Selasa, 22 Agustus 2017

PUSAT WEBINAR RSUP DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG




PUSAT  WEBINAR
RSUP DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG


Bertempat di ruang medical science center gedung diklat RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang , selasa 22 Agustus 2017 setelah pelaksanaan Webinar, Dr.Msy Rita Dewi, Sp.A(K) MARS selaku kepala bidang pendidikan dan penelitinan menyatakan sebagai Rumah Sakit Type A Pendidikan, maka RSMH Palembang kedepannya akan menjadi “Pusat Webinar” hal tersebut diawali dengan melakukan kolaborasi dengan Departemen dan profesi kesehatan lainnya 
Dengan Webinar tersebut RSMH Palembang secara rutin akan memberikan informasi terkini yang perlu disosialisasikan kepada Rumah Sakit, Dinas Kesehatn, Puskesmas dan instansi kesehatan lainnya. Selain itu dengan Webinar akan memudahkan dalam melakukan Transfer Knowledge  antra profesi baik dibidang kesehatan maupun perofesi lainnya misalnya teknologi informasi dll.
Pada hari ini merupakan kesempatan pertama bagi RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang sebagai narasumber pada Webinar Rumah Sakit Rujukan Nasional yang merupakan kerjasama antara kementerian kesehatn RI dengan PKMK FK UGM. Pada kesempatan ini  yang menjadi narasumber dr. Alexander Edo Tondas, Sp.JP (K) dan Dr. Edrian Zulkairnain, Sp.Jp(k) mengupas tentang topic tatalaksana mutakhir aritma/elextrofisiologi jantung ddan sistem rujukan infark miokard dengan elevasi di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang .
Tujuan sosialisasi tersebut agar masyarakat dan tenaga medis dapat mengetahui perkembang teknologi pengobatan irama jantung dan adanya sistem rujukan yang terintegrasi agar pasien dengan STEMI mendapatkan tatalaksana yang sesuai dan menurunya angka morbilitas dan mortalitas.
Peserta webinar dari rumah sakit lain antara lain RS. Hasan Sadikin Bandung, RS Wahidin Sudiro Hasono  Makasar, dll. Melakukan sharing pengalaman tentang penanganan aritmia tersebut baik dibidang peralatan, SDM maupun pembiayaan.
Dengan dukungan manajemen dan semua profesi RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang yakin kedepan dapat menjadi “ Central Webinar” dan dapat menjalankan peran RS pengampu melalui webinar.
(Hidayati-IP3Humas)

Senin, 21 Agustus 2017

PERCEPATAN PENINGKATAN PELAYANAN DI RSMH PALEMBANG



PERCEPATAN PENINGKATAN PELAYANAN DI RSMH PALEMBANG

Dalam rangka percepatan pelayanan Graha Eksekutif dan BHC (Brain Heart Centre) , maka Jajaran Direksi mengadakan kunjungan mendadak di 2 lokasi yang merupakan layanan unggulan RSMH Palembang. Jajaran Direksi yang terdiri dari Direktur Utama, Dr.Mohammad Syahril, Sp.P,MPH, Direktur Medik dan Keperawatan DR.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.BKBD,MARS ,Direktur Keuangan Drs.Welly Refnealdi,M.Kes,Ph.D serta pejabat eselon lainnya.
Dengan kondisi yang ada saat ini, dimana keadaan Graha Eksekutif dan BHC terkena dampak dari pembangunan gedung Rujukan Nasional yang diperkirakan akan rampung ditahun ini. Namun dengan kondisi yang ada diharapkan  tidak menyurutkan tenaga medis dan paramedis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.Sejak didirikan hingga saat ini kebutuhan pelayanan kesehatan terus meningkat, meningkatnya jumlah pasien berdampak pada panjangnya antrian pasien yang membutuhkan pelayanan dan perawatan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah mencanangkan masterplan pembangunan gedung dan fasilitas baru yang diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.
Graha eksekutif yang terdiri dari 3 lantai memberikan pelayanan yang berbeda dan berkesan dengan system pelayanan one stop service, semua pelayanan akan dilakukan dalam satu gedung dengan SDM yang bekompeten dibidangnya. Graha Eksekutif sat ini dipimpin oleh Dr.Julius Anzar,SP.A (K) , memiliki peralatan penunjang dignostik dan teraupetik canggih yang dapat menunjang dalam penegakan diagnosis. Peralatan canggih dan menjadi unggulan diantaranya Endoscopy/Colonoscopy, Fibroscan, ERCP, Bronchoscopy, BMD (Bone Mineral Density), USG Musculoskeletal, USG Transvaginal dll..
Beralih ke BHC, Jajaran Direksi mengunjungi setiap sudut yang ada diantaranya ruang perawatan CVCU dan Laboratorium Catheherisasi Jantung. Pada waktu lomba penilaian ruangan kebersihan 5 R yang diadakan oleh Instalasi Performa beberapa waktu yang lalu , BHC lantai lantai satu mendapatkan juara satu dengan kategori Pelayanan rawat jalan. Gedung BHC terdiri dari 2 lantai saat ini dengan Kepala Instalasi Dr.Erwin Sukandi,Sp.PD (K),KKV dilantai 1 terdapat poli konsulen penyakit dalam kardiovaskuler, spesialis jantung dan pembuluh darah serta spesialis saraf, poli konsultatif diagnostic jantung dan saraf, ruang pemeriksaan Elektrokardiografi, Echokardografi, Treadmill Test, Reprogram PPM dan Holter Monitoring, dan pemeriksaan saraf diantaranya EEG, EMG, TMS,dan TCD sedangkan dilantai 2 terdapat ruang NHCU (Neurovaskular High Care Unit) dan ruang kelas perawatan jantung.
Menutup kunjungan singkatnya Dr.Syahril mengatakan agar setiap instalasi terus meningkatkan kualitas pelayanan , yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. Banyak kemajuan yang telah dicapai yang membuktikan bahwa RSMH Palembang mampu bersaing di tengah kemajuan dunia.Saat ini juga RSMH sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA, ini adalah tantangan untuk meningkatkan kualitas SDM yang handal dan professional.
#yeri

Jumat, 18 Agustus 2017

“PESTA RAKYAT” RSMH MERIAHKAN HUT RI KE-72 TAHUN



“PESTA RAKYAT” RSMH MERIAHKAN HUT RI KE-72 TAHUN

Banyak cara untuk memeriahkan HUT RI ke-72 tahun, seperti yang dilakukan oleh civitas hospitalia RSMH Palembang yang mengadakan acara pesta rakyat dengan mengadakan acara pagelaran seni budaya dan musik. Semua membaur menjadi satu, mulai dari Pramubakti, Satpam,Administrator,  Medis dan Paramedis hingga jajaran Manajemen.
Semarak pesta rakyat RSMH  menyuguhkan pertunjukkan seni budaya dan tarian yang dipersembahkan oleh residen/PPDS dari departemen-depatemen yang ada di RSMH dan tenaga paramedis.Pesta rakyat diadakan di halaman gedung utama RSMH setelah selesai upacara bendera 17 Agustus, dibuka dengan tarian goyang ala-ala Despacito.
Menurut Direktur Utama RSMH Palembang, Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH pesta rakyat ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan, kekompakan dan kerjasama walaupun ada dalam satu instansi namun terkadang kesibukan masing-masing  tidak sempat untuk bertatap muka, inilah saat yang tepat untuk saling menyapa satu sama lain.

Dalam kesempatan itu pula diberikan penghargaan kepada pemenang lomba kebersihan 5 R yang diadakan Instalasi Performa, yang dimenangkan oleh kategori ruang rawat inap terbersih yaitu  Ruang Lematang 1.2 , kategori Pelayanan penunjang yaitu  CSSD, kategori rawat jalan yaitu  BHC lantai 1, kategori  Departemen  yaitu Departemen Bedah, kategori pengelolaan B3 terbaik yaitu Lakitan 1.1 .
Pesta rakyat berlanjut dengan menyaksikan penampilan dari Departemen Dermatologi dan Venerologi yang membawakan tari Hip hip Hura 17, Departemen  Anak dengan Band Kontenporer (Vesicular voice), Departemen Mata dengan tari Saman dan Komite Keperawatan dengan Pantun bersahut.
Pesta rakyat ini menggambarkan bahwa  jajaran Manajemen  berusaha menyentuh segala lapisan komponen yang ada di RSMH  tanpa membedakan antara yang satu dan yang lain.
Karena itu, dari pesta rakyat yang telah digelar , kiranya dapat dipetik kandungan hikmah dan pesan yang tersimpan.
#yeri


Rabu, 16 Agustus 2017

UPACARA 17 AGUSTUS 2017 RSMH BERLANGSUNG KHIDMAT



UPACARA 17 AGUSTUS 2017 RSMH BERLANGSUNG KHIDMAT

  Pada hari ini rakyat di seluruh penjuru tanah air melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-72. Perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan keutuhan NKRI  dimaknai oleh seluruh rakyat Indonesia dengan meningkatkan jiwa patriotisme dan Nasionalisme.
Seperti yang nampak di halaman Aula Gedung Utama yang dipenuhi oleh Karyawan/ti RSMH mulai dari Pramubakti, Satpam,tenaga medis maupun paramedic, administrator serta para jajaran manajemen melaksanakan upacara bendera pada hari Kamis, 17 Agustus 2017.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Direktur Utama RSMH Palembang, Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dalam pidatonya Dr.Syahril mengatakan bahwa bangsa Indonesia telah mampu dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya, begitupun RSMH yang mampu bersaing dengan bangsa Internasional terbukti dengan diperolehnya penghargaan Akreditasi Internasional (JCI) yang artinya telah diakui oleh dunia. Penghargaan ini tidak semata-mata dalam bentuk selembar sertifkat namun hal yang paling penting adalah mengimplementasikan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Dr.Syahril memberikan apresiasi kepada seluruh komponen yang ada di RSMH Palembang, bahwa saat ini RSMH Palembang telah banyak mengalami perubahan-perubahan kearah yang lebih baik, tanpa menyebutkan nama Dr.Syahril mengatakan pihak luar  telah mengapresiasi hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan masyarakat kepada Konsultan WHO.

Untuk itu Dr.Syahril mengingatkan agar seluruh komponen tetap bekerja dalam koridor sebagai RS Pelayanan Publik dan senantiasa menjaga mutu dan keselamatan.Dalam kesempatan itu pula diberikan penghargaan kepada pegawai teladan dan pegawai yang telah memasuki masa purnabhakti.
DIRGAHAYU NEGERIKU,
72 TAHUN INDONESIA KERJA BERSAMA
#yeri

Selasa, 15 Agustus 2017

RSMH MENYAPA “SEMANGAT BEKERJA BERSAMA” TINGKATKAN MUTU LAYANAN”



RSMH  MENYAPA
          “SEMANGAT BEKERJA BERSAMA” TINGKATKAN MUTU LAYANAN

Kegiatan RSMH MENYAPA TGL 15 Agustus 2017 bertempat di Taman Public CFC RSMH Palembang yang bersamaan dengan kegiatan peringatan hari Kemerdekaan RI ke-72. Dalam acara kali ini narasumber dari Instalasi Keamanan dan Perpakiran yang di ketuai oleh Maryanto, SKM menyampaikan tata tertib di lingkungan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, masalah perpakiran dan keamanan di lingkungan rumah sakit dan rumah singgah RSMH Palembang. 

Pak Musa sebagai petugas di Instalasi Keamanan dan Perpakiran RSMH Palembang mengharapkan masyarakat bekerjasama dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan serta keamanan di rumah sakit. Musa juga mengingatkan kepada pengunjung di RSMH Palembang untuk tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal terlebih orang yang tidak memiliki identitas. 

Masyarakat juga menyampaikan sumbang saran mengenai ketersediaan rumah singgah yang dirasa sangat diperlukan untuk pasien yang dirujuk dari luar kota dan masih menunggu ruang rawat inap. Tim pelayanan Pelayanan Pelanggan, PKRS dan Humas juga memohon maaf atas pelayanan yang diberikan dan apabila ada keluhan dan saran silahkan mengirimkan sms ataau WA ke 082282030000. (endang@IP3H)