Selasa, 05 Maret 2019

Pelayanan Paliatif Psikosomatik Untuk Pasien Penyakit Kronik Progresif


Pelayanan Paliatif merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang rasional, realistik dan manusiawi dengan tujuan menghilangkan / meringankan penderitaan pasien serta meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya. Pelayanan Paliatif ini ditujukan untuk terutama pada pasien yang menderita penyakit kronik progresif baik kanker maupun non-kanker (penyakit jantung kronik, gagal ginjal kronik, penyakit autoimun, HIV/AIDS, stroke serta penyakit kronik progresif lainnya).

Sedangkan Psikosomatik berasal dari dua kata, yaitu psiko (psikis, jiwa) dan Soma (badan, tubuh), sehingga dampak dari penyakit kronik progresif tadi dapat menyebabkan gangguan Psikosomatik (stres, ansietas, depresi).

Demikian disampaikan oleh Dr. M Ali Apriansyah, Sp.PD (k), Psi di stasiun TVRI pada acara talkshow kesehatan "info sehat", selasa( 05/03)

Dijelaskannya, Pelayanan Paliatif merupakan pelayanan bersifat holistik dengan pendekatan Psikosomatik meliputi perawatan yang mengatasi problem biologis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual.

"Sehubungan dengan makin meningkatnya jumlah pasien penyakit kronik progresif baik kanker maupun non-kanker beserta dampak-dampaknya, maka dengan pendekatan layanan ini tujuan yang diharapkan akan tercapai," tutupnya.

Salam

IP3H ( Leni/PKRS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar