Semua Karyawan adalah Public Relation
bagi Instansinya
Dengan
semakin majunya sebuah organisasi, maka peranan public relation atau humas menjadi bagian yang cukup penting
kerena humas merupakan ujung tombak bagi suatu organisasi
Dalam
rangka menambah wawasan bagi semua leader di lingkungan Rumah sakit Umum Dr.
Mohammad Hoesin Palembang, Humas bekerjasama dengan Diklat RSMH Palembang
mengadakan workshop yang dibuka langsung oleh Direktur Utama RSMH Palembang
Dr.Mohamad Syahril, SpP, MPH dengan narasumber Anjari Umarijianto,
S.Kom,SH,MARS (Kasubag Opini Publik KEMENTERIAN Kesehatan)
Dalam
materi yang disampaikan bahwa semua sumber daya manusia di rumah sakit adalah
Public Relation jadi bukan hanya sumber daya manusia humas saja sebagai public
relation. Dengan semakin berkembangnya tehnologi informasi maka dapat dijadikan
sebagai salah satu alat bagi humas untuk mempromosikan rumah sakit, karena
dengan media tersebut dapat membangun opini publik positif yang pada akhirnya
terbentuk citra positif.
Dalam
menaggapi berita yang negatif pun harus dapat dikelolah dengan baik sebab
badnews bisa menjadi berkah karena rumah sakit diberi kesempatan untuk
memecahkan masalah yang pada akhirnya dapat membangun suatu kepercayaan
Pada workshop tersebut direktur Medik dan Keperawatan Dr.dr.M.Alsen Arlan Sp.B(KBD), MARS menyampaikan tentang Komunikasi yang efektif, sebab sebagai pelayan kesehatan kita harus mampu menerapkan komunikasi secara efektif, karena pasien yang kita layani berbeda latar belakang pendidikan dan budaya, sehingga untuk memberikan pelayanan yang baik harus menyentuh hatinya denagn cara melayani dengan baik dan bijaksana, intonasi cara berbicara yang bersahabat, tutur kata yang sopan, ramah dan mudah dipahami karena mengunakan bahasa umum bukan bahasa medis yang sulit dipahami
Narasumber
berikutnya adalah dr. Syadra bardiman Sp.PD menyampaikan bahwa dalam melayani
kita harus ikhlas karena apapun yang kita kerjakan mejadi ibadah jadi layanilah pasien denga penuh
keikhlasan tanpa memandang status sosialnya sehingga pasien tersebut tenang,
yakin dan percaya dengan pelayanan yang
kita berikan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan kepada RSMH dengan demikian citra positif RSMH Palembang semakin baik
Dengan
adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh karyawan karyawati
tenang peran dan fungsi public relation di rumah sakit
Suhaimi/hidayati(IP3Humas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar