Rabu, 21 Oktober 2015

CHAMPION PPDS RSMH


 CHAMPION PPDS RSMH

RSMH merupakan RS Pendidikan Kelas A dan juga sebagai RS Rujukan Nasional. Salah satu syarat utama nya adalah adanya pendidikan,pelayanan dan penelitian, saat ini  RSMH tengah berbenah diri menuju Akreditasi bertaraf international atau  JCI.

Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P, MPH mengatakan bahwa PPDS harus terlibat dalam akreditasi JCI ini karena PPDS  merupakan lini terdepan dalam pelayanan kesehatan. Champion PPDS benar-benar diharapkan dapat mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya dalam menyongsong akreditasi JCI ini.
Peranan Champion PPDS adalah : 
- Membantu Pokja telaah buku akreditasi dan mengimplementasikannya
- Mengajak  teman PPDS mem berikan pelayanan berdasarkan standar    
Membimbing residen baru untuk implementasi          -Mengingatkan konsulen   
-Memberi masukan melalui pokja permasalahan yang ada di lapangansehingga dapat diselesaikan.

 Akreditasi JCI diwajibkan menerapkan standar mutu dan standar keselamatan pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan. Saat ini RSMH mempunyai 5 program prioritas yaitu :
1.       Akreditasi JCI
2.       Pelayanan Publik
3.       RS Rujukan Nasional
4.       Performa RS
5.       Unggulan prestasi nasional dan internasional.
 Salah satu program prioritas RSMH adalah Pelayanan Publik artinya RSMH melayani semua lini masyarakat  di bidang kesehatan tentunya dengan standar-standar dan harapan masyarakat terhadap RSMH, tetap memberikan respon positif terhadap siapapun yang dilayani dengan memberikan informasi dan edukasi yang dibutuhkan.
Semangattt yaa Champion PPDS.....^_^
Humas@yeri+rita

Selasa, 20 Oktober 2015

sertijab dewan pengawas




SERTIJAB DEWAN PENGAWAS RSMH PALEMBANG
 
Berdasarkan surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/MENKES/311/2015 Tentang Pengangkatan Dewan Pengawas Rumah Sakit Unit Pelaksana Teknis Kementrian Kesehatan Dengan Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang
Ketua             : dr.H.M.Subuh, MPPM
Anggota         : 1. Prof.Dr.Ir.H.Zainal Ridho Djakfar, M.Sc
                          2. Prof.Dr.Drg.Farouk Hoesin ,MSD,Sp.Ort (K)
                          3. Prof.Dr.Laksono Trisnantoro,M.Sc,Ph.D
                          4. Dra.Rina Robiati, MM
Senin 19 Oktober 2015 diadakan acara serah terima  jabatan ketua Dewan Pengawas ,dari Ketua Dewan Pengawas yang lama Dr.Bambang Giatno Rahardjo,MPH kepada Ketua Dewan Pengawas yang baru dr.H.M. Subuh, MPPM. sSerah terima dihadiri oleh anggota Dewas, para direksi Acara dihadiri oleh Direktur Utama RSMH Dr.H.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH  beserta dewan Direksi,  Pejabat Struktural dan non Struktural serta undanga lainnya 
Dalam kata sambutannya Direktur Utama RSMH  Dr.H.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH mengatakan berterimakasih kepada Ketua Dewan Pengawas yang lama yakni Dr.Bambang Giatno Rahardjo,MPH atas pengabdian dan kerjasama yang telah dicurahkan kepada RSMH dan menyambut dengan hangat kedatangan Ketua Dewan Pengawas yang baru yaitu Dr.H.M.Subuh,MPPM.



Saat ini RSMH mempunyai 5 program prioritas yaitu :
1.        
A        1.  AKREDITASI JCI
  1. RS PELAYANAN PUBLIK
  2. RS RUJUKAN NASIONAL
  3. PERFORMA RS
  4. UNGGULAN & PRESTASI NASIONAL/INTERNASIONAL
Dalam Dr.Bambang Giatno Rahardjo,MPH dalam kata sambutannya mengatakan bahwa selama ini telah terjalin kerjasama yang baik antara RSMH dan Dewan Pengawas, semoga kedepannya bisa ditingkatkan lagi.
Dr.H.M. Subuh ,MPPM yang saat ini  menjabat sebagai  Dirjen P2PL KEMENKES RI juga menyerahkan bantuan sebanyak 4 unit nebulizer kepada RSMH , mengatakan bahwa saat ini kinerja RSMH mengalami peningkatan sehingga terus memperbaiki diri sehingga bisa menjadi RS kepercayaan masyarakat dengan pelayanan terbaiknya, saat ini Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin sedang berusaha menuju sebagai rumah sakit yang berstandar/sertifikasi Akreditasi Internasional ( Joint Commission International / J C I ) hal tersebut wajar karena banyak event-event dunia di selengarakan di Sumatera Selatan, seperti Seagame, Olimpiade Mahasiswa dan yang akan datang adalah Asian Games Tahun 2018

