Kamis, 06 Oktober 2016

Metode Pengobatan Dengan Air



HYDROTERAPI

RSMH Palembang kini memiliki kolam renang. Kolam ini bukan sekedar kolam renang untuk refreshing tetapi merupakan bagian dari fisioterapi rehabilitasi medik. Yakni Hydroterapi yang berada di gedung Instalasi Rehabilitasi Medik RSMH Palembang.
Hydroterapi merupakan metode terapi latihan dalam fisioterapi dimana latihan (exercise therapy) dilaksanakan di dalam kolam berisi air, air dalam kolam tersebut mempunyai suhu 33° - 36° C.
Efek fisiologi dari latihan di air disebabkan oleh adanya kombinasi dari kehangatan air tersebut. Manfaat suhu hangat dari air sama baik pada anak-anak dan dewasa dan ini berhubungan dengan temperature tubuh ,sirkulasi dan beratnya aktifitas. Efek terapeutik dalam air antara lain mengurangi nyeri dan spasme otot, mempertahankan atau meningkatkan lingkup gerak sendi, penguatan dari otot yang lemah dan peningkatan toleransi otot terhadap latihan, edukasi ulang dari otot yang mengalami kelumpuhan, meningkatkan kemampuan aktifitas fungsional serta mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan postur tubuh.
Hidroterapi beroperasi sejak Januari 2015, belum banyak diketahui masyarakat. Dalam satu minggu pelayanan Hidroterapi ini dibuka sebanyak tiga kali. Dalam waktu sehari dibagi tiga sesi. Masing-masing sesi diberikan waktu selama 45 menit pada setiap pasien, dalam satu sesi ada enam pasien. Ketika pasien masuk ke dalam kolam akan dipandu oleh dokter untuk melakukan gerakan untuk mengobati penyakitnya.
Latihan Hidroterapi ini sendiri memberikan manfaat antara lain meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, mengurangi rasa nyeri pada penderita penyakit sendi, menurunkan ketegangan dan kekakuan ototdan persiapan latihan jalan tanpa menumpu berat badan. Namun tidak semua pasien bisa menjalankan latihan hidroterapi ini, pasien dengan indikasi takut air, demam, ganggguan Jantung, gangguan fungsi dada, cacat mental, penyakit kulit yang menular dan yang tidak boleh kontak dengan air, luka terbuka, penderita yang tidak dapat mengontrol Bab/Bak, dan wanita yang sedang menstruasi tidak disarankan untuk menjalani latihan Hidroterapi ini.
Penyakit yang disarankan pengobatan melalui Hidroterapi ini antara lain pasien pasca stroke, pasca cedera tulang belakang , HNP Lumbal, Osteoporosis, dan pasien dengan gangguan keseimbangan.
Anda tertarik  pengobatan dengan latihan Hidroterapi ini? Tentu saja bisa, silahkan anda datang langsung ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSMH Palembang, namun sebelumnya jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Salam Sehat…
Humas@yeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar