Rabu, 24 April 2019

Kenali Gejala Nyeri Punggung


Nyeri punggung bawah dapat diderita pada orang dewasa, menurut statistik  dalam perjalanan hidup seseorang paling tidak pernah mengalami satu episode Nyeri punggung bawah . Nyeri punggung bawah memang tidak terlalu besar mengancam jiwa manusia, tetapi akibat nyeri punggung bawah  dapat menyebabkan kerugian jam kerja, kehidupan yang tidak nyaman, kerugian secara ekonomi dan produktifitas. 

Demikian diutarakan Dr. Jalalin, Sp.KFR pada talkshow “Dokter Kita” yang disiarkan di Radio Republik Indonesia, Rabu (24/04), Acara ini diselengarakan berkat adanya kerjasama antara RRI dan RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang.

Dijelaskan, penyebab nyeri punggung  bermacam macam anatara lain karena tegang otot punggung akibat beban yang berlebihan seperti angkat berat, aktifitas yang tidak ergonomik misalnya ektifitas sambil membungkuk , akibat ganggungan pada tulang belakang karena trauma, misalnya kecelakaan. Penyakit tulang misalnya infeksi TBC pada tulang belakang. Degenerasi atau penuaan sehingga terbentu perkapuran. Keropos tulang atau osteoporosis sampai pada kanker  tulang belakang.

Menurut Jalalin, Penanganan dalam masalah nyeri punggung bawah  adalah dengan melakukan : Promosi kesehatan, Preventif, Kuratif, Rehabilitatif dan closing statement.

Pada Promosi kesehatan itu sendiri dapat dilakukan dengan memberikan edukasi  kepada masyarakat tentang struktur punggung manusia , apa apa saja potensi yang dapat menyebabkan gangguan pada punggung.

Sedangkan untuk Preventif itu sendiri dengan yaitu dengan melaksanakan kegiatan kegiatan dalam rangka pencegahan, misalnya senam, memperbaiki lingkungan rumah dan lingkungan kerja yang dapat membuat orang rawan kecelakaan  yang menyebabkan trauma pada punggung, memberikan petunjuk cara aktifitas yang baik dan benar atau sikap tubuh Ergonomis agar dalam menjalankan aktifitas baik dirumah maupun lingkungan kerja tidak membebani punggung secara berlebihan.

Selanjutnya untuk Kuratif dan rehabilitative yaitu dengan memberikan pengobatan pada pasien yang mengalami ganggunan punggung baik dengan obat – obatan  maupun dengan menjalani operasi dan selanjutnya dilakukan pemulihan pada pasien yang mengalami gangguang punggung, memberikan terapi fisik berpa terapi pemanasan, terapi stimulasi listrik  dan latihan latihan otot punggung , terapi di kolam renang, pemberian korset pinggang  untuk mengatasi nyeri punggung agar pasien yang mengalami nyeri punggung tidak tergantung pada orang lain dalam menjalani kehidupannya sehari - hari.

Untuk Closing statement itu sendiri yaitu nyeri punggung bawah dapat menurunkan kwalitas hidup manusia, olehkarena itu marilah kita menjaga punggung kita untuk menghindari cidera yang dapat menimbulkan nyeri punggung bawah dengan melakukan olah raga senam, menghindari aktifitas yang dapat membebani secara berlebihan pada punggung, dan bila nyeri punggung bawah tidak dapat dihindari maka masih ada jalan keluar dengan menjalani program rehabilitasi medik seperti fisioterapi, pemakaian korset pinggang dan terapi latihan di kolam renang yang kesemuanya tersedia di Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang, ujarnya.

Salam
Resti-IP3Humas


1 komentar:

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus