Kamis, 27 September 2018

RAHMA, SI KEMBAR SIAM SEJARAH RSMH


RAHMA, SI KEMBAR SIAM SEJARAH RSMH

Anda masih ingat dengan Rahma? Si Kembar siam yang lahir pada tanggal 9 Maret 2012  lalu dan berhasil  membuat sejarah bagi dunia kesehatan di RSMH, catatan emas  telah  ditorehkan RSMH  hingga dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. Saat itu keberhasilan RSMH melakukan operasi kembar siam pada tanggal 6 Juli 2013 menjadi  headline news di berbagai media cetak dan elektronik di seluruh dunia.  Sedikit flashback, operasi terhadap bayi kembar siam Rahma – Rahmi sukses dilakukan oleh  gabungan tim dokter dari RSMH Palembang dan RS.dr.Soetomo Surabaya, setelah direncanakan akan dioperasi selama 26 jam, tim dokter justru berhasil menyelesaikan dalam waktu 17 jam. Kembar siam Sandrina Fayqa Rahma (Rahma) dan Sandrina Fayqa Rahmi (Rahmi) merupakan buah hati pasangan Lia Risdiana dan Isnadi. Namun sayangnya Tuhan berkehendak lain, saudari kandungnya Rahmi mendahului Rahma meninggal dunia pada 11 Februari 2015 lalu.
Bagaimana dengan kabar Rahma sekarang ? Rahma tumbuh menjadi anak yang sehat dan cantik, Rahma berkembang layaknya anak-anak normal lainnya, saat ini Rahma sudah duduk di bangku Sekolah Dasar, bahkan Rahma sudah pandai membaca dan menulis

Pada Kamis (27/09/2018) Rahma beserta ibunya berkesempatan untuk bersilahturahmi dengan Direktur Keuangan RSMH dr.Welly Refnealdi,M.Kes. Ph.D yang menerima kehadiran bocah ini di ruangan kerjanya. Tanpa sungkan beliau menggendong , memeluk bahkan mencium pipi Rahma (*walaupun saat itu kondisi Rahma sedang dalam keadaan Batuk dan Pilek).  Sungguh pemandangan yang mengharukan ketika seorang pimpinan memperlihatkan sisi lain,  untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatiannya  kepada Rahma. Seketika kami yang ada diruangan itu ikut terharu. Kedatangan Rahma pada hari itu bukan tanpa sebab, namun karena Rahma akan melakukan pengobatan rutin yang ditegaskan oleh dr.Welly bahwa Rahma menjadi tanggung jawab RSMH sampai kapanpun, jangan pernah datang ke tempat lain bila Rahma mengalami gangguan kesehatan tapi datanglah ke RSMH, jangan merasa segan atau terbebani” kata dr.Welly tegas namun bersahaja. Dr.Welly mengharapkan  kepada seluruh unit terkait agar membantu proses pengobatan Rahma sampai  selesai, dan berpesan kepada orangtua Rahma agar selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan Rahma.
Dengan  terbata-bata ibu Rahma , Lia Risdiana mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Direksi dan RSMH yang sejak tahun 2013 telah menjadi rumah keduanya. Semoga Rahma menjadi anak yang solehah dan selalu dilindungi oleh Allah SWT. Sehatttt terus ya naakkk…
(yeri)



Rabu, 26 September 2018

PENYEGARAN ETIK DAN DISPLIN PERAWAT


PENYEGARAN ETIK DAN DISPLIN PERAWAT RSMH PALEMBANG



Etik  dan disiplin perawat telah diatur dalam  PMK no.49 tahun 2013 dan Undang-undang no 53 tahun 2010 , sehingga hal ini yang mendasari diadakannya workshop penyegaran etik dan disiplin perawat khususnya dilingkungan RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang pada kamis (29/9) di Aula Instalasi Diklat RSMH Palembang dibuka oleh Direktur Utama RSMH diwakili oleh Kepala Instalasi Diklat Drs.Agus Widi Wijaya,MM didampingi oleh Kepala  Komite keperawatan yang juga Ketua Panitia Pelaksana Pasmawiyah,SP.d,M.Kes ,  diikuti oleh 110 orang peserta pelatihan perawat di RSMH Palembang. Narasumber dalam workshop kali ini  terdiri dari tim komite keperawatan hingga unit terkait.
Kepala Instalasi Diklat Drs.Agus Widi Wijaya,MM yang mewakili Direktur Utama memberikan apresiasi kepada ketua dan seluruh panitia sejak bulan April 2018 hingga saat ini telah terselenggara workshop sebanyak 8 angkatan  dengan jumlah peserta 100 orang setiap angkatan.
Melalui kegiatan ini  diharapkan dapat mengingatkan kembali kepatuhan terhadap komitmen yang telah diikrarkan melalui sumpah profesi dengan mentaati peraturan dan standar-standar yang telah ditetapkan sebagai upaya mempertahankan kualitas asuhan keperawatan yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien” demikian dikatakan Pasmawiyah,  seluruh peserta pelatihan agar fokus dalam mengikuti workshop sehingga materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik dan diimplementasikan dalam praktek sehari-hari.”harapnya.  (yeri)

Selasa, 25 September 2018

GERAKAN KANTOR BERHIAS ALA FARMASI…


GERAKAN KANTOR BERHIAS ALA FARMASI…

Kantor sebagai salah satu  tempat kerja dimana kantor memiliki potensi bahaya lingkungan yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan pegawai di dalamnya. Untuk mendukung terwujudnya lingkungan kerja yang bersih, rapi, sehat, aman dan nyaman serta ramah lingkungan maka perlu dicanangkan gerakan kantor berbudaya hijau dan sehat di lingkungan RSMH Palembang. Hal ini nampaknya disadari betul oleh Instalasi Farmasi, sehingga berinisitif untuk mengelola taman sendiri. Taman yang terletak disamping Instalasi Farmasi ditanami oleh berbagai tanaman hias, tambulapot dan tanaman obat-obatan. Semua tanaman tersebut dibawa oleh  pegawai Farmasi sendiri  untuk ditanam bersama-sama, istilahnya dari kita untuk kita”, demikian diungkapkan oleh  Yuniar, Kepala Instalasi Farmasi.
“Sesuai dengan gerakan yang telah dicanangkan beberapa waktu yang lalu, Gerakan kantor Berhias  dilatarbelakangi oleh adanya perubahan iklim secara global yang merugikan lingkungan hidup dan manusia, kami ingin mendorong pegawai di Farmasi untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta peduli lingkungan  sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan produktifitas pegawai”, lanjutnya lagi.
Semoga Farmasi dapat menjadi inspirasi bagi instalasi lain dalam mengelola Gerakan Kantor Berhias , tidak hanya dengan taman tetapi melalui pendekatan  kantor ramah lingkungan, efisiensi energy dan air , keselamatan dan kesehatan kerja , 5 R dan pengelolaan kearsipan juga bisa lhooo… yukkk kita kelola kantor kita demi kesehatan kita bersama..(yeri)

Rabu, 19 September 2018

SELAMAT HARI PELANGGAN NASIONAL!


RSMH MENYAPA PELANGGAN : SELAMAT  HARI PELANGGAN NASIONAL!


Melayani pelanggan , dalam hal ini pengunjung, pasien, dan Keluarga sudah menjadi kewajiban  bagi setiap petugas, dimanapun  dan apapun profesinya di RSMH. Harapan setiap pelanggan yang selalu meningkat, membuat pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan! Bagaimana kita sebagai Customer Services (petugas)  memberikan pelayanan yang dapat “memuaskan” pelanggan? Sejenak bila kita membayangkan ada di posisi mereka , maka dalam diri kita akan  timbul empati , maka kita  akan memberikan pelayanan ataupun informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan baik. Mengingat kita bekerja di RS yang dihadapi adalah orang sakit atau keluarga pasien yang sedang dirundung kesusahan karena salah satu keluarganya yang sakit. Emosi yang tinggi pasien maupun keluarga  sering dihadapi oleh para frontliner, tidak jarang sering terjadi perselisihan paham dengan petugas namun sejauh ini complain atau pengaduan terhadap layanan tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Untuk meminimalisir keluhan masyarakat maka diadakan acara RSMH Menyapa Pelanggan yang rutin dilakukan setiap bulan. Diiringi live music, pelanggan dalam acara ini bebas mengeluarkan uneg-uneg, masukan atau kritik yang membangun. Tema yang dibawakan kali ini adalah Pelayanan Graha Eksekutif, Dengan  menghadirkan narasumber Direktur Medik dan Keperawatan DR.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.B-KBD,MARS serta tim dari Graha Eksekutif yaitu Koordinator Quality Control dr.Afrimelda, Sekretaris Darliza, Ka.Ruangan lantai 1 Fitria, dan Ka Ruangan lantai 2 Rusdah. Demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat  , graha eksekutif terus melakukan pengembangan dan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Tiga jenis layanan yaitu poliklinik spesialis, medical chek up, pemeriksaan alat canggih seperti endoskopi, bronkoskopi , bonemerodencity dan pemeriksaan canggih lainnya yang hanya ada di RSMH Palembang. Dengan tenaga dokter spesialis dan sub spesialis sebanyak 160 orang yang siap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.  Dengan sarana dan prasarana serta SDM di RSMH Palembang  yang siap  bersaing,  masyarakat Sumatera Selatan  yakin  masih akan  berobat keluar negeri??? (yeri)


PELATIHAN HEMATOLOGI DAN HEMOSTASIS



PELATIHAN HEMATOLOGI DAN HEMOSTASIS

Pemeriksaan laboratorium merupakan pemeriksaan penunjang yang sangat diperlukan dalam penatalaksanaan pasien di Rumah sakit baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Banyak manfaat yang didapat dari pemeriksaan laboratorium diantaranya skrinning penyakit , penegakan diagnosa , menentukan berat ringannya penyakit, monitor terapi dan penentuan prognosis penyakit. Dengan berkembangnya ilmu kedokteran saat ini setiap petugas kesehatan diharapkan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan salah satunya dengan mengikuti pelatihan Hematologi dan Hemostasis yang diadakan di Aula Instalasi Diklat RSMH Palembang, kamis (20/09/2018). Narasumber dalam pelatihan ini adalah dr.Enny Rahmawati,MSc,Sp.PK (K), dr.Nurmalia Purnama Sari,Sp.PK,MSi,Med, dr.Phey Liana ,Sp.PK dan dr.Verdiansyah,Sp.PK, MARS
 Pelatihan ini diikuti oleh Analis Kesehatan Laboratorum RSMH Palembang sebanyak 40 orang yang dibagi dalam 2 gelombang. Dibuka oleh Kepala Instalasi Diklat Drs.Agus Widi Wijaya,MM yang mengatakan bahwa pelatihan ini sangat baik dilakukan secara terus menerus agar layanan mutu laboratorium dapat terjaga. Dengan menggunakan 2 metode pembelajaran yaitu teori dan praktikum.(yeri)


Selasa, 18 September 2018

SOSIALISASI APLIKASI SEHATPEDIA KEMENKES


SOSIALISASI APLIKASI SEHATPEDIA KEMENKES

Kemenkes RI membuat terobosan baru yakni Aplikasi Sehatpedia, dimana aplikasi tersebut melibatkan RS Vertikal di Seluruh Indonesia dimana Rumah sakit akan mengusulkan dokter-dokter yang akan memberikan kontribusi pada aplikasi tersebut  dan  berkonsultasi.  Usulan yang diberikan yaitu untuk  dokter,  dokter gigi, dokter spesialis, dan dokter gigi spesialis.

Untuk  aplikasi tersebut maka dilakukan sosialisasi dengan mengundang Dokter dan Humas se-Indonesia sebagai kontributor dalam aplikasi tersebut  pada Selasa (18/09/2018) di Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan.

Rapat dimulai pukul 13.00 wib dan dipimpin oleh Sekretaris Direktorat  Jenderal  Dr.dr.Agus Hadian Rahim,Sp.OT (K),M.Epid,MH.Kes.." Aplikasi ini dibuat untuk memberikan konsultasi dan informasi kesehatan  secara akurat dan kredibel serta pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang pelayanan informasi kesehatan”demikian diungkapkan  dr.Agus membuka rapat.
Semoga Aplikasi Sehat Pedia  ini dapat  meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan. serta membantu dalam memberikan  edukasi kesehatan kepada masyarakat  
 
A.Suhaimi - Royal Kuningan Hotel