Jumat, 05 Juni 2015

Kegiatan Tim Kerohanian di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang

Tim Kerohanian di  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang 
sebagai nara sumber di RS Khodijah Palembang

RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, sebagai rumah sakit rujukan nasional dan rumah sakit kelas A pendidikan telah terakreditasi paripurna oleh KARS, mendapat kepercayaan sebagai narasumber tentang Pelayanan Kerohanian di Rumah Sakit Siti Khodijah Palembang. Dalam Akreditasi KARS dan JCI Pelayanan Kerohaniaan merupakan salah satu elemen dalam standar Hak dan Kewajiban Pasien (HPK) dan Pelayan Pasien (PP)  dimana rumah sakit mempunyai proses untuk merespon permintaan pasien / keluarga untuk pelayanan rohani atau sejenis  berkenaan dengan agama dan kepercayaan pasien. Team Kerohanian RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang berbagi pengalaman tentang prosedur, kebijakan, SOP dan dokumen yang berkaitan dengan Pelayanan Kerohanian di  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Pada Prinsipnya Pelayanan Kerohanian diberikan  atas permintaan pasien dan keluarga yang membutuhkan, terutama pasien yang menghadapi tahap terminal atau akhir hidup (sakaratul maut), namun bila pasien yang merasa cemas atas penyakit yang derita , misalnya :
        - Didiagnosa menderita kanker dan harus menjalanin kemoterapi.
        - Harus menjalani cuci darah (haemodialise)
        - Akan menjalani operasi.
Maka pasien tersebutdapat diberikan bimbingan rohani untuk menguatkan dan menenangkan pasien dan keluarga.
Pelatihan dilakukan selama 2 hari, pada tanggal 3 - 4 Juni 2015, sebagai narasumber :
       1. Drs. H. A. Rahman, MM.
       2. H. Iskandar, SE, M.Si.
       3. H. Agnaz Sugiar, M.Pd.I.
Sebagai rumah sakit pendidikan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang selalu bersedia berbagi Ilmu dan Pengalaman diberbagai bidang dengan harapan semua rumah sakit di Sumatera Selatan dapat terakreditasi KARS maupun JCI, sehingga masyarakat lebih memilih pelayanan di dalam Negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar