Kamis, 24 Agustus 2017

STERILISASI RSMH YANG TERJAMIN MUTUNYA



“STERILISASI” RSMH PALEMBANG, YANG SERBA STERIL...

Instalasi sterilisasi adalah instalasi penunjang pelayanan di RSMH Palembang dengan tugas pokok dan fungsi menjamin tersedianya alat dan bahan steril untuk kegiatan pelayanan pasien di rumah sakit, dan juga menjamin mutu produk steril yg dihasilkan. Pemakai  (user) daripada alat yg disterilkan adalah semua layanan medik dan keperawatan yg ada di RSMH Palembang.
Pelayanan Instalasi sterilisasi 24 jam non stop, dipenilaian Akreditasi JCI sterilisasi RSMH merupakan pelayanan yang memberikan nilai 'excellente' dan 'perfecto' yaitu 100% , penyumbang nilai terbesar dibalik kelulusan JCI di RSMH Palembang.
Dapat dikatakan bahwa instalasi sterilisasi ini merupakan 'jantung'nya RSMH karena produk yg dihasilkan haruslah terjamin mutunya karena bila tidak sesuai dengan standar maka akan terjadi infeksi pada pasien, kecacatan bahkan kematian, padahal tujuan penyelenggaraan layanan kesehatan di rumah sakit adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Keunggulan yang dimiliki oleh sterilisasi RSMH adalah memiliki mesin sterilisasi bersuhu rendah ,sehingga alat-alat tindakan sekalipun dalam bentuk plastik pun dapat steril disini..!(amazing...) dengan suhu berkisar <60-90 derajat C dengan menggunakan mesin gas dan plasma, pada mesin gas menggunakan etylen oxide dan pada mesin plasma menggunakan hidrogen peroxide (waktu sterilisasi juga lebih cepat loohh..bisa kisaran 30 menit saja...!!)
Sedangkan sterilisasi suhu tinggi menggunakan mesin steam jenis prevakum, sehingga waktu sterilisasi berlangsung lebih cepat..(hmm...lagi-lagi efisiensi biaya dan efisiensi waktu yaa...)
Namanya juga tempat sterilisasi, pastilah alat-alat tindakan setelah digunakan beresiko terinfeksi kuman dan bakteri, tapi tunggu dulu, semua staf disini selain menggunakan APD dalam menjalankan tugas kesehariannya juga terlindungi dari resiko paparan hazard kimia, hazard biologi dan hazard exonomic yg dapat terjadi pada proses pencucian  dan proses disinfeksi tingkat tinggi (kondisi dimana instrumen terbebas dari mikroorganisme vegetatif) instrumen secara manual,dikarenakan instalasi sterilisasi ini telah melakukan kegiatan pencucian secara mekanik,menggunakan  mesin Washer                                Desinfector.
Dan dalam rangka menjamin mutu produk yang dihasilkan, Instalasi Sterilisasi memiliki sistem kontrol yang ketat loh...salah satunya dengan melakukan uji biologi terhadap produk yang disterilkan....
Wah wah wah...betul2 terjamin ya mutu nya...jadi tidak  khawatir akan terinfeksi  dan tidak perlu berobat keluar negri untuk mendapatkan layanan kesehatan yang bermutu tinggi...Ada kok di kota Palembang tercinta ini... Ya dimana lagi kalo bukan RSMH Palembang...
#yeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar