Senin, 31 Juli 2017

Wawancara Ekslusif Dirut RSMH Palembang dengan Metro TV



Wawancara Ekslusif Dirut RSMH Palembang dengan Metro TV
 
Wawancara Metro TV dengan Direktur Utama RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH , siang ini (31/7) dilakukan di ruang kerja beliau yaitu Gedung Utama lantai III RSMH Palembang. Wawancara tersebut membahas tema RS – RS di Sumatera Selatan khususnya kota Palembang , yang telah terakreditasi terkait dengan sambutan beliau sebagai Ketua Umum PERSI (Persatuan RS Seluruh Indonesia)  Daerah Sumatera Selatan yang membawahi seluruh RS anggota PERSI dalam RAKERNAS PERSI XIII di Novotel Rabu (26/07) yang lalu.
Sebuah  RS dikatakan terakreditasi bila memenuhi dua unsur yaitu standar mutu pelayanan dan standar keselamatan pasien.  Standar –standar dimaksud dapat meliputi SDM, Fasilitas Penunjang, Peralatan Medis, Bangunan maupun Standar prosedur Operasional. Ada 25 RS di Sumatera Selatan yang telah lulus Akreditasi Nasional atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi KARS.
Undang-undang RS nomor 44 tahun 2009 pasal 40 mensyaratkan kepada seluruh rumah sakit terakreditasi Nasional dan atau Internasional. Pertanyaannya adalah,  Apa dampaknya bila sebuah RS  tidak terakreditasi baik nasional maupun Internasional? Bila sebuah RS belum terakreditasi dapat dipastikan bila RS tersebut belum memiliki standar-standar  yang menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien dan hal ini jelas melanggar ketentuan undang-undang.  Dikatakan  Dr.Syahril,  seorang pasien ketika berkunjung ke sebuah RS yang telah terstandar akreditasi maka dipastikan bahwa mutu dan keselamatan terhadap pasien tersebut telah terjamin. Sebagai contoh yang paling mudah ditemukan adalah kepatuhan terhadap gelang identitas pasien, hal ini mutlak dan paling utama karena untuk menghindari agar tidak tertukar obat atau salah dalam mengidentifikasi pasien.
Keberhasilan akreditasi tidak hanya berbentuk selembar sertifikat, namun lebih dari itu bagaimana komponen-komponen yang ada didalam RS tersebut mengimplementasikannya kedalam tindakan/pelayanan yang diberikan dan  bagaimana kepatuhan terhadap standar yang telah ditentukan. RSMH Palembang sebagai satu-satunya RS di pulau Sumatera yang telah mengantongi  Akreditasi KARS  dan JCI,  mempunyai standar-standar dalam melakukan pelayanan kepada pasien, standar yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. RSMH juga mempunyai program layanan unggulan Yaitu Kardiocerebrovaskuler, Transplantasi Ginjal, Bedah Minimal Invasif, Onkologi Terpadu, dan Bayi tabung , program-program tersebut untuk meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan prima kepada masyarakat.
Peningkatan mutu bukanlah hal yang mudah namun berarti bukan tidak mungkin untuk dicapai, semua komponen RS berperan penting dalam proses implementasi dan mempertahankan mutu pelayanan RSMH #yeri/rita

Senin, 24 Juli 2017

RSMH PALEMBANG SUKSES MELAKUKAN OPERASI TRANSPLANTASI GINJAL KE 3



RSMH PALEMBANG SUKSES  MELAKUKAN
OPERASI TRANSPLANTASI GINJAL KE 3

Rumah Sakit Umum Pusat Dr.) Mohammad Hoesin Palembang untuk ke tiga kalinya akan melakukan operasi transplantasi ginjal, Senin 24 Juli 2017 pukul 08.00 WIB.Pasien yang dioperasi bernama Hakim Prasetyo ( 37 Tahun), dia  menerima ginjal dari kakak kandungnya yang bernama Rahmat Arif Gunawan 47 Tahun) . Operasi Transplantasi Ginjal ini merupakan kerjasama antara tim  RSMH Palembang   dan Tim  Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang di pimpin oleh DR.Dr. Arry Rodjani, SpU(IC)

Setelah melalui serangkaian tes kesehatan, akhirnya Pasien Hakim Prasetyo  dan pendonor ginjal kakak kandungnya Rahmat Arif Gunawan dinyatakan layak untuk dilakukan operasi cangkok ginjal. Tim Transplantasi Ginjal RSMH dengan ketua dr. H.Marta Hendry, SpU yang terdiri dari : Dokter Spesialis PDL, Bedah Urologi, Radiologi, Anestesi,Psikiater & Psikolog,  Dokter & ahli Nutrisionist serta paramedis RSMH Palembang.

dr. H.Marta Hendry, SpU saat ditemui Media RSMH menyatakan bahwa operasi berjalan lancar   selama  4 jam hanya ada kendala pada donor ternyata penbulu darahnya bercabang jadi harus dilakukan penyambungan terlebih dahulu selama 1 jam. Operasi cangkok ginjal adalah merupakan dua operasi, sebab tidak hanya penerima ginjal namun juga pemberi donor. Setelah menjalani operasi pada hari ini pasien dan pendonor akan berada dibawah pengawasan tim dokter RSMH hingga dinyatakan sembuh dan dapat beraktifitas kembali, ungkapnya!

( Suhaimi- Humas)

Jumat, 21 Juli 2017

Anggota Dewan Musi Bayuasin Kunjungi Pasien Gizi Buruk di RSMH Palembang



Rombongan Anggota Dewan Musi Bayuasin
Kunjungi Pasien Gizi Buruk di RSMH Palembang

Gizi buruk adalah suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi, atau dengan ungkapan lain status nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai pada balita. ada beberapa pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang  mengalami gizi buruk, hal ini mengundang perhatian Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Musi banyuasin, mereka mengunjungi langsung pasien yang mengalami gizi buruk di RSMH Palembang

Dokter Spesialis Nutrisi dan Gizi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Dr. Julius Anzar,SpA(K) menerima langsung rombongan, Dr. Azhar menjelaskan bahwa pasien umumnya dalam keadaan stabil dan asupan gizi tetap diberikan setiap hari dengan  standar pelayanan yang ada di RSMH Palembang 

Rombongan Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Musi banyuasin di pimpin oleh Irwin berdialog langsung dengan orang tua atau keluarga yang menunggu pasien dan memberi support agar tetap semangat dalam merawat dan menjaga pasien yang sedang dirawat, rombongan juga memberikan parsel sebangai bentuk kepedulian mereka terhadap musibah yang sedang mereka alami

(Suhaim-Humas)



Sembilan orang Pejabat RSMH Palembang di Lantik



Sembilan orang Pejabat RSMH Palembang di Lantik

Sebanyak 9 orang pejabat Esselon III dan IV Rumah Sakit Umum Pusat dr. Mohammad Hoesin Palembang dilantik (Rabu 20 Juli 2017). Acara pelantikan Bertempat di di Ruang Auditorium Siwabessy Lantai 2 Gedung Prof. Dr. Sujudi telah dilaksanakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat administrator dan pengawas (eselon III dan IV) di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Nama Pejabat yang dilantik adalah

1.Msy.Rita Dewi Mustika Susilawati sebagai Kabag DIKLIT
2.Marhumi sebagai Kabag Akutansi
3.Rizal Sanif sebagai Kabid Pelayanan Medik
4.Ekwanto sebagai Kabag Perbendaharan dan Mobna
5.Mardiana sebagai kasubag Renbang SDM
6. Syamsul Achyar Sebagai Kasubag Mutasi dan Kesejahteraan
7.Kms Anhar sebagai Kasubag Penelitian
8. Emildya Triana sebagai Kasie Renbang Pel-Dik
9.Ayuningtyas Siti Rahma Kunto sebagai Kasubag Mob-na

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS mengatakan bahwa mutasi jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dan biasa, pengangkatan pemindahan dan pemberhentian  dari dan ke dalam suatu jabatan merupakan upaya pengembangan karier Pegawai Negeri Sipil yang berkesinambungan serta dalam  rangka penyegaran guna meningkatkan  kinerja organisasi baru.

Selamat kepada pejabat yang baru dilantik, selamat mengemban amanah baruyang lebih berat dan menantang, semoga membawa berkah kepada seluruh jajaran
(Suhaimi Humas)

Kamis, 20 Juli 2017

RSMH Palembang kembali menerima Award 2017



RSMH Palembang kembali menerima Award 2017

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang kembali memperoleh Award dibidang pelayanan terbaik, sebagai pelaku service exellent yang berhasil memberikan pelayanan prima di sektor Hospital Se Sumatera Selatan. Kepala Instalasi P3HUMAS, Hidayati, S.Sos, MKM. dalam sektor General Hospital dianuhgrahkan dalam “ Service People Of The Year Palembang 2017” berdasarkan hasil survey dan penelitian serta kinerja selama setahun terakhir

The 1” WOW Service Day party bertempat Hotel Horizon Ultima  Palembang pada hari ini kamis, 20 Juli 2017 MarkPlus,Inc menyelengarakan pemberian penghargaan Award bagi para penyedia layanan dengan tema  “ Service Power : WOW ti WOW.  Dengan konsef 5 S ( Story, Style, Synergy, Substance dan Surprise dalam proses layanan yang berikan. Service Power’ yang berbasis 5 S ini diharapakan dapat menjadi acuan baru bagi para pelaku service untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya

“Penghargaan yang diraih bukan hanya suatu kebanggaan, tetapi justru memotivasi kami untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terhadap customer Rumah Sakit serta memberikan  pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan”, ungkap Hidayati, disela-sela acara Seminar Servive Exellent di Hotel Horizon Palembang.

Pelanggan selalu ingin diperlakukan dan dilayani dengan cara yang mereka sukai. Jadi, Anda harus memiliki empati agar bisa masuk ke hati pelanggan dan memahami cara yang mereka sukai
( Suhaimi Humas RSMH)