Kamis, 06 Oktober 2016

pitstop



PITSTOP

Re-edukasi dengan metode pitstop merupakan suatu bentuk refreshing standar-standar mutu pelayanan dan patient safety dengan konsep kegiatan belajar yang menyenangkan, tidak menggurui dengan hasil pemahaman yang maksimal bagi peserta yang mengikuti pitstop.

Lokasi pitstop merupakan di area yang paling sering dilewati oleh civitas hospitalia akan tetapi tidak mengganggu pelayanan rumah sakit . Sasaran acara ini tentunya diperuntukkan bagi seluruh civitas Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang dan pengunjung atau pasien yang mampu mengunjungi lokasi pitstop.

Berdasarkan data dari Komite Mutu RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, bahwa beberapa Indikator Mutu yang belum memenuhi standar, yaitu :
-           Kepatuhan komunikasi efektif melalui media telepon
-           Kelengkapan pengisian lembar serah terima pasien
-           Kepuasan pelanggan eksternal dan internal
-           Kepatuhan cuci tangan
-           Pengisian Rekam Medik belum lengkap
-           dan lain-lain

 

Pitstop JCI RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang sebagai media Re-edukasi bagi SDM dan memberi penguatan kembali dalam melayani dengan menerapkan Standar Akreditasi Rumah Sakit.






-           Memotivasi SDM untuk lebih memahami dan menerapkan Standar Akreditasi Rumah
            Sakit dalam melayani pelanggan
-           Mengevaluasi pemahaman SDM tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit
-           Mengevaluasi pemahaman pasien dan keluarga tentang edukasi yang telah berjalan



Pelasanaan kegiatan Pitstop dengan cara :
1.      Menyediakan stand sederhana tapi menarik, yaitu meja dengan latar belakang Banner bertuliskan “PITSTOP JCI RSMH” dilengkapi aksesoris lainnya, misalnya pohon yang digantungi beberapa pertanyaan atau balon warna-warni.
2.      Peserta diajak untuk memilih pertanyaan yang berkaitan dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit berupa kasus yang memuat tentang PFR,IPSG,PPI dan seterusnya
3.      Peserta menjawab atau memperagakan pertanyaan tersebut
4.      Bagi peserta yang dapat menjawab dengan baik dan benar diberikan hadiah atau souvenir sederhana
5.      Stand dilengkapi pula dengan video tentang edukasi, seperti Bluecode, Redcode cuci tangan dan lain-lain
6.      Petugas penjaga stand dari pokja dan didampingi oleh Instalasi Pelayanan Pelanggan,PKRS dan Humas (Daftar Terlampir)

Sebagai Media peraga dalam kegitan Pitstop ini panitia menyediakan
-           Status Rekam Medik kosong, misal nya memperagakan pengisian Inform Concent tindak operasi
-           Patung boneka, untuk peragaan BHD
-           Gelang
-           Stiker tanda resiko jatuh, Fasttrack
-           Banner
-           Video
-           Hand Scub

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan persiapan RSMH Palembang dalam menghadapi Akreditasi JCI yang tinggal menghitung hari. Ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh civitas Rumah Sakit  yang sudah membantu terselanggaranya acara ini dengan sangat baik.

Liputan Suhaimi (Humas RSMH)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar