Senin, 17 Agustus 2015

WISATA ROHANI KELUARGA BESAR RSUP DR.MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG AL- QUR’AN AL AKBAR AL – QURAN RAKSASA TERBESAR DI DUNIA



WISATA ROHANI KELUARGA BESAR RSUP DR.MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG
AL- QUR’AN AL AKBAR
AL – QURAN RAKSASA TERBESAR DI DUNIA



KOMPLEK PONDOK PESANTREN MODERN IGM AL IHSANIYAH
JLN. M.AMIN FAUZI SUAK BUJANG KEC.GANDUS PALEMBANG
SUMATERA SELATAN


Dalam rangka  mempererat  tali  silahturahmi  antar karyawan / karyawati  RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang khususnya perawat,  maka  bertepatan dengan  tanggal 17 Agustus 2015 diadakan wisata rohani ke AL-QURAN AL- AKBAR yaitu Al-Qur’an raksasa  terbesar di dunia

AL – QUR’AN AL – AKBAR adalah Al-Qur’an 30 juz yang terbuat dari kayu tembesu (kayu kelas 1 asal Sumatera yang sudah langka). Kayu tembesu yang dipakai untuk 30 juz lebih kurang 45 meter kubik. Kekuatan kayu ini mampu bertahan hingga ratusan tahun maka pada masa kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam , kayu ini digunakan sebagai bahan utama membuat bangunan dan rumah limas oleh masyarakat pada masa itu hingga saat ini sering digunakan untuk berbagai furnitur khas Palembang.
AL-QUR’AN AL- AKBAR  diukir dengan ornamen motif dan warna ukiran khas Palembang, bunga ukiran berbeda dalam setiap juz nya. Dikerjakan mulai tahun 2002 selesai tahun 2009 ,oleh tim yang terdiri dari 35 orang  yang terdiri dari penulis, tukang kayu, pemahat/ukir, plitur/finising, dan pengoreksi ayat oleh kalangan Tahfidz serta ulama.



Pencetus ide dan pembuat AL-QUR’AN AL-AKBAR adalah H.Syofwatillah Mohzaib, S.Sos, I seorang da’i  Mubaligh dan Seniman Kaligrafi Kota Palembang.
Peresmian  AL-QUR’AN AL-AKBAR  Al-Qur’an kayu ukiran Palembang oleh Presiden  RI  DR.H. Susilo Bambang Yudhoyono dihadiri 51 Negara Islam se Dunia bersamaan dengan Konferensi Parlemen Islam Dunia (PUIC) pada tanggal 30 Januari 2012, dalam acara tersebut  juga dianugerahkan Piagam Dunia  Musium Rekor Indonesia ( MURI ) sebagai Al-Qur’an ukiran pertama dan terbesar di dunia.


Hingga saat ini , Al-Qur’an al-akbar menjadi tempat tujuan religi favorit masyarakat lokal dan dari berbagai daerah di tanah air bahkan turis mancanegara, terbukti tempat ini selalu ramai dikunjungi. Pengunjung dapat membaca dan menikmati karya seni dari setiap ukiran ayat  Al- Qur’an Al akbar.



 

Tempat liburan yang sangat  edukatif  untuk di rekomendasikan yaa...!!


Salam....(cc.@humas.yeri/rita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar