Selasa, 11 Desember 2018

Perlunya Menjaga kebersihan dan Perawatan Luka Setelah Operasi


Perlunya Menjaga kebersihan dan Perawatan Luka Setelah Operasi

Masalah luka memang kerap terjadi bila kita tidak bisa menjaga kebersihan luka itu sendiri, agar luka itu sendiri tidak terjadi infeksi maka yang perlu diketahui 3 fase penyembuhan luka setelah operasi dan perawatannya. Perawatan luka merupakan tindakan untuk merawat luka dengan tujuan meningkatkan proses penyembuhan jaringan dan mencegah infeksi.

Demikian yang disampaikan Zaleha, STT, pada penyuluhan di ruang rawat inap bedah kebidanan (IRNA G), rabu (12/12), penyuluhan diikuti oleh pasien dan keluarga pasien yg dirawat diruangan rawat inap tersebut.

Perawatan luka  Post Operasi adalah perawatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan setelah tindakan operasi sebagai tindak lanjut, sedangkan Luka Operasi adalah luka yang disebabkan karena tindakan operasi, misalnya : operasi caesar, operasi usus buntu.

Ia mengatakan, biasanya luka tipe ini lebih kecil hanya berupa sayatan dan sudah dilakukan penjahitan jaringan, sehingga biasanya luka tidak dalam kondisi terbuka. Untuk kondisi ini luka berada pada kondisi luka bersih sehingga yang harus ditekankan adalah perawatan luka lanjutan dan juga harus mempertahankan kebersihannya / sterilitasnya.

Selanjutnya dijelaskan 3 fase penyembuhan luka itu diawali dengan fase Inflamasi. Pada fase ini muncul segera setelah injury dan dapat berlanjut sampai 5 hari. ditanda inflamasi disekitar luka antara lain: kemerahan (rubor), hangat (kalor), bengkak (tumor), nyeri (dolor) dan hilangnya fungsi (fungsi laesa).

Fase selanjutnya  Fase Proliferasi / Epitelisasi. Dimana pada fase ini berlangsung dari hari ke 6 sampai dengan 3 minggu. Penampilan klinisnya antara lain dasar luka merah cerah (granulasi dengan vaskularisasi baik), kadang ditemukan bekuan darah, adanya kulit baru (epitelisasi) bewarna merah muda pada tepi luka.

Selanjutnya Fase maturasi / Remodelling.  Tahap ini berlangsung mulai pada hari ke 21 dan dapat berlangsung sampai berbulan-bulan dan berakhir bila tanda radang sudah hilang. Dimana luka sudah menutup sempurna pada hari ke-21 dan akan muncul bekas luka (scar) atau keloid (scar yang menebal) selama proses maturasi berlangsung.

Ia mengatakan kita perlu mengetahu faktor yg dapat mempengaruhi penyembuhan luka agar dapat mempermudah proses penyembuhan tuka tersebut dan yang harus dilakukan keluarga pasien bila luka bermasalah yaitu untuk menjaga kebersihan diri pasien, jangan melakukan apapun terhadap luka dan  segera ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan luka. (Leni/IP3H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar