Rabu, 22 November 2017

AGENT of CHANGE DAN REVOLUSI MENTAL

AGENT of CHANGE DAN REVOLUSI MENTAL

Beberapa hari ini istilah “Agent of Change”, “Revolusi Mental”, “Capacity Building” tidak asing lagi di telinga, karena selama tiga hari (20-22/11/2017) kegiatan “Capacity Building Agent of Change Revolusi Mental Kesehatan 2017” diadakan di Ruang Aula Utama dan ditujukan untuk  para leader di RSMH Palembang, dengan Narasumber Tim Revolusi Mental dari Pusat Determinasi Kemenkes RI dan Tim Revolusi Mental dari RSMH yang diketuai oleh Dr.Msy.Rita Dew,Sp.A(K),MARS.
 Pertanyaannya adalah kenapa ditujukan hanya kepada para leader sihh..?? (simak disini penjelasannya ya guys, mudah-mudahan bermanfaat..)
Istilah Agent of Change bisa diartikan adalah orang-orang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan kemampuan perorangan atau kelompok dan  orang disekitarnya untuk menuju perubahan peningkatan pengembangan  yang lebih baik dan berkelanjutan. Perubahan apa yang dimaksud? Sejalan dengan program kerja dari Presiden RI Bapak Joko Widodo tentang Revolusi Mental dimana integritas , etos kerja dan gotong royong dimana karyawan dituntut untuk selalu bekerja dengan hasil yang nyata, bermanfaat bagi orang banyak,produktif , hasil yang didapat efektif dan efisien, dengan inovasi yang unggul.
Dalam Kementerian Kesehatan  telah  diterapkan 5  budaya harian :
1.       T : Tuntas minimal 1 pekerjaaan dalam waktu 1 hari
2.       K : Melakukan Kebaikan minimal 2
3.       S : Senyum,Salam,Sapa
4.       M : Hadir 4 mnit sebelum kegiatan dimulai
5.       R : Ringkas, Rapih, Resik, Rawat dan Rajin.
Dalam kegiatan ini setiap leader harus mampu membuat visi bagi dirinya sendiri maupun  tempat  kerja yang dipimpinnya saat ini. Terpilih 4 orang peserta terbaik dari yang paling baik dalam kegiatan ini :
1.       Dr.Hasnawi Haddani,Sp.S (penilaian : beliau sebagai seorang staf medik  di Dep.Neurologi namun concern dan mengikuti kegiatan sampai selesai, tidak keluar ruangan kecuali untuk melakukan ibadah sholat  ((hebaatt euuyy…))…)
2.       Taufik,S.Sos (penilaian : Menyemangati peserta lain dengan semangat yang mengebu-gebu dengan suaranya yang lantang , Full action ((saluuuuttt…))..)
3.       Rodiah, (penilaian : Penuh semangat, dengan ide-ide cemerlangnya (( Woowwww…))…)
4.       Yuniawati (penilaian : tidak malu untuk mengutarakan pendapatnya, banyak ide , dan percaya diri…((sekilas kalau lihat orangnya kalem sih,, ternyata…good job..two thumbs up ))…)
Kegiatan ini melibatkan proses interaksi satu sama lain, mengartikan bahwa mereka siap berkomitmen bersama dan memaknai setiap materi yang disampaikan oleh para mentor. Diakhir kegiatan Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH didampingi Direktur Umum ,SDM dan Pendidikan Drs.Amrizal M,APT,M.Kes,MARS mengatakan agar setiap leader tetap semangat dengan perubahan, jaga diri, jaga kawan, jaga kesehatan dan jaga nama baik RSMH dimana kekurangan RSMH adalah kekurangan kita bersama demikian pula sebaliknya. Mulai saat ini juga untuk mengubah mindset dimulai dari diri sendiri , mempunyai kemauan untuk berubah dan memperbaiki. Apa yang tidak pernah mati dan selalu ada dalam hati adalah harapan. Dengan adanya harapan tetap ada semangat , maka dari  itu jaga selalu HARAPAN mu.
So, pertanyaan selanjutnya adalah  siapkah kita dengan perubahan itu ?  Ya,  harus siaplah sepanjang perubahan yang dihasilkan untuk kemajuan  RSMH tercinta… .kalau aku sihhh YESSSSS….Kalau Kamu?????
#yeri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar