Selasa, 12 Februari 2019

PELATIHAN GENERAL EMERGENCY LIFE SUPPORT ( GELS ) 2019

PELATIHAN GENERAL EMERGENCY LIFE SUPPORT  ( GELS )
 BAGI TENAGA DOKTER DI RUMAH SAKIT
AULA DIKLAT ,13 SD 15 FEBRUARI 2019
ANGKATAN PERTAMA TAHUN 2019


Hari ini Rabu, 13 Februari 2019 berlangsung pembukaan Pelatihan General Emergency Life Support (GELS) Bagi Dokter  berlangsung selama 3 hari kerja 13 sd 15 Februari 2019 di Instalasi Diklat RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang, kerjasama RSMH  Palembang Dengan PERDATIN Cabang Sumsel  di ikuti oleh tenaga dokter dari 6 Provinsi dan 17 Kabupaten Kota  di Sumatera Selatan berjumlah 43 orang peserta berasal dari Surabaya, Jakarta, Cikarang, Jambi, Bangka Belitung dan Palembang serta dokter dari berbagai Kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. 
Acara diawali dengan laporan Kepala Instalasi Diklat Drs. Agus Widi Wijaya, MM, mewakili Ketua Perdatin Sum Sel dibuka secara resmi oleh Plh. Ka.Bagian Diklit Dr. Kms Anhar, Sp.OG mewakili direktur Utama  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang .

Pelatihan GELS ini berlangsung  atas kerjasama Persatuan Dokter Anasthesiologi Indonesia ( PERDATIN ) dengan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.
Dalam laporannya Ka. Instalasi Diklat menyampaikan kegembiraannya dengan banyaknya tenaga kesehatan dokter yang ikut pelatihan ini, untuk menguji kemampuan peserta. beliau menyampaikan tentang beberapa hal persyaratan pelatihan antara lain disiplin kehadiran selama pelatihan . dimulai pukul 07.30 sd 18.00 Wib. Pelatihan GELS ini merupakan angkatan ke pertama ditahun 2019  dari 104 angkatan yang telah mengikuti pelatihan GELS di Instalasi Diklat RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang selama ini.
Sementara itu Plt. Ka.Bagian Diklit RSMH Palembang Dr. Kms Anhar, Sp.OG mewakili Direktur Utama  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dalam sambutannya , beliau menyambut baik kehadiran para peserta pelatihan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, yang datang dari jauh untuk belajar General Emergency Life Support (GELS) ilmu Kegawat Daruratan , dan beliau  memberikan motivasi ,wejangan,  agar semua peserta dapat menyerap ilmu dengan baik selama pelatihan.

Beliau juga mengharapkan kerjasama dari seluruh peserta pelatihan dalam hal kedisiplinan, peran aktif, serta kehadirannya, karena kehadiran peserta 100 %  merupakan syarat utama kelulusan Diharapkan diakhir pelatihan peserta .menyadari bahwa profesi dokter bukan saja pilihan tetapi NIAT UTAMA adalah membantu orang yang membutuhkan Pertolongan.


Tujuan pelatihan secara umum

Meningkatkan kualitas peserta pelatihan agar mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melakukan tugas pengelolaan penderita gawat darurat secara profesional dan sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Adapun Kasus Gawat  Darurat yang terjadi di era Globalisasi ini, tidak hanya terjadi di Rumah Sakit, namun juga diluar rumah sakit. Ilmu pengetahuan dan tehnologi dalam bidang kesehatan di dunia, termasuk Indonesia berkembang dengan pesat. Dengan Kondisi yang ada menjadi tantangan di bidang kesehatan untuk mengembangkan segi praktik dibidang kegawat daruratan.

Peserta program pendidikan dokter spesialis sebagai bagian dari SDM rumah sakit yang berperan penting dalam pelayanan pasien, wajib memiliki kemampuan Penanggulangan Gawat Darurat ( PPGD) dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara umum dan kondisi kedaruratan pada khususnya.
Narasumber dan fasilitator pelatihan GELS RSUP Dr. Mohammad Hoesin ini berasal dari tim PPGD ,dan seluruh praktisi profesi  dari departemen dan Staf Medik Fungsional RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Melaporkan Anie Gumay

IP3- Humas RSMH

3 komentar:

  1. Apakah februari tahun ini diadakan juga? Mohon infonya ya...

    BalasHapus
  2. Mohon info utk februari tahun ini...terimakasih

    BalasHapus
  3. mohon info untuk jadwal gels tahun 2020, terima kasih

    BalasHapus