Senin, 15 April 2019

MEMPERINGATI HARI HEMOFILIA SEDUNIA

 HARI HEMOFILIA SEDUNIA

Bertempat di Aula lantai 2 gedung Utama RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dilaksanakan penyuluhan kesehatan dalam rangka memperingati Hari Hemofilia Sedunia, yang seyogyanya dilaksanakan setiap tanggal 17 April setiap tahunnya,  dikarenakan tanggal 17 April 2019 besok berlangsung Pesta demokrasi Pemilihan Umum se Indonesia, maka acara dimajukan pada hari ini Selasa 16 April 2019, dihadiri lebih kurang 50 peserta penyandang hemofilia dan orangtuanya tema hari besar tahun ini yang diusung oleh World Federation Of Hemophilia (WFH) adalah " Reaching Out : The First Step To care "atau Pengenalan Dini adalah Tahap pertama untuk Pengobatan.

Acara dibuka oleh direktur pelayanan medik dan Keperawatan Dr. Hj. Zubaidah, Sp.P, MARS mewakili Direktur Utama. Dalam sambutan dan arahannnya beliau menyambut baik dan antusias dengan terlaksananya kegiatan hari ini, memberikan suport dan semangat kepada penderita dan orang tua  untuk tetap selalu bersyukur bahwa pengobatan dan perawatan penyakit hemofilia saat ini sudah dapat dilayani oleh RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dengan tenaga Profesional yang kompeten dibidangnya. Dilihat dari berbagai bidang ilmu antara lain : ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, laboratorium dan lain lain. Pada kesempatan ini ibu direktur pelayanan Medik dan Keperawatan menyampaikan kepada penderita dan keluarga untuk tidak takut dan malu memeriksakan kesehatan anaknya ke fasilitas kesehatan yang ada seperti RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dan fasilitas kesehatan lainnya.
Hemofilia adalah penyakit berupa kelainan pembekuan darah, akibat defisiensi (kekurngan) salah stu protein yng sngat diperlukan dalam proses pembekuan darah.
Penyuluhan kesehatan hari ini dihadiri juga Kepala Bidang pelayanan Medik ( dr. Irianty Ismail, M.Kes ), wakil dari Himpunan Masyarakat Hemofilia Indonesia (HMHI), Ka. Instalasi Pelayanan Pelanggan,PKRS dan Humas ( Resti Mahayani, SE, MSi) dan jajaran IP3H,  perwakilan perawat anak, departemen penyakit dalam, departemen anak dan laboratorium. Dengan 3 Narasumber dr. Hj. Mediarti, Sp.PD, KHOM materi Gambaran Klinis Laboratorium pasien Hemofilia, dr. Dian Puspitasari, Sp.A materi Sosialisasi Aflikasi Hemofilia Indonesia, dr. Enny Rahmawati, Sp.PK materi Pemeriksaan Laboratorium.  Acara berlangsung lancar, sederhana tapi meriah,diisi hiburan keyboard sederhana ,anak anak dan orang tua penderita bernyanyi sebelum acara dimulai tadi. Di diakhiri dengan diskusi dan foto bersama ibu direktur dan para narasumber dan seluruh peserta penyuluhan kesehatan.

Melaporkan
Anie Gumay ( IP3- Humas )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar