Selasa, 06 Agustus 2019

Pemberian ASI Ekslusif Gagal, ini penyebabnya ..


Pemberian ASI esklusif selama enam bulan pada kenyataannya tidak sesederhana yang dibayangkan. Berbagai kendala dapat timbul dalam upaya memberikan ASI esklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi.

Pada Talkshow Kesehatan kerjasama dengan LPP RRI Palembang  hari ini, Rabu 3 Agustus 2019 dalam rangka Pekan ASI Sedunia, dijelaskan oleh narasumber Hj. Rodiah, S.Kep.Ns.M.Kes bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kegagalan pemberian ASI eksklusif, bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal yaitu faktor-faktor yang terdapat di dalam diri individu itu sendiri, meliputi ; faktor pendidikan, faktor pengetahuan, faktor sikap/perilaku, faktor psikologis, faktor fisik ibu, faktor emosional. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor-faktor yang dipengaruhi oleh lingkungan, maupun dari luar individu itu sendiri, meliputi peranan Ayah, perubahan sosial budaya, kurangnya petugas kesehatan didalam memberikan informasi kesehatan, meningkatnya promosi susu kaleng sebagai pengganti ASI, pemberian informasi yang salah dan faktor pengelolaan laktasi di ruang bersalin (praktik IMD).

Selain itu, ada juga faktor lain yang tidak memungkinkan ibu untuk menyusui bayinya walaupun produksinya cukup, seperti : adanya penyakit yang diderita sehingga dilarang oleh dokter untuk menyusui, yang dianggap baik untuk kepentingan ibu (seperti : gagal jantung, Hb rendah),  sering dijumpai di rumah sakit (rumah sakit bersalin) pada hari pertama kelahiran diberi susu buatan atau larutan glukosa.

Salam
Resti-IP3Humas



1 komentar:

  1. ayo tes keberuntungan kamu di agen365*com :D
    WA : +85587781483

    BalasHapus