Selasa, 19 Februari 2019

Deteksi Dini Leukemia pada Anak


Leukemia adalah kanker yang menyerang pada sel darah putih, dimana sel darah putih berkembang dan tumbuh dengan sangat cepat, sehingga melebihi jumlah yg seharusnya.

Demikian disampaikan oleh Dr.Dian Puspita Sari,Sp.A(K),M.Kes di stasiun TVRI pada acara talkshow kesehatan "info sehat", selasa( 19/2)

Ia mengatakan, sel darah putih memegang peran sangat penting, karena dapat melindungi tubuh dari infeksi hingga kondisi medis lainnya yang mungkin tak terdeteksi.

diketahui, sel darah putih yang abnormal  disebut kanker darah (leukemia), Sel-sel leukemia ini berkembang dan bertumbuh dengan sangat cepat, hingga melebihi jumlah yang normal dan dapat mengakibatkan sel darah tertekan produksinya sehingga mengakibatkan  anemia dan keping darah atau trombosit berkurang  hingga terjadi pendarahan.

dr dian mengatakan  leukemia ini dibedakan beberapa jenis yaitu leukemia akut dan  Leukemia kronis

lanjutnya, leukemia akut, dimana sel-selnya berkembang dengan sangat cepat hingga gejala-gejalanya bisa segera di rasakan, ini biasa dialami anak dengan usia 2 hingga 10 tahun

Sedangkan leukemia kronis terjadi bila sel-selnya berkembang dengan lambat dan gejala-gejalanya tidak langsung di rasakan.  Karena leukemia kronis sulitnya dideteksi tapi perlahan namun pasti, keadaan penderita bisa saja tiba-tiba memburuk. karena gejalanya baru muncul sedangkan  selnya telah meningkat didalam darah

diketahui, sebagian besar gejala leukemia pada anak sering kali muncul saat jumlah sel darah putih mulai meggangu sel yang normal lain, disini dapat kita ketahu gejala yang biasa dapat dilihat yaitu: Lemas, sering demam tampa sebab, mudah berdarah, muncul lebam atau memar, kadang si anak merasa nyeri pada otot dan tulang,   batuk, Mual kadang disertai muntah, hilang selera makan dan lainnya.

Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, atau terdapat gelaja yg ada di diatas, segera konsultasikanlah pada dokter, agar dapat segera di tangani, tutupnya.

Salam
IP3H (Lebi/Pkra)

1 komentar: