh Jajaran Direksi RSMH di ruang Direksi lantai 3. Dihadiri oleh
Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH , Direktur Medik dan
Keperawatan DR.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.BKBD,MARS, Direktur Keuangan Dr.Welly
Refnealdi,M.Kes,Phd, Direktur Umum ,SDM dan P
Dalam kunjungan kerjanya kali ini di RSMH Palembang,
Komisi V DPRD Prov.Sumatera Selatan membahas sharing tentang anggaran berobat
gratis (JAMSOSKES) di provinsi Sumatera Selatan. Dengan diketuai oleh M.A.
Gantada,SH,M.Hum sebagai ketua komisi V yang membawahi bidang Kesejahteraan
rakyat, Pendidikan dan kesehatan beserta anggota yang keseluruhan berjumlah 11
orang.
Seperti yang diketahui bahwa saat ini pemerintah daerah melalui
program Jamsoskes berhutang terhadap
RSMH yang jumlahnya mencapai 47 miliar hingga saat ini belum dibayarkan, hal ini mengganggu terhadap pengadaan alat-alat kesehatan maupun
obat-obatan di RSMH Palembang. Dalam kesempatan tersebut Gantada berjanji akan
mengawal masalah hutang piutang ini hingga selesai dan akan dibayarkan tahun
ini juga.
Menjawab keluhan masyarakat yang disampaikan melalui
DPRD , yang mengeluhkan tentang pelayanan di RSMH diantaranya waktu tunggu
jadwal operasi yang lama serta kapasitas tempat tidur yang selalu penuh ,
Direktur RSMH Dr.Mohammad Syahril mengatakan bahwa posisi RSMH saat ini sebagai
RS rujukan tersier di Provinsi Sumatera Selatan, harapan masyarakat sangat tinggi
terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk permasalahan kamar tidur yang selalu
penuh, hal ini juga yang menjadi permasalahan di RS-RS tipe A lainnya diseluruh
Indonesia. Pihaknya sedang mencari
solusi terbaik akan permasalahan ini diantaranya membangun kerjasama dan
komunikasi dengan RS jejaring dan
menerapkan system rujukan berjenjang sehingga tidak semua jenis penyakit
dilayani di RSMH tetapi disaring di RS tipe B dan C maupun faskes lainnya. Mengenai waktu tunggu jadwal operasi yang
lama, RSMH sedang berupaya untuk menambah kamar operasi bahkan hingga 24 jam
namun kendalanya bila penambahan kamar operasi ini berdampak pula terhadap
penambahan SDM maupun fasilitas lainnya. Kendali mutu pelayanan diseluruh
instansi di rumah sakit hendaknya ditingkatkan secara terus menerus , bagaimana
pun juga orientasi kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan adalah
cerminan keberhasilan yang nyata bagi sebuah rumah sakit. #yeri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar