Selasa, 23 April 2019

Penatalaksanaan Terkini Kanker Tulang


Kanker tulang adalah jenis tumor ganas yang terjadi pada tulang. Umumnya terjadi pada tungkai,lengan dan panggul. Biasanya terjadi di usia dewasa muda (18-25 tahun). Deteksi dini diperlukan agar dapat diberikan pilihan terapi yang tepat.  Demikian dijelaskan oleh dr.Primadika Rubiansyah,Sp.OT(K)Onk  dalam talkshow kesehatan "Dokter Kita" kerjasama dengan RRI Palembang Rabu,10 April 2019 dengan topik Penatalaksanaan Terkini Kanker Tulang. 

Gejala utama yang umum terjadi yaitu adanya nyeri hebat yang terus meningkat pada malam hari dan tidak hilang dengan obat nyeri biasa. Kemudian muncul benjolan yang 60 -70% terjadi di lutut dan tulang paha bagian atas, dan berat badan menurun. Beberapa gejala lain yang dapat menyertai tiga tanda utama di atas adalah: Berat badan turun tanpa sebab, berkeringat di malam hari, tubuh mudah lelah, demam, sensasi kebas atau mati rasa, bila kanker terjadi di tulang belakang dan menekan saraf dan sesak napas, bila kanker tulang menyebar ke paru-paru. Mayoritas kanker tulang terjadi karena ada riwayat trauma sebelumnya ( ada benturan,jatuh atau terpeleset). 


Diagnosis awal dengan pemeriksaan fisik(ada benjolan/tdk),pemeriksaan rontgen, dan MRI. Pengobatan kanker tulang dengan operasi pengangkatan tulang, kemoterapi dan radioterapi. Deteksi awal akan memberikan hasil yang baik dan bisa memberikan pilihan terapi yang banyak. Semakin dini kanker tulang terdiagnosis,maka kemungkinan untuk bisa sembuh juga semakin besar.
Segera periksakan ke dokter bila Anda atau anak Anda merasakan nyeri tulang yang hilang dan timbul, memburuk di malam hari, dan tidak membaik meski telah mengonsumsi obat pereda nyeri kata Dr. Dika mengakhiri pembicaraannya.

Salam
Noya-Ip3Humas/PKRS


1 komentar: