Rabu, 11 Juli 2018

RSMH MENYAPA PELANGGAN : SOSIALISASI REGISTRASI ONLINE


RSMH MENYAPA PELANGGAN : SOSIALISASI REGISTRASI ONLINE

RSMH  Menyapa  Pelanggan merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap bulan di  minggu kedua  oleh Instalasi Pelayanan Pelanggan,PKRS dan Humas. Kegiatan ini bertujuan untuk mendengarkan keluhan dan  masukan secara langsung dari masyarakat , dan memberikan solusi dari masalah yang di utarakan. Narasumber yang dihadirkan pun setiap bulan berbeda, seperti pada Kamis (12/7) Direktur Utama RSMH dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dan  Kepala Instalasi SIRS , Wijaya,Spd,M.Kes, dengan  tema Sosialisasi Registrasi  Online di Taman Edukasi Publik RSMH Palembang.
Kegiatan RSMH Menyapa Pelanggan ini selalu mendapat perhatian dari pengunjung RSMH yang sedang menunggu antrian berobat ataupun yang sedang menunggu keluarganya dirawat karena selain terjadi interaksi komunikasi  sambil diringi oleh live music, disini pengunjung bisa bernyanyi dan menghibur pengunjung lainnya.
Dengan posisi RSMH sebagai RS Rujukan Nasional 5 provinsi yaitu dari Prov.Sumsel, Bengkulu, Lampung, Jambi, Bangka Belitung setiap harinya RSMH dapat melayani 800 – 1000 orang pasien perhari, maka dari itu dengan sistem pendaftaran online memberikan kemudahan bagi para pasien dan keluarga sehingga  tidak perlu melalui antrian yang panjang  untuk mendapatkan pelayanan, dimana pasien dapat mendaftar sehari sebelumnya melalui aplikasi yang ada di handphone melalui website www.rsmh.co.id pilih menu informasi dan pendaftaran online, silahkan hubungi kami di nomor keluhan pelanggan 0822 82030000.

SEMINAR DAN WORKSHOP PENYEGARAN ETIK DAN DISPLIN PERAWAT


SEMINAR DAN WORKSHOP PENYEGARAN ETIK DAN DISPLIN PERAWAT

Tenaga perawat sebagai salah satu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dimana disinilah wajah  RSMH dinilai, demikian dikatakan Direktur Utama RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dalam memberikan materi seminar dan workshop Penyegaran Etik dan Displin Perawat di Aula Instalasi Diklat RSMH pada Kamis (12/7). Hadir pada kesempatan tersebut juga Ketua Komite Keperawatan Pasmawiyah,Sp.D,MKes dan Kepala Instalasi Diklat RSMH Drs.Agus Widi Wijaya,MM.
Seminar dan workshop pada hari ini merupakan angkatan ke empat , sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan serupa setiap angkatan akan diikuti oleh 80 orang peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing ruang rawat yang ada di RSMH.
Dr.Syahril mengatakan  setiap perawat harus
 selalu bersyukur  karena profesi sebagai perawat adalah  sebagai lahan ibadah dimana semua profesi tidak mempunyai manfaat  ini. Apa yang dikerjakan harus dilandasi dengan ikhlas dan ibadah itulah dasar dari etik dan disiplin perawat.

SOSIALISASI KREDIT KONSUMER DARI BANK BANTEN

SOSIALISASI KREDIT KONSUMER DARI BANK BANTEN

Bank Banten terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja guna kepuasan nasabah. Salah satu upaya Bank Banten dalam meningkatkan jumlah dan kualitas dari jaringan dan layanan adalah dengan melakukan sosialisasi produk di Aula RSMH Palembang pada Rabu (11/7) dihadapan puluhan karyawan-karyawati.
Produk yang disosialisasikan antara lain kredit konsumer bagi para ASN di RSMH, yang disampaikan oleh Manager kredit konsumer , Billy. Dengan visi menjadi bank terbaik dan mitra terpercaya, Billy optimis dapat menjaring konsumen di RSMH Palembang. Bank yang berkantor pusat di Banten telah tersebar sebanyak 53 cabang, untuk di Palembang bank Banten mempunyai lokasi di Jalan Jenderal Sudirman dekat dengan RSMH sehingga memudahkan untuk berinteraksi. Dengan  keunggulan dan kemudahan yang dimiliki selalu memberikan layanan terbaik bagi para nasabah, dan juga memudahkan akses untuk layanan perbankan,”tutupnya. (yeri)

Selasa, 10 Juli 2018

“Hospital Schooling”



“Hospital Schooling”
Berbagi keceriaan diakhir pekan.

Thalasemia dan Leukemia merupakan penyakit yang diderita anak-anak yang dirawat di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, rata –rata 50-70 orang perbulan. Lamanya masa perawatan dan harus mengikuti program kemoterapi yang memakan waktu cukup  lama membuat jenuh.
Rindu suasana bermain dan belajar membuat  Dr. Dian Puspitasari, Sp.A (K) mendirikan Hospital schooling, kegiatan dilaksanakan setiap hari Sabtu sore pukul 15.00 s.d 16.00 WIB di gedung Instalasi kesehatan-anak lantai 2. 

Anak-anak yang dirawat dapat belajar sambil bermain bersama tim pengajar yang terdiri dari dokter anak, residen, coass, perawat maupun pihak lain yang peduli seperti dari yayasan kanker anak  dan Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia  serta Mahasiswa Universitas yang ada di Kota Palembang

Suasana bermain dan belajar yang diciptakan membuat anak-anak tetap semangat mengikuti kegiatan hospital schooling tersebut, walaupun baru menjalani kemoterapi atau tranfusi bahkan infuse masih terpasang namun binary keceriaan terpancar dimata anak-anak tersebut. Selain kegiatan menggambar, mewarnai dan bernyayi,  anak-anak juga diberi pertanyaan, bagi yang bisa menjawab dengan benar diberi hadiah. Antusias anak-anak dalam kegiatan ini diharapkan dapat menghibur hati orang tuanya.
Meskipun kondisi hospital schooling yang ada di Instalasi anak RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, baik sarana, prasarana maupun tenaga pengajar yang masih sangat terbatas, namun kami hanya ingin memberikan suasana yang berbeda dan memotivasi anak-anak yang dirawat, menjalani pengobatan sambil belajar, bermain dan bernyayi diharapkan dapat membagikan keceriaan kepada ayah dan bunda yang selalu menemani masa perawatan, tranfusi maupun kemoterapi. Melihat jari-jari kecil mu menari mewarnai gambar, memberikan senandung indah ditelinga ayah dengan nyayian yang terucap dari bibir mungil ananda. Ayo…tetap semangat bunda, tetap tegar ayah, dan untuk anak-anak yang kuat, pantang menyerah, jadilah anak hebat… masa depan menantimu.

Mudah-mudahan dengan adanya hospital schooling ini dapat memberikan keceriaan dan suasana gembira bagi anak-anak dan orang tua penderita leukemia, thalasemia maupun anak-anak dgn diagnose lain yang sedang dirawat, dapat memberikan motivasi untuk tetap berjuang, pantang menyerah dan tidak pasrah kepada nasib, karena hidup ini adalah kenyataan yang harus diperjuangkan. Wahai ayah dan bunda ..yakinlah Tuhan memberikan takdir dengan adil dan bijaksana, segalanya sudah diukur dengan maha sempurna dan luarbiasa…. (TKPKRS)

6th WORLD SEPSIS DAY : STOP SEPSIS SAVE LIVES


6th WORLD SEPSIS DAY : STOP SEPSIS SAVE LIVES

Hari Sepsis sedunia yang diperingati setiap tanggal 13 September  setiap tahun dan merupakan momen bagi seluruh warga dunia bersatu melawan sepsis. Sepsis merupakan penyakit yang kompleks dan sangat sulit untuk ditangani, dan menyebabkan 8 juta kematian di seluruh dunia. Banyak yang tidak mengetahui bahwa sepsis dapat dicegah dengan proteksi vaksinasi, perawatan dan kebersihan yang baik.
PERDICI (Perhimpunan Dokter Intensive Care Indonesia) bersama dengan Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UNSRI-RSMH Palembang akan mengadakan acara untuk memperingati hari Sepsis sedunia pada tanggal 16 September 2018 di Kambang Iwak Family Park. Ketua panitia dr.Zulkifli Sp.An,KIC,MKes,MARS mengatakan dalam rapat persiapan acara pada Selasa (10/7) di ruang Konferensi bagian Anestesi dan Terapi Intensif mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan  diikuti oleh masyarakat awam dan medis meliputi 3 K Fun Walk & 5 K Run Against Sepsis, Sepsis Talk dan Simulasi Cuci Tangan masal dipandu oleh dr.Reisa Broto Asmoro, Senam dan Zumba, Lomba Dance cuci Tangan dan Kompetisi Sepsis Campaign (poster publik). Kegiatan ini melibatkan seluruh RS se-kota Palembang serta mitra dari supplier  penyedia obat-obatan dan produk kesehatan/non kesehatan  lainnya.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit sepsis melalui kegiatan aktifitas olahraga, seminar edukasi dan perlombaan sehingga angka kematian dapat diturunkan.(yeri)

Minggu, 08 Juli 2018

UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI PELATIHAN PELAYANAN PRIMA


UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI PELATIHAN PELAYANAN PRIMA
( RSMH Palembang )

Kunci  dari  pelayanan prima adalah dengan menjadi umat yang terbaik menurut sunah Rosullulah dan bermanfaat bagi banyak orang, demikian dikatakan oleh DR.Alsen dalam memberikan materi Komunikasi Efektif dalam Pelatihan Pelayanan Prima di Aula Instalasi Diklat pada Senin (9/7).

Pelatihan ini ditujukan bagi front liner yang berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti  dokter , perawat,  Customer Service, Customer Care, Cleaning Services, Petugas Farmasi , petugas Gizi dan lainnya. Acara ini dibuka oleh Direktur Utama RSMH diwakili oleh Direktur Medik dan Keperawatan DR.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.B-KBD,MARS dan rencananya akan berlangsung dalam 3 angkatan selama 3 hari kedepan.

Dalam sambutannya dr.Alsen mengatakan bahwa pelatihan ini agar rutin dilakukan, untuk membuka wawasan dan menambah pengetahuan bagi para peserta pelatihan. Dengan posisi RSMH sebagai RS berstandar akreditasi JCI maka semua tindakan yang dilakukan sesuai dengan standar dan  SPO yang berlaku, demikian pula dengan komunikasi efektif , setiap SDM yang bekerja di RSMH agar mempunyai 3 sikap yaitu Fokus, Displin dan mampu dipercaya.


Semoga dengan mengikuti pelatihan ini semua peserta dapat memahami tujuan dan makna yang terkandung di dalamnya serta mengimplementasikan ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

(Humas RSMH )