Kamis, 25 April 2019

PERINGATAN HARI SADAR BISING SEDUNIA



Dalam rangka memperingati Hari Sadar Bising Sedunia, RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang mengadakan penyuluhan langsung ke pengunjung dan keluarga pasien, kamis (25/04), di taman edukasi RSMH. Kegiatan ini juga dihadiri Direktur Medik dan keperawatan Dr. Hj. Zubaedah, Sp.P.MARS,  Dr. Ahmad Hifni,Sp.THTKL sebagai narasumber penyuluhan dan melibatkan Dokter Spesialis THT dari Departemen, PPDS dan Coass Stase Departemen THT RSMH Palembang.

Dr.Hj. Zubaedah, Sp.P.MARS dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian  RSMH Palembang dalam penanggulangan gangguan pendengaran dan ketulian.

 "Bising bukan sekedar mengganggu pendengaran tapi juga mengganggu aktifitas dalam kehidupan sehari-hari karena bising bukan hanya tidak baik bagi tubuh kita tapi untuk lingkungan kita juga, ujarnya".

Dr. Hifni sebagai narasumber dalam penyuluhan ini mengatakan,  dalam global issue jutaan remaja tuli akibat bising disebabkan musik digital yang dipasang langsung ke telinga (Head Set) dimana suara yang didengar terlalu keras dan terlalu lama dan dapat merusak organ pendengaran akibat terpapar terlalu terus menerus.

" Bising merupakan suara intensitas keras, yang bisa berasal dari lalu lintas, rumah tangga, musik, bioskop, industri dan lainnya. Banyak tempat tempat yang tidak disadari yang dapat menimbulkan kebisingan dengan tingkat kebisingan 90-97.9dB, padahal kebisingan diatas 85 dB kita wajib harus memakai pelindung telinga".

Dijelaskannya, kebisingan dapat merusak karena terjadi di syaraf pendengaran yang sifatnya ketulian permanen, ini tidak dapat diobati dan biasanya terjadi di 2 telinga, yang kerusakan awal frekuensi tinggi (4000 Hertz), sehingga penderita pada awalnya tidak menyadari.


 "Panca indera termasuk juga pendengaran merupakan karunia tak terhingga yang diberikan Tuhan. Bila kita mengalami gangguan telinga maka akan menurunkan kualitas hidup, " tutupnya.

Salam
Leni/Noya IP3Humas

1 komentar:

  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus