Minggu, 07 April 2019

UKK KARDIOLOGI ANAK INDONESIA DAN IDAI CABANG SUMATERA SELATAN Sukses selenggarakan acara “7TH PEDIATRIC CARDIOLOGY UPDATE”


SYMPOSIUM DAN WORKSHOP GENERAL PEDIATRICIAN & OTHER SPECIALIST PEDIATRICIAN RESIDENT GENERAL PRACTITIONER 
 6-7 April 2019.
.
Kemajuan  tekhnologi dibidang kesehatan terus berkembang tidak terkecuali ilmu kardiologi anak untuk itulah di selenggarakan acara “7th PEDIATRIC CARDIOLOGY UPDATE” dihadiri oleh dokter anak seluruh Indonesia yang diprakarsai oleh UKK Kardiologi Anak Indonesia dan IDAI cabang Sumatera selatan, Departemen ilmu Kesehatan Anak Universitas Sriwijaya Dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang  mengadakan acara Pediatric Cardiology Update ke-7 dengan tema “"THE ROLE OF PEDIATRICIAN IN PEDIATRIC CARDIAC CARE WITH LIMITED RESOURCES" berlangsung selama 2 hari (6-7 April 2019) di Hotel Novotel Palembang.

Pertemuan ini merupakan kegiatan rutin tahunan UKK Kardiologi Anak Indonesia dan IDAI , kali ini dengan tema “Peranan Dokter Spesialis Jantung Anak dalam Pelayanan Jantung dengan Fasilitas Terbatas“ di hadiri oleh 342 Peserta dari seluruh Indonesia.

Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru membuka secara resmi membuka acara dengan memotong pita dan pemukulan gong. Dalam kata sambutannya  Gubernur Sumsel  sangat mengapresiasi kinerja para dokter terutama dokter anak dalam mengatasi  berbagai penyakit jantung anak beliau mengharapkan para dokter khususnya dokter spesialis anak untuk tetap semangat melayani masyarakat Sumsel di tengah berbagai keterbatasan Simposium dan workshop ini juga dihadiri oleh Rektor Unsri diwakili Purek I, Dekan FK Unsri diwakili oleah Pembantu Dekan III, Kepala Dinas Provinsi Sumatera Selatan , Ketua IDI Prov.Sumatera Selatan, Ketua IDI Kota Palembang , Jajaran Direksi RSMH Palembang serta tamu undangan lainnya.

Dalam acara ini juga disiarkan secara langsung tindakan transchateter closure (live case)  terhadap 20 orang pasien anak-anak dengan penyakit jantung bawaan. Tindakan ini dilakukan di ruang cathlab RSMH yang melibatkan 20 orang fasilitator  yang terdiri dari dokter jantung anak seluruh Indonesia.

Sebagai ketua pelaksana dr.Rianova, Sp.A (K) mengatakan bahwa dalam kegiatan ini diharapkan seluruh peserta simposium dan workshop yang terdiri dari dokter anak maupun dokter umum bisa memahami dan mampu dalam memberikan perawatan terhadap pasien jantung anak sebelum nantinya di rujuk ke layanan tersier. Dengan narasumber yang berpengalaman dan berkompeten di bidang kardiologi anak dalam acara ini  akan membahas kasus-kasus  penyakit jantung yang sering di temui.

Kegiatan ini digelar rutin  karena pelayanan  jantung anak  harus diperluas dan diupdate setiap waktu. Sehingga dengan pelayanan kesehatan yang terbatas kelainan jantung pada bayi dan anak bisa diketahui lebih awal sehingga dapat merujuk lebih cepat dan penanganan akan jauh lebih tepat. Pungkasnya.!




( Humas RSMH)

1 komentar: