Kamis, 13 Desember 2018

Menjaga dan Merawat Luka dengan Baik Mencegah Terjadinya Infeksi

Menjaga dan Merawat Luka dengan Baik Mencegah Terjadinya Infeksi

  

Perlunya kita mengetahui perawatan luka dari mengganti balutan dan membersihkan luka baik pada luka yang bersih maupun luka yang kotor, agar mengetahui dan lebih terampil dalam melakukan perawatan luka.
Demikian yang diutarakan Ana Walia Utsna, S.Kep.Ns, Jumat (14/12), diruang Rawat Inap Irna H RSUP Dr Mohammah Hoesin Palembang, penyuluhan yg diikuti oleh pasien dan keliarga pasien di ruang rawat inap itu sendiri.

dijelaskan luka merupakan hilangnya atau terputusnya suatu jaringan karena adanya cedera atau akibat dari pembedahan.

selanjutnya tujuan dari perawatan luka itu sendiri untuk mempercepat proses penyembuhan agar tidak tidak terlalu lama seperti luka robek, tidak membusuk dan cepat kering.

selain itu tujuannya untuk menghindar atau melindungi luka dari infeksi lainnya, dan diharapkan kita dapat memberaihkan luka dari benda asing.
Hasil gambar untuk foto perawatan lukaia menjelaskan peralatan apa saja yg perlu dipersiapan seperti cairan Nacl/ air matang, kassa steril, plester, gunting, kantong plastik, sarung tangan dan balutan/perban antiseptik.

untuk dapat diketahui tanda - tanda luka itu infeksi yaitu luka dapat menjadi bengkak, panas dan kemerahan di area luka, nyeri, bau tidak sedap dan keluar cairan berupa nanah. 
maka dari itu kita senantiasa menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan perawatan luka sendiri ujarnya. (leni/Ip3h)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar