Selasa, 06 Maret 2018

Muktamar ARSPI Gelar Simposium Kompetensi Sambut UHC



Muktamar ARSPI Gelar Simposium Kompetensi Sambut UHC

Muktamar Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI) mengadakan simposium mengangkat tema “Penguatan Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Rumah Sakit Pendidikan Menyongsong Universal Health Coverage (UHC)”.

Acara simposium digelar dalam rangka Muktamar ARSPI ini berlangsung di Hotel Horison Ultima Palembang selama dua hari yaitu tanggal 02-03 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Jumat (02/03/2018).

Direktur Utama RSMH selaku ketua panitia pelaksana, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menerangkan, kegiatan Simposium pada Muktamar kali ini diharapkan menjadi bagian dari upaya penguatan rumah sakit di seluruh Indonesia untuk lebih produktif dan efisien.

"Acara simposium yang digelar oleh ARSPI ini merupakan rangkaian acara pada Muktamar ARSPI, tujuannya untuk memberikan penguatan SDM dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan di RS Pendidikan memasuki era Universal Health Coverage," terangnya.

Acara tersebut diikuti sebanyak 425 orang terdiri dari peserta simposium 300 orang dan peserta workshop 125 orang. "Peserta merupakan perwakilan dari RS Pendidikan baik yang Vertikal, RSUD dan RS Swasta RS Rujukan Nasional dan Regional, Fakultas Kedokteran", tambah Syahril.

Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek merasa bangga dan gembira bisa hadir pada acara simposium tersebut. Dirinya menilai kegiatan ini penting dalam rangka untuk melakukan penguatan bagi masyarakat di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan bahkan memuji Gubernur Sumsel Alex Noerdin atas keberhasilannya mewujudkan Sumsel menjadi Provinsi Olahraga yang terbaik dan terintegrasi. Atas keberhasilan itu, Menteri Nila Djuwita meminta ARSPI menjadikan hal ini sebagai motivasi dalam menyusun sistem kesehatan.

“Ini menjadi contoh dan semangat ARSPI mengikuti langkah cepat pak Gubernur Alex Noerdin yang membangun Kota Olahraga dengan hanya 1,5 tahun untuk diterapkan dalam menyusun sistem kesehatan yang berkualitas oleh ARSPI,” harapnya.

Nila juga mengingatkan upaya pembangunan kesehatan diperlukan sinergi antara sektor pendidikan dan kesehatan melalui sistem pendidikan bidang kesehatan dan sistem pelayanan kesehatan, karenanya peran perguruan tinggi penting dalam pembangunan kesehatan.

Di hadapan Menteri Kesehatan dan peserta simposium se Indonesia, Gubernur Sumsel Alex Noerdin tak lupa memaparkan persiapan Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pada Asian Games 2018 nanti, Alex memastikan akan mengantisipasi dan menjaga para atlet tetap sehat. “Saat Asian Games, Sumsel siap untuk mengantisipasi dan menjaga Atlet tetap sehat dalam mengikuti Asian Games 2018,” ujar Alex.

Provinsi Sumsel paparnya, mempunyai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang tercanggih, termodern di Indonesia. Rumah sakit itu rencananya akan dipergunakan untuk Asian Games 2018. Selain memiliki kualitas terbaik, RSUD ini akan dipergunakan bagi mahasiswa/wi Unsri dan di sampingnya gedung Fakultas Kedokteran.

“Jadi nanti sebanyak ribuan mahasiswa kedokteran kuliah disini. Insya Allah kita akan mendapatkan dokter-dokter yang memang berkualitas,” harapnya.

Gubernur berpesan kepada seluruh peserta Simposium sebelum pulang ke daerah masing-masing untuk mengunjungi JSC dan juga menikmati kuliner khas palembang. Seperti mie celor di 26 Ilir, pempek, martabak HAR dan lainnya. “Selamat bermuktamar dan bersimposium di Kota Palembang, tuan rumah Asian Games 2018,” tandasnya.

Sabtu, 03 Maret 2018

PENGHITUNGAN REMUNERASI DI RS PENDIDIKAN

PENGHITUNGAN REMUNERASI DI RS PENDIDIKAN


Remunerasi….istilah ini tentu  tak asing lagi ditelinga anda, bagaimana penghitungan remunerasi di RS pendidikan?apakah sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya? Tema remunerasi ini dibahas  dalam workshop 2 Muktamar ARSPI pada Sabtu (3/3)di hotel Horison Ultima Palembang. Dengan narasumber  Sesditjen DR.dr.Agus Hadian Rahim,Sp.OT (K),M.Epid,MH,Kes, dr.Lies Dina Liastuti,Sp.JP (K),MARS  dan dr.Soeko Nindita,MARS bertindak sebagai moderator Direktur Keuangan RSMH Palembang dr.Welly Refnealdi,MARS,Ph.D.
Peserta workshop yang berasal dari RS Pendidikan, Rujukan Nasional dan Regional serta FK Seluruh Indonesia tampak memenuhi ruang Rinjani 2 tempat pelaksanaan workshop berlangsung. Penghitungan remunerasi merupakan tema yang menarik untuk dibahas, dan tak pernah habisnya. Remunerasi bukanlah hak mutlak dari PNS, remunerasi timbul karena adanya tanggungjawab individu terhadap pelayanan yang diberikan.Penghitungan remunerasi yang dibicarakan dalam hal ini adalah jasa medik,dimana tenaga medik dalam RS Pendidikan tidak hanya sebagai pemberi pelayanan namun juga sebagai dokter pendidik di FK maupun di RS. Prinsip dasar remunerasi adalah profesionalitas , kesetaraan ,kepatuhan dan kinerja. Sementara itu kinerja dinilai dari  transparan, akuntabilitas, kewajaran, kemandirian dan responsibility yang merupakan tanggungjawab pihak manajemen bukan tim remunerasi. Setiap individu agar membuat target kinerja  dengan cara mengkaji kinerja minimal 6 bulan sekali, penyusunan dan pemantapan target dan standar. Hal yang harus digarisbawahi dalam penghitungan remunerasi adalah harus  disesuaikan dengan kompetensi yang ada saat ini!
Jadi, bila kita ingin hak kita dipenuhi, maka kta harus memnuhi tanggungjawab dan kewajiban terlebih dahulu, setuju...???



Jumat, 02 Maret 2018

Menkes Buka Muktamar ARSPI di Sumatera Selatan



Menkes  Buka Muktamar ARSPI di Sumatera Selatan

Menteri Kesehatan RI. Prof Dr dr Nila Djuwita Moeloek Sp.M (K) membuka Muktamar ARSPI (Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia ) Tahun 2018 di Hotel Horizon Jum”at 2 Maret 2018.Menkes RI mengajak agar seluruh Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran agar lebih memaksimalkan sinergitas terhadap Rumah Sakit. “ kita mengharapkan ada sinergitas yang lebih lagi mengenai sistem pendidikan dalam hal ini Perguruan Tinggi terhadap Rumah Sakit,” ujar Menkes  saat  membuka Muktamar ARSPI

Dengan mengusung tema “Penguatan Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Rumah Sakit Pendidikan Menyongsong Universal Health Coverage” ARSPI Pusat mempercayakan RSMH Palembang sebagai Tuan Rumah. Acara Muktamar ini  juga di dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Nurdin, Dr.Untung Suseno, Sutarjo, M.Kes. (Sekjen Kemenkes RI), Bambang Wibowo (Dirjed Yankes), dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. (Ketua PERSI Pusat  ) dan Ketua Umum ARSPI ,DR.dr.Anwar Santoso,Sp,JP (K)

Pada kesempatan itu Menteri Kesehatan RI memuji keberhasilan Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam membangun dalam waktu yang relatif singkat menjadikan Sumatera Selatan Provinsi provinsi yang modern dan menjadikan  Provinsi Olahraga yang yang siap menjadi Tuan Rumah Asian Games.  keberhasilan itu menjadi contoh yang baik bagi ARSPI dalam menyusun  menyusun sistem kesehatan.

Upaya pembangunan kesehatan diperlukan tatakelolah yang baik  antara sektor pendidikan dan kesehatan, melalui sistem pendidikan bidang kesehatan dan sistem pelayanan kesehatan. Oleh karena itu peran perguruan tinggi penting dalam pembangunan kesehatan,'' tuturnya.

(suhaimi-humas rsmh)

Rabu, 28 Februari 2018

DR.ALSEN MERAIH PENGHARGAAN SEBAGAI PALEMBANG MARKETING CHAMPION 2018 SEKTOR HOSPITAL



DR.ALSEN MERAIH PENGHARGAAN SEBAGAI PALEMBANG MARKETING CHAMPION 2018 SEKTOR HOSPITAL

Direktur medik dan Keperawatan Dr.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.B-KBD,MARS menerima penghargaan sebagai  Palembang  Marketing Champion 2018 untuk sektor hospital dari Markplus Incorporate yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin pada Kamis (1/3) di Ballroom Hotel Horison Ultima Palembang.
Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan yang mewakili local champions BUMN dan BUMD dari kota Palembang, dibuka oleh  Presiden MarkPlus&Co, Hermawan Kartajaya yaitu pimpinan  perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Asia. Adapun tema yang diusung dalam penyelenggaraan acara IMF 2018 kali adalah “Indonesia WOW! Palembang NOW! : DISRUPSI? Tahun Politik? Gonjang  Ganjing ? Marketing in Indonesia 2018!”
Penghargaan Marketeers of The Year Palembang 2018 diberikan sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan kepada para tokoh lokal dibidang pemasaran yang ada di kota Palembang, tokoh tersebut  adalah individu yang dipandang telah menunjukkan ‘Marketing Spirit’ luar biasa yang patut untuk diteladani dan juga membawa dampak positif  terhadap kinerja perusahaan untuk berkarya terhadap masyarakat luas.
Kami ucapkan selamat kepada Dr.Alsen , semoga penghargaan yang diterima dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sebagai pengguna layanan RSMH Palembang dan  terus berinovasi menciptakan layanan-layanan unggulan yang inovatif.



Selasa, 27 Februari 2018

RSMH Palembang Kirim 2 Inovasi Kompetisi SINOVIK



RSMH Palembang Kirim 2 Inovasi
Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK)
Dalam rangka gerakan One Agency One Innovation, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengadakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik secara Nasional, termasuk pemberian penghargaan kepada instansi pemerintah yang mempunyai inovasi terbaik dari yang terbaik serta replikasinya, untuk menggerakkan upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik Indonesia.
Tema Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2018 yaitu “Inovasi Pelayanan Publik untuk Percepatan Mewujudkan Nawa Cita dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Tujuan kompetisi ini adalah

1.Menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan inovasi sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.
2.Memberikan apresiasi   inovasinya ditetapkan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik.
3.Memotivasi penyelenggara pelayanan public untuk meningkatkan inovasi dan profesionalisme dalam pemberian pelayanan publik.
4.Meningkatkan citra penyelenggara pelayanan publik.
5.Menjadi sarana pertukaran pengalaman dan pembelajaran inovasi.
Kementerian Kesehatan mengadakan workshop Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik)  27 Feb – 1 Maret 2018 di Hotel Sultan Jakarta,guna menuju TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional  dengan harapan Kemenkes kembali menyumbang  inovasi terbanyak yang diselengarakan KemPAN dan RB Tahun 2018 di bandingkan  kementerian/Lembaga yang lain
RSMH Palembang sebagai Instansi Pelayanan Publik di bawah Kemenkes RI megirimkan 2 Inovasi andalan di kompetisi tersebut yaitu
  1. RSMH Menyapa ( IP3Humas)
  2. Live Streaming RS Mohd Hoesin TV (Limosin TV) dari Instalasi SIRS
Sebagai informasi bahwa jumlah peserta Kompetisi SINOVIK Tahun 2016, sebayak 2.476 peserta  dan pada tahun 2017 jumlah peserta meningkat menjadi  3.054 peserta  inovasi Kompetisi Sinovik merupakan Kompetisi bergengsi Tingkat Nasional yang ada di Indonesia karena di ikuti oleh semua lembaga kementerian yang ada di Indonesia

(Suhaimi-Humas)




Senin, 26 Februari 2018

proposal rsmh menyapa



RINGKASAN PROPOSAL


Perkembangan rumah sakit dewasa ini sebagai salah satu pemberi jasa layanan kesehatan terus mengalami pertumbuhan, baik itu rumah sakit milik pemerintah maupun swasta, untuk menghadapi persaingan yang semakin berkembang kita harus mempunyai kemampuan yang baik dalam melayani pelanggan. Salah satu pembenahan untuk mewujudkan peningkatan kepuasan pelanggan adalah pentingnya peran customer service dalam melayani pasien secara optimal, baik dalam memberikan informasi maupun mendengarkan keluahan pasien

Customer Service merupakan  kegiatan yang ditujukan untuk  memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan / masalah yang sedang dihadapi dan mencari  jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan, dengan tujuan  untuk mengembangkan hubungan baik  antara pemberi jasa pelayanan dan pelanggan berdasarkan kepercayaan dan saling menghargai

RSMH Palembang sebagai rumah sakit sakit tipe A, rumah sakit pendidikan, rumah sakit rujukan nasional dan sekarang sebagai rumah sakit akreditasi internasional (JCI) harus mempunyai kemampuan yang baik dalam melayani pasien dan dituntut  terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, karena untuk  memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien  tidak hanya terbatas pada pelayanannya saja. Akan tetapi juga kualitas yang dihasilkan serta kemampuan dalam menciptakan suatu kepuasan bagi pasien

Selama ini RSMH Palembang telah mempunyai kemampuan yang baik dalam melayani pasien. Akan tetapi, Belum terkelolanya komplain pelanggan dengan baik sehingga masyarakat sulit untuk menyampaikan keluhan baik secara langsung dan tidak langsung. keluhan/ komplain pelanggan tidak jarang disampaikan ke media cetak maupun media sosial. Adapun jenis keluhan yang sampaikan misalnya sulitnya mendapatkan ruang rawat, lamanya waktu tunggu operasi, masih adanya calo nomor antrian berobat dan lain-lain, hal ini diperlukan langkah untuk mengantisipasi keluhan pelanggan tersebut untuk menumbuhkan dan meningkatkan  kepercayan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. loyalitas kepada pelanggan merupakan menjadi suatu kewajiban  agar tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Untuk menyerap aspirasi pelanggan, RSMH Palembang membuat acara  RSMH Menyapa  dengan harapan agar pelanggan dapat menyampaikan keluhannya secara langsung kepada pihak manajemen RSMH disisi lain keluhan pelanggan juga sebagai sebagai evaluasi terhadap pemberian kualitas pelayanan yang selama ini diberikan