Seminar Nasional
Perumahsakitan
dan Surabaya Hospital Expo XIII Tahun
2017
Bertempat
di Ballroom Convex Grand City Surabaya. PERSI Jawa Timur berkejasama dengan
PERSI Pusat dan di dukung oleh PT.Okta Sejahtera Insani (OSI) sebagai
penyelengara pameran mengadakan Seminar Nasional dengan Tema “ Strategi
Manajemen Rumah Sakit Dalam Upaya Menjadikan Mutu dan Keselamatan Pasien
Menjadi Budaya di Era Total Coverage”
Seminar
yang diselenggarakan selama 3 hari ( 19
– 21 !April 2017) diresmikan Menteri Kesehatan RI yang diwakili oleh dr Bambang
Wibowo, SPOG(K), MARS (Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI) yang
didampingi oleh Ketua PERSI Pusat dr.Kuntjoro Adi Purjanto,M.Kes .
Setelah peresmian dilanjutkan dengan peninjauan pameran Surabaya Hospital Expo
XIII Tahun 2017
Hari
pertama Seminar Nasional Perumahsakitan, Ketua PERSI Pusat dr.Kuntjoro Adi
Purjanto,M.Kes memberikan materi tentang
Kenyataan dan Harapan Rumah Sakit dalam menjaga Mutu Pelayanan dan
Keselamatan Pasien Sebagai Budata dalam Era JKN dan dilanjutkan materi oleh dr.
Fahmi Idris ( Dirut BPJS Pusat) dengan materi Tantangan. Kenyataan dan Harapan
dari Aspek Badan Penyelenggaraan BPJS dalam Pelaksanaan Pelayanan BPJS di Rumah
Sakit dan dilanjutkan oleh materi lain oleh narasumber
Anjari
Umarijanto, SH S.Kom,MARS ( Humas PERSI )
memberikan materi tentang Penanganan Komplain di Rumah Sakit pada Era JKN. Pada
hari kedua seminar. Anjari menyampaikan “Bagaimana
Menangani Komplain dengan Hati “,beliau menyampaikan beberapa strategi dalam
menangani complain oleh Rumah Sakit
-
External : Proaktif menanyakan pelanggan, kirimkan Email
kuisioner, proaktif telepon, pelihara media social, Link khusus pelangganserta
komitmen selesaikan complain
-
Internal. : Sistem penanganan complain, aturan yang
jelas,Complaint log book dan complaint
briefing
Beliau
juga memberikan contoh complain oleh pimpinan atau pejabat daerah seperti
pelayanan sebuah rumah sakit langsung berubah setelah usai di sidak gubernur
Zumi Zola di Riau
Liputan Suhaimi (Humas RSMH)