Kamis, 02 Juni 2016

Kegembiraan Pasien Transplantasi Ginjal Pulang ke Rumah



Gembiranya Reskiana Pulang ke Rumah
Masih ingat dengan pasien transplantasi ginjal pertama di RSMH..?dialah Reskiana.. pasien  tindakan tranplantasi ginjal pertama di RSMH yang operasinya dilaksanakan pada tanggal 07 Januari 2016 bertepatan dengan HUT RSMH yang ke-59 tahun. Semua Warga Sumsel pada umumnya dan warga Palembang pada khususnya mengikuti perkembangan berita tentang keberhasilan pasien cangkok ginjal pertama di Sumatera bagian Selatan.
Hari ini (Jumat 03/Juni/2016) Reskiana diizinkan oleh tim dokter untuk pulang kerumah, tim dokter  diantaranya Dr.Ian Effendi,SppD,KGH dan Dr.dr.Dzulkhair Ali,SppD,KGH sebagai Koordinator Tim Transplantasi Ginjal. Mewakili dari manajemen RSMH Reskiana diantar pulang ke rumah menggunakan fasilitas ambulance RSMH dengan perwakilan dari Tim Tranplantasi Ginjal dan unit terkait diantaranya Ka.Instalasi Pasien Jaminan, Ka.IRNA D, Gizi dan Humas.
Tim dokter Tranplantasi Ginjal menyampaikan pesan agar Reskiana dan ibunya  selalu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan  dan kontrol di poliklinik ginjal setiap satu bulan sekali
Reskiana (29) ialah pasien yang  mendapat cangkok  dengan ginjal dari ibunya, Maimunah (54).
Setelah operasi cangkok ginjal dilaksanakan Reskiana tidak lagi harus menjalani cuci darah sebagaimana pasien gagal ginjal lainnya.
Menurut dr.Ian Effendi , tak ada kesulitan berarti dalam melaksanakan operasi itu. Sebab, sebelumnya tim dokter sudah memeriksa pasien secara intensif selama satu bulan. Pemeriksaan itu terdiri atas pemeriksaan bentuk dan posisi pembuluh darah yang mengalir ke ginjal, termasuk kesiapan dari donor dan penerima ginjal.
Bagian tersulit ialah mencari donor yang tepat agar ginjal dapat diterima pasien. Ginjal yang diberikan harus berasal dari orang sehat, yaitu orang yang tak punya riwayat penyakit ginjal, golongan darah cocok, dan tak pernah menderita diabetes. "Biasanya, donor yang tepat adalah keluarga dekat," ucapnya.
Humas@Yeri/Anie


Tidak ada komentar:

Posting Komentar