Kamis, 15 Oktober 2015

RSMH Palembang Melakukan Test EBA (Executive Brain Assesment) Bagi Para Leader


RSMH Palembang Melakukan Test EBA (Executive Brain Assesment) Bagi Para Leader

EBA (Executive Brain Assesment) adalah sebuah tes identifikasi potensi otak individu yang mendasari kapasitas SDM dan kepemimpinan seseorang dalam aktivitasnya di organisasi. Penilaian EBA bertujuan untuk menggali potensi pegawai secara individu melalui identifikasi kemampuan eksekutif otak yang berkaitan dengan kebutuhan pekerjaan. Hasil penilaian dapat memberikan potret kekuatan SDM  bagi organisasi untuk memberikan dasar yang kuat dalam menyusun dan mengevaluasi langkah-langkah strategis dalam membangun sebuah organisasi.
Suatu penghargaan luar biasa ketika RSMH mendapat kesempatan melakukan tes EBA ini serta kedatangan Tim dari Pusat Inteligensia KEMENKES RI.
EBA berada dibawah naungan Pusat Inteligensia Kementrian Kesehatan RI dengan kepala  Dr. Trisa Wahyuni Putri,M.Kes beserta tim yaitu : Dr.Eryta Widhayani,MARS , Dr.Dian Kusumawardhani,MARS dan Josef Tulandi Hutabarat,S.Kom.
Dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 15 – 16 September 2015 bertempat di Aula Instalasi Diklat RSMH Palembang diikuti oleh  seluruh Pejabat Struktural dan Pejabat  Eselon II,III dan IV. Dihadiri dan dibuka oleh Direktur Utama  RSMH Dr.Mohammad Syahril, Sp.P,MPH beserta Dewan Direksi. Hal ini wajib bagi para leader dengan tujuan untuk pemetaan integritas pimpinan di RSMH. Integritas sebagai pemimpin dapat membawa yang dipimpin menjadi lebih baik. Integritas berhubungan dengan dedikasi atau pengerahan segala daya dan upaya untuk mencapai satu tujuan.
Dalam paparannya sebelum tes EBA dimulai Dr. Trisa mengatakan bahwa pelaksanaan tes merupakan hal yang diutamakan dalam pengembangan tes Executive brain Assesmen, EBA dirancang untuk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat yang akan menggali potensi berkaitan dengan penyelesaian pekerjaan.Dalam era human capital yang menuntut antisipasi dan inovasi manajemen SDM melalui penyiapan kualitas SDM dengan potensi individu yang memadai.




Saat ini RSMH mempunyai 5 program prioritas  :
1.       Akreditasi JCI
2.       Pelayanan Publik
3.       RS Rujukan Nasional
4.       Performa RS
5.       Unggulan Prestasi  nasional dan Internasional

Dari hasil  Test EBA ini semoga dapat memotivasi para leader yang ada di RSMH sehingga  membawa perubahan dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat lebih optimal.
Bravo RSMH...
Humas @Yeri&Rita.

Selasa, 13 Oktober 2015

RSMH-penghargaan WOW




RSMH memperoleh Penghargaan WOW – SEA MARKPLUS.Inc


RSMH Palembang kembali memperoleh 2 penghargaan sekaligus dari WOW-SEA MARKPLUS sebagai kategori RS Kelas A regional (gold champion) dan kategori Nasional (best Champion).
Acara penghargaan Service Excellence Award telah diselenggarakan sejak tahun 2009 sebagai bentuk apresiasi terhadap local champions di Indonesia yang memiliki kualitas layanan terbaik bagi pelanggannya. Pada tahun 2014, acara yang sebelumnya dikenal sebagai Service Excellence Award, berkembang menjadi MarkPlus WOW Service Excellence Award, dan dikenal akrab dengan singkatannya, WOW SEA, yang menerapkan konsep WOW Marketing dari MarkPlus, Inc.
Penghargaan MarkPlus WOW Service Excellence Award kepada local champions didasarkan pada hasil survei pasar MarkPlus Insight, yang mengukur kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa kepada para konsumennya. 

Pengukuran kepuasan pelanggan mengacu pada lima dimensi yang bertaut pada tahap yang dilalui pada customer path, yaitu,  AwareAppealAskActAdvocate, yang juga dikenal sebagai 5A pada WOW Marketing. Lima dimensi tersebut adalah,
  • Clarity of Communication adalah seberapa jelas perusahaan memperlihatkan citra mereka kepada konsumen. Semakin jelas komunikasi yang disampaikan sang perusahaan, maka, semakin bagus juga awareness atau kesadaran calon konsumen terhadap merek yang diusung perusahaan tersebut.
  • Favorability of Brand menjelaskan seberapa suka konsumen terhadap merek yang mereka ketahui sehingga konsumen lebih memilih merek yang disukai daripada merek lain.
  • Accessibility of Channel berhubungan dengan fase Ask dari 5A – WOW Marketing, adalah seberapa mudah konsumen dapat mencari tahu tentang merek yang digunakan atau akan digunakan. Sang konsumen yang memiliki rasa keinginan tahu akan terpicu untuk mengetahui lebih mengenai merek tersebut.
  • Suitability of Offering adalah pengukuran seberapa cocok produk dan jasa yang ditawarkan dengan keinginan calon konsumen.
  • Quality of Service, pada dimensi ini kepuasan konsumen terhadap layanan-layanan yang diberikan oleh perusahaan akan terungkap
Direktur Utama Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang Dr.Syahril Mansyur, SpP, MPH yang menerima langsung penghargaan tersebut pada 9 Oktober 2015 di BallRoom, The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta (Pasifik. Place) menyatakan  terima kasih kepada semua jajaran  yang telah bekerja keras dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan sehingga sehingga Rumah sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang memperoleh 2 penghargaan sekaligus dari WOW-SEA MARKPLUS sebagai kategori RS Kelas A regional (gold champion) dan kategori Nasional (best Champion)
                    Liputan,Humas RSMH  Suhaimi/Yeri