Jumat, 21 September 2018
Rabu, 19 September 2018
SELAMAT HARI PELANGGAN NASIONAL!
RSMH MENYAPA PELANGGAN : SELAMAT HARI PELANGGAN NASIONAL!
Melayani pelanggan , dalam hal
ini pengunjung, pasien, dan Keluarga sudah menjadi kewajiban bagi setiap petugas, dimanapun dan apapun profesinya di RSMH. Harapan setiap
pelanggan yang selalu meningkat, membuat pelanggan tidak pernah sepakat untuk
mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan! Bagaimana kita sebagai Customer Services (petugas) memberikan pelayanan yang dapat “memuaskan”
pelanggan? Sejenak bila kita membayangkan ada di posisi mereka , maka dalam
diri kita akan timbul empati , maka kita
akan memberikan pelayanan ataupun
informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan baik. Mengingat kita bekerja di
RS yang dihadapi adalah orang sakit atau keluarga pasien yang sedang dirundung
kesusahan karena salah satu keluarganya yang sakit. Emosi yang tinggi pasien maupun
keluarga sering dihadapi oleh para frontliner, tidak jarang sering terjadi
perselisihan paham dengan petugas namun sejauh ini complain atau pengaduan terhadap layanan tersebut dapat
diselesaikan dengan baik. Untuk meminimalisir keluhan masyarakat maka diadakan
acara RSMH Menyapa Pelanggan yang rutin dilakukan setiap bulan. Diiringi live music, pelanggan dalam acara ini
bebas mengeluarkan uneg-uneg, masukan
atau kritik yang membangun. Tema yang dibawakan kali ini adalah Pelayanan Graha
Eksekutif, Dengan menghadirkan
narasumber Direktur Medik dan Keperawatan DR.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.B-KBD,MARS serta
tim dari Graha Eksekutif yaitu Koordinator Quality
Control dr.Afrimelda, Sekretaris Darliza, Ka.Ruangan lantai 1 Fitria, dan Ka
Ruangan lantai 2 Rusdah. Demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat , graha eksekutif terus melakukan pengembangan
dan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Tiga jenis layanan yaitu
poliklinik spesialis, medical chek up, pemeriksaan alat canggih seperti
endoskopi, bronkoskopi , bonemerodencity dan pemeriksaan canggih lainnya yang
hanya ada di RSMH Palembang. Dengan tenaga dokter spesialis dan sub spesialis
sebanyak 160 orang yang siap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat
yang membutuhkan. Dengan sarana dan
prasarana serta SDM di RSMH Palembang
yang siap bersaing, masyarakat
Sumatera Selatan yakin masih akan berobat keluar negeri??? (yeri)
PELATIHAN HEMATOLOGI DAN HEMOSTASIS
PELATIHAN HEMATOLOGI DAN HEMOSTASIS
Pemeriksaan laboratorium
merupakan pemeriksaan penunjang yang sangat diperlukan dalam penatalaksanaan
pasien di Rumah sakit baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Banyak manfaat
yang didapat dari pemeriksaan laboratorium diantaranya skrinning penyakit ,
penegakan diagnosa , menentukan berat ringannya penyakit, monitor terapi dan
penentuan prognosis penyakit. Dengan berkembangnya ilmu kedokteran saat ini
setiap petugas kesehatan diharapkan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan salah satunya dengan mengikuti pelatihan Hematologi dan Hemostasis
yang diadakan di Aula Instalasi Diklat RSMH Palembang, kamis (20/09/2018). Narasumber
dalam pelatihan ini adalah dr.Enny Rahmawati,MSc,Sp.PK (K), dr.Nurmalia Purnama
Sari,Sp.PK,MSi,Med, dr.Phey Liana ,Sp.PK dan dr.Verdiansyah,Sp.PK, MARS
Pelatihan ini diikuti oleh Analis Kesehatan
Laboratorum RSMH Palembang sebanyak 40 orang yang dibagi dalam 2 gelombang.
Dibuka oleh Kepala Instalasi Diklat Drs.Agus Widi Wijaya,MM yang mengatakan
bahwa pelatihan ini sangat baik dilakukan secara terus menerus agar layanan
mutu laboratorium dapat terjaga. Dengan menggunakan 2 metode pembelajaran yaitu
teori dan praktikum.(yeri)
Selasa, 18 September 2018
SOSIALISASI APLIKASI SEHATPEDIA KEMENKES
SOSIALISASI APLIKASI SEHATPEDIA KEMENKES
Kemenkes RI membuat terobosan
baru yakni Aplikasi Sehatpedia, dimana aplikasi tersebut melibatkan RS Vertikal
di Seluruh Indonesia dimana Rumah sakit akan mengusulkan dokter-dokter yang
akan memberikan kontribusi pada aplikasi tersebut dan berkonsultasi.
Usulan yang diberikan yaitu untuk dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dan dokter gigi
spesialis.
Untuk aplikasi tersebut maka dilakukan sosialisasi
dengan mengundang Dokter dan Humas se-Indonesia sebagai kontributor dalam aplikasi tersebut pada Selasa (18/09/2018) di
Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan.
Rapat dimulai pukul 13.00 wib dan dipimpin oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Dr.dr.Agus Hadian Rahim,Sp.OT (K),M.Epid,MH.Kes.." Aplikasi ini dibuat untuk memberikan konsultasi dan informasi kesehatan secara akurat dan kredibel serta pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang pelayanan informasi kesehatan”demikian diungkapkan dr.Agus membuka rapat.
Rapat dimulai pukul 13.00 wib dan dipimpin oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Dr.dr.Agus Hadian Rahim,Sp.OT (K),M.Epid,MH.Kes.." Aplikasi ini dibuat untuk memberikan konsultasi dan informasi kesehatan secara akurat dan kredibel serta pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang pelayanan informasi kesehatan”demikian diungkapkan dr.Agus membuka rapat.
Semoga Aplikasi Sehat Pedia ini dapat meningkatkan jangkauan sasaran
dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan. serta membantu dalam memberikan edukasi
kesehatan kepada masyarakat
A.Suhaimi - Royal Kuningan Hotel
SERAH TERIMA JABATAN DIREKTUR USP
SERAH
TERIMA JABATAN DIREKTUR USP
Setelah
dilantik oleh Menteri Kesehatan pada Rabu (12/9) lalu, Direktur Umum ,SDM dan
Pendidikan Drs.Amrizal,Sp.Apt, M.Kes
melakukan serah terima jabatan kepada Direktur USP yang baru yaitu Dr.Msy.Rita
Dewi Arifin,Sp.A (K) di hotel Park Lane Jakarta Rabu (18/9/2018) dihadapan
Direktur Jenderal RI dr.Bambang Wibowo,Sp.OG,MARS serta pimpinan tinggi pratama lainnya dilingkungan Kemenkes RI.
Jabatan
pimpinan tinggi pratama merupakan jabatan yang sangat menentukan keberhasilan
program dalam melaksanakan misi organisasi guna mewujudkan target pembangunan
kesehatan.
Menurut dr.Bambang “Pimpinan tinggi
pratama memegang peran kunci sebagai penyangga, penyambung lidah dan eksekutor
kebijakan dan pelaksanaan program, Pelantikan dan serah terima jabatan dalam suatu instansi
merupakan hal yang lumrah terjadi, hal ini menandakan adanya dinamika
organisasi yang berkembang. Kita siap dengan tantangan dan perubahan ditempat yang baru serta mengucapkan selamat
kepada para pimpinan yang baru dilantik.
Suhaimi – Park Lane Hotel
Minggu, 16 September 2018
APEL PAGI SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KOMITMEN DAN DISPLIN PEGAWAI
APEL PAGI SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KOMITMEN DAN
DISPLIN PEGAWAI
RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang menggelar apel pagi pada Senin
(17/09/2018) di halaman aula utama
diikuti oleh seluruh Jajaran Direksi, Pejabat Struktural dan Non Struktural
serta karyawan/ti RSMH Palembang. Apel pagi dimulai pukul 07.15 dengan Pembina
apel Direktur Utama RSMH dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH.
“Apel pagi hari ini merupakan komunikasi untuk menyambung
silahturahmi dan juga sebagai sarana untuk membangun komitmen dan disiplin pegawai”
kata dr.Syahril membuka amanat apel pagi, “Dalam era mutu dan keselamatan saat
ini agar setiap unit kerja mengevaluasi ulang kewajiban dan tanggungjawab
sebagai pelaksana kesehatan sehingga akreditasi tidak hanya diatas kertas
semata namun diimplementasikan dalam
memberikan pelayanan sehari-hari. Hal ini mutlak harus dilakukan oleh semua
pegawai termasuk residen agar mematuhi
SOP dan kebijakan yang berlaku di RSMH Palembang sehingga proses pendidikan dan
pelayanan dapat seiring sejalan.” Katanya.
RSMH PALEMBANG RAIH PENGHARGAAN MURI UNTUK PEMASANGAN POSTER EDUKASI KESEHATAN TERBANYAK
RSMH PALEMBANG PECAHKAN REKOR MURI DALAM 6TH WORLD SEPSIS DAY
Puncak peringatan 6th world Sepsis Day 2018 digelar hari ini di Taman Kambang Iwak Palembang, Minggu (16/9/2018). Di sepanjang jalan Kambang Iwak dihiasi oleh 4.380 poster edukasi menjaga kesehatan tubuh yang berisikan imbauan tentang prilaku hidup sehat, mengkonsumsi buah-buahan, olahraga secara rutin, serta menghindari makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan.
Penghargaan MURI diberikan Deputi Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Awan Rahargo dan diterima langsung oleh Direktur Utama RSMH Palembang dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH didampingi oleh Ketua Panitia Pelaksana dr.Zulkifli,Sp.An,KIC dihadapan para peserta lari fun walk 5 k. Deputi Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Awan Rahargo mengatakan, poster yang dipajang oleh Perhimpunan Dokter Intensive Care Indonesia (PERDICI) ini merupakan pemecahan rekor sebagai pemajangan poster edukasi kesehatan terbanyak sedunia.
"Sebelumnya, tahun 2017 lalu pemajangan poster di Bali pada peringatan sepsis sedunia juga itu sebanyak 3.791 poster, nah hari ini Palembang akan pecahkan rekor yang telah ada dengan 4.380, pemasangan poster sebanyak ini belum pernah dilakukan di dunia, maka dari itu patut kita apresiasi sebagai rekor yang ke 8.619 di buku MURI," terang Awan.
Ketua Pelaksana Peringatan World Sepsis Day, Dr Zulkifli menjelaskan, selain pemecahan rekor, pemecahan rekor MURI ini juga diramaikan dengan berbagai perlombaan, diantaranya lomba cuci tangan, lari 5 kilometer yang diikuti ratusan pelari di Palembang, pembagian brosur kampanye hidup sehat, dan talkshow.
"Dengan pemajangan poster ini, kita berharap masyarakat bisa mencegah infeksi kuman penyebab sepsis yang disebabkan tidak mau mencuci tangan dengan benar, dan membiarkan luka yang terinfeksi serta menjaga kesehatan tubuh, karena penyebab kematian akibat sepsis sendiri masih tinggi," pungkasnya.
Direktur Utama RSMH Palembang dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga berhasil mencatatkan rekor MURI , semoga kegiatan ini mendapat manfaat dalam mempromosikan hidup sehat melalui Germas, menurunkan angka kesakitan dan kematian karena Sepsis. (yeri)
ReplyForward
|
Langganan:
Postingan (Atom)