Minggu, 12 November 2017

Selamat Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53: Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku.



Selamat Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53: Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku.
 
Peringatan HKN ke-53 di RSMH Palembang pada puncaknya dilaksanakan upacara bendera pada hari Senin, 13 Nov 2017 bertempat di Halaman Gedung Utama RSMH Palembang dihadiri oleh Direktur Utama RSMH beserta Jajarannya, Pejabat  Struktural dan Non Struktural serta karyawan/ti RSMH. Peringatan HKN ke-53  ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya seluruh karyawan/ti RSMH merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia khususnya kota Palembang, Sumatera Selatan.
Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dalam pidato upacara membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI menjadikan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap bulan November setiap tahunnya, menjadi momentum untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit. Tema HKN ke-53 tahun ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. karena itu, upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga.
DR.Syahril kembali mengingatkan kepada seluruh pimpinan bersama seluruh karyawan agar menjaga RSMH sebagai RS Pelayanan Publik  milik pemerintah, apapun jabatan yang diemban tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, jangan sampai catatan buruk dalam dunia kesehatan terjadi di RSMH , contohnya : Kasus Bayi Deborah yang menjadi perhatian beberapa waktu yang lalu. Agar meningkatkan informasi dan kemampuan berkomunikasi yang baik, konflik yang terjadi sebenarnya dapat di selesaikan dengan berkomunikasi yang baik. Komunikasi menjadi landasan  utama untuk menghindari konflik. Dalam posisi sebagai RS berstandar internasional, mutu dan keselamatan pasien dan keluarga menjadi hal yang mutlak dan harus terpenuhi.Oleh karena itu  kepada semua pimpinan di RSMH agar mengevaluasi kembali terhadap pengawalan mutu dan keselamatan pasien dan keluarga.
Sehubungan dengan peringatan HKN di Kemkes , RSMH Palembang mendapatkan penghargaan sebagai juara ketiga dalam lomba video “Safety Briefing” yang diadakan oleh Kemkes. Dalam upacara tersebut  juga diberikan penghargaan untuk  juara lomba foto yang  juga diadakan untuk memperingati HKN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar