Selasa, 13 Oktober 2015

Tim darurat asap RSMH Palembang



RSMH PALEMBANG  MELEPASKAN TIM GARDA ASAP
(GAWAT DARURAT BENCANA  ASAP)

Saat ini KEMENKES RI telah membentuk tim gawat darurat bencana asap yaitu di Palangkaraya, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Tim ini siaga selama 24 jam, dengan tujuan untuk mempersiapkan diri bila ada korban jatuh akibat asap. 

Pada hari ini, Selasa,13 oktober 2015 Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang melepaskan Tim Penanggulangan Asap. Tim  ini tidak hanya berasal dari RSMH saja namun juga dibantu oleh Rumah Sakit – Rumah Sakit yang berada di daerah-daerah. Ini adalah sebagai salah satu bentuk antisipasi  terhadap bencana asap yang melanda akhir-akhir ini.

Hadir pada pelepasan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, tim Perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Sumsel dan Perwakilan Tim  Dinas Kesehatan Ogan Ilir

Tim Penanggulangan Bencana Asap Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang  yang terdiri dari 5 orang tenaga medis  spesialis terdiri dari dokter Spesialis Penyakit Dalam, Anak-anak, THT, Kulit dan Mata ditambah 2 orang tenaga paramedis. Tim ini akan berada selama 3 hari mulai hari ini di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir. 




Direktur Utama Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang Dr.Syahril Mansyur, SpP, MPH yang secara resmi melepas Tim Gawat Darurat Bencana Asap, menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan prilaku hidup sehat ,makan makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh baik dan kontak yang tidak terlalu lama terpapar dengan asap, serta selalu memakai alat pelindung diri seperti masker bila bepergian keluar rumah. Asap dihasilkan dari kebakaran tumbuhan-tumbuhan kering yang mengeluarkan gas dan partikel yang secara langsung mengenai mata, kulit bahkan saluran nafas. Asap ini mengandung karbonmonoksida, semakin banyak kandungan asap yang dihirup atau semakin lama terpapar maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Bila terkena ISPA agar melakukan tindakan pengobatan di posko-posko kesehatan terdekat
Liputan. Humas RSMH, Suhaimi/Yeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar