Selasa, 01 Agustus 2017

ORIENTASI CORPORATE PEGAWAI BARU



ORIENTASI CORPORATE PEGAWAI BARU
RSMH PALEMBANG

RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang merupakan Rumah Sakit tipe A pendidikan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Sumatera Selatan dan sekitarnya. Upaya untuk terus mengakomodir kebutuhan seluruh pelanggan baik internal maupun eksternal dengan tehnik yang efektif dan efisien dilakukan dalam rangka menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit.

Sebagai upaya untuk membentuk SDM rumah sakit sebagai pemberi pelayaann yang handal, profesional, kompeten, dan disiplin, setiap pegawai baru yang bekerja dilingkungan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang wajib mengikuti orientasi corporate sehingga diharapkan terbentuk sebuah kultur kerja yang positif dalam menjalankan Visi dan Misi Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.
Pada hari ini Rabu tanggal 2 Agusus 2017 bertempat di Ruang Aula Instalasi Diklat RSMH Palembang diadakan kegiatan Orientasi Corporate Pegawai Baru RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang  yang dibuka oleh Direktur Keuangan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang Dr.H.Welly Refnealdi,M.Kes,Ph.D, didampingi Oleh Kepala Bagian SDM Sri Susilawati,B.Sc,S.Sos,MM, Kepala Bagian Diklit Dr.Msy Rita Dewi Mustika Susilawaty,Sp.A(K),MARS dan Kepala Diklat Drs.Agus Widi Wijaya,MM.
Kegiatan Orientasi Corporate ini diperuntukan bagi pegawai baru yang bertugas di lingkungan RSMH Palembang dengan jumlah peserta sebanyak 63 orang. Materi yang diberikan dalam kegiatan orientasi ini antara lain mengenai Etika dan Hukum bagi Pegawai dalam Pelayanan di Rumah Sakit, K3RS,PPI,Pasient Safety, dan BHD.

Orientasi bagi pegawai baru diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang struktur organisasi dan tata kerja dilingkungan Kemenkes dan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang, peserta juga mendapat pemahaman tentang standar pelayanan rumah sakit serta keselamatan pasien, memahami tentang tehnik komuniksai yang baik, memahami tentang pencegahan dan pengendalian infeksi RS dan peserta juga mendapatkan pemahaman tentang K3 Rumah Sakit. (Rth@IP3Humas)
Selamat Bertugas..!!!

Senin, 31 Juli 2017

Wawancara Ekslusif Dirut RSMH Palembang dengan Metro TV



Wawancara Ekslusif Dirut RSMH Palembang dengan Metro TV
 
Wawancara Metro TV dengan Direktur Utama RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH , siang ini (31/7) dilakukan di ruang kerja beliau yaitu Gedung Utama lantai III RSMH Palembang. Wawancara tersebut membahas tema RS – RS di Sumatera Selatan khususnya kota Palembang , yang telah terakreditasi terkait dengan sambutan beliau sebagai Ketua Umum PERSI (Persatuan RS Seluruh Indonesia)  Daerah Sumatera Selatan yang membawahi seluruh RS anggota PERSI dalam RAKERNAS PERSI XIII di Novotel Rabu (26/07) yang lalu.
Sebuah  RS dikatakan terakreditasi bila memenuhi dua unsur yaitu standar mutu pelayanan dan standar keselamatan pasien.  Standar –standar dimaksud dapat meliputi SDM, Fasilitas Penunjang, Peralatan Medis, Bangunan maupun Standar prosedur Operasional. Ada 25 RS di Sumatera Selatan yang telah lulus Akreditasi Nasional atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi KARS.
Undang-undang RS nomor 44 tahun 2009 pasal 40 mensyaratkan kepada seluruh rumah sakit terakreditasi Nasional dan atau Internasional. Pertanyaannya adalah,  Apa dampaknya bila sebuah RS  tidak terakreditasi baik nasional maupun Internasional? Bila sebuah RS belum terakreditasi dapat dipastikan bila RS tersebut belum memiliki standar-standar  yang menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien dan hal ini jelas melanggar ketentuan undang-undang.  Dikatakan  Dr.Syahril,  seorang pasien ketika berkunjung ke sebuah RS yang telah terstandar akreditasi maka dipastikan bahwa mutu dan keselamatan terhadap pasien tersebut telah terjamin. Sebagai contoh yang paling mudah ditemukan adalah kepatuhan terhadap gelang identitas pasien, hal ini mutlak dan paling utama karena untuk menghindari agar tidak tertukar obat atau salah dalam mengidentifikasi pasien.
Keberhasilan akreditasi tidak hanya berbentuk selembar sertifikat, namun lebih dari itu bagaimana komponen-komponen yang ada didalam RS tersebut mengimplementasikannya kedalam tindakan/pelayanan yang diberikan dan  bagaimana kepatuhan terhadap standar yang telah ditentukan. RSMH Palembang sebagai satu-satunya RS di pulau Sumatera yang telah mengantongi  Akreditasi KARS  dan JCI,  mempunyai standar-standar dalam melakukan pelayanan kepada pasien, standar yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. RSMH juga mempunyai program layanan unggulan Yaitu Kardiocerebrovaskuler, Transplantasi Ginjal, Bedah Minimal Invasif, Onkologi Terpadu, dan Bayi tabung , program-program tersebut untuk meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan prima kepada masyarakat.
Peningkatan mutu bukanlah hal yang mudah namun berarti bukan tidak mungkin untuk dicapai, semua komponen RS berperan penting dalam proses implementasi dan mempertahankan mutu pelayanan RSMH #yeri/rita

Senin, 24 Juli 2017

RSMH PALEMBANG SUKSES MELAKUKAN OPERASI TRANSPLANTASI GINJAL KE 3



RSMH PALEMBANG SUKSES  MELAKUKAN
OPERASI TRANSPLANTASI GINJAL KE 3

Rumah Sakit Umum Pusat Dr.) Mohammad Hoesin Palembang untuk ke tiga kalinya akan melakukan operasi transplantasi ginjal, Senin 24 Juli 2017 pukul 08.00 WIB.Pasien yang dioperasi bernama Hakim Prasetyo ( 37 Tahun), dia  menerima ginjal dari kakak kandungnya yang bernama Rahmat Arif Gunawan 47 Tahun) . Operasi Transplantasi Ginjal ini merupakan kerjasama antara tim  RSMH Palembang   dan Tim  Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang di pimpin oleh DR.Dr. Arry Rodjani, SpU(IC)

Setelah melalui serangkaian tes kesehatan, akhirnya Pasien Hakim Prasetyo  dan pendonor ginjal kakak kandungnya Rahmat Arif Gunawan dinyatakan layak untuk dilakukan operasi cangkok ginjal. Tim Transplantasi Ginjal RSMH dengan ketua dr. H.Marta Hendry, SpU yang terdiri dari : Dokter Spesialis PDL, Bedah Urologi, Radiologi, Anestesi,Psikiater & Psikolog,  Dokter & ahli Nutrisionist serta paramedis RSMH Palembang.

dr. H.Marta Hendry, SpU saat ditemui Media RSMH menyatakan bahwa operasi berjalan lancar   selama  4 jam hanya ada kendala pada donor ternyata penbulu darahnya bercabang jadi harus dilakukan penyambungan terlebih dahulu selama 1 jam. Operasi cangkok ginjal adalah merupakan dua operasi, sebab tidak hanya penerima ginjal namun juga pemberi donor. Setelah menjalani operasi pada hari ini pasien dan pendonor akan berada dibawah pengawasan tim dokter RSMH hingga dinyatakan sembuh dan dapat beraktifitas kembali, ungkapnya!

( Suhaimi- Humas)

Jumat, 21 Juli 2017

Anggota Dewan Musi Bayuasin Kunjungi Pasien Gizi Buruk di RSMH Palembang



Rombongan Anggota Dewan Musi Bayuasin
Kunjungi Pasien Gizi Buruk di RSMH Palembang

Gizi buruk adalah suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi, atau dengan ungkapan lain status nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai pada balita. ada beberapa pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang  mengalami gizi buruk, hal ini mengundang perhatian Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Musi banyuasin, mereka mengunjungi langsung pasien yang mengalami gizi buruk di RSMH Palembang

Dokter Spesialis Nutrisi dan Gizi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Dr. Julius Anzar,SpA(K) menerima langsung rombongan, Dr. Azhar menjelaskan bahwa pasien umumnya dalam keadaan stabil dan asupan gizi tetap diberikan setiap hari dengan  standar pelayanan yang ada di RSMH Palembang 

Rombongan Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Musi banyuasin di pimpin oleh Irwin berdialog langsung dengan orang tua atau keluarga yang menunggu pasien dan memberi support agar tetap semangat dalam merawat dan menjaga pasien yang sedang dirawat, rombongan juga memberikan parsel sebangai bentuk kepedulian mereka terhadap musibah yang sedang mereka alami

(Suhaim-Humas)