Rabu, 20 Februari 2019

RSMH - FK UNSRI MEMBERIKAN PEMBEKALAN PELAYANAN KLINIK BAGI 442 ORANG MAHASISWA PROFESI




Sebanyak 442  orang mahasiswa yang terdiri dari 100 orang mahasiswa prodi kedokteran gigi, 191 orang mahasiswa prodi kedokteran umum, dan 148 orang mahasiswa prodi ilmu keperawatan mendapat pembekalan orientasi pelayanan prima bagi peserta didik yang sebentar lagi akan praktek lapangan di RSMH Palembang. Sebagai RS Pendidikan Tipe A RSMH Palembang dan FK Unsri  mempunyai  hubungan yang  sinergis yang berfokus pada pengembangan keilmuan dan pengetahuan medis. Selain itu FK Unsri berperan menyaring calon-calon generasi penerus di dunia kesehatan dengan dibekali ilmu pengetahuan  dan pengalaman. Acara dibuka oleh Direktur Umum,SDM dan Pendidikan dr.Msy.Rita Dewi Arifin,Sp.A,MARS dihadiri oelh Wakil Dekan I dan II serta undangan lainnya, bertempat di gedung Skora FK Unsri pada Kamis (21/02).
Dr.Radiati Umi Partan, Sp.PD selaku Wakil Dekan I mengatakan bahwa hal yang terpenting bagi peserta didik  adalah selalu mengikuti semua aturan dan tata tertib  yang telah ditetapkan  oleh RSMH maupun FK Unsri, agar pelaksanaan pendidikan dan pelayanan dapat berjalan dengan baik. Apalagi saat ini RSMH sedang mempersiapkan diri menuju penilaian akreditasi SNARS dan JCI dan tentunya mahasiswa ikut bertanggungjawab atas keselamatan pasien di RSMH.
Sementara itu Direktur Umum,SDM dan Pendidikan RSMH dr.Rita mengharapkan kepada seluruh peserta didik menerapkan konsep patient safety dan pelayanan prima  dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai, maka dari itu setiap peserta didik harus mempunyai empati  yaitu melayani dengan hati dan bekerjalah sesuai dengan standar prosedur operasional.  Jadikanlah hal ini sebagai suatu kebiasaan bukan sebaliknya yang menganggap hal ini sebagai beban yang memberatkan maka segala sesuatunya akan menjadi ringan. Inilah yang membedakan pendidikan profesi dan pendidikan akademik, dimana pendidikan profesi akan selalu berhubungan dengan pasien /manusia, namun tidak demikian dengan pendidikan akademik yang berhubungan dengan kertas.
Diakhir arahannya, dr.Rita berpesan kepada seluruh peserta didik dimana pun berada agar selalu menjaga nama baik RSMH dan FK Unsri, dan budayakan  5 aksi  perubahan diluar pendidikan akademik yaitu tuntaskan minimal satu tugas dalam satu hari, lakukan min 2 kebaikan setiap hari  , Senyum salam dan sapa, datang 4 menit sebalum acara dimulai serta 5 R yaitu ringkas, rapi, resik,rawat,  dan rajin.


1 komentar: