Selasa, 15 September 2020

TEKNIK HBP UNTUK TERAPI GAGAL JANTUNG

 





TEKNIK HIS BUNDLE PACING UNTUK TERAPI GAGAL JANTUNG

RSMH melakukan terapi sinkronisasi jantung dengan teknik mutakhir His Bundle Pacing pertama di Sumatera dan ketiga setelah Jakarta dan Bandung di Indonesia

        

dr. Alexander Edo Tondas, SpJP(K), FIHA, FICA, FAPSC

Gagal jantung adalah manifestasi akhir dari penyakit kardiovaskular dan sekitar sepertiga dari pasien gagal jantung mengalami komplikasi atau gangguan konduksi listrik jantung berupa blok berkas kiri atau left bundle branch block. Sebagian pasien-pasien dengan disinkroni, yaitu ketidaksinkronan antara bilik jantung kiri dan kanan, tidak respon dengan obat-obatan dan memerlukan implantasi alat pacu jantung khusus.

Selama ini, terapi resinkronisasi jantung dilakukan dengan pemasangan alat CRT (cardiac resynchronization therapy), yaitu pacu jantung dengan 3 kabel di serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan jantung, yang bertujuan agar denyut jantung sinkron kembali. Namun, aplikasi teknologi ini di Indonesia sangat terbatas karena harga bahan habis pakai yang relatif masih tinggi.



10 September 2020, RSUP Dr. Mohammad Hoesin melakukan terapi sinkronisasi jantung dengan teknik mutakhir His Bundle pacing pertama di Sumatera dan ketiga setelah Jakarta dan Bandung di Indonesia oleh KSM Kardiologi di Cathlab BHC (Brain and Heart Center) RSMH, dengan operator dr. Alexander Edo Tondas, SpJP(K), FIHA, FICA, FAPSC.

Dengan teknik ini hanya diperlukan 2 kabel pacu (dibandingkan 3 kabel pada CRT konvensional) sehingga biaya BHP lebih rendah 30-40%. Salah satu kabel bersifat khusus dan langsung dipasang pada jalur listrik jantung yang fisiologis yaitu berkas His.

 “Saya senang dan bangga sebagai salah satu orang Indonesia pertama yang belajar teknik ini di Wuhan, akhirnya bisa menerapkannya di RSMH” ujar dr. Edo sembari tersenyum.

 Diharapkan semakin banyak masyarakat yang membutuhkan dapat menikmati terapi baru ini tanpa harus jauh-jauh dirujuk ke luar kota atau keluar negeri, dan tentunya bisa dicover BPJS Kesehatan.

RSUP Dr. Mohammad Hoesin adalah RS rujukan vertikal untuk area Palembang dan Sumbagsel yang senantiasa mengikuti perkembangan teknologi, terutama di bidang jantung dan pembuluh darah dan sudah memiliki beberapa ahli subspesialistik di bidang gangguan irama jantung (aritmia) dan elektrofisiologi.

(HUKORMAS RSMH)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